Logo Lintasterkini

Mahfud MD Ziarah ke Makam AGH Sanusi Baco di Maros

Maulana Karim
Maulana Karim

Kamis, 10 Juni 2021 17:17

Menkopulhukam Mahfud MD Ziarah ke Makam AGH Sanusi Baco di Maros. (Istimewa).
Menkopulhukam Mahfud MD Ziarah ke Makam AGH Sanusi Baco di Maros. (Istimewa).

MAROS– Menteri Koordinator Politik dan Keamanan (Menkopolhukam), Mahfud MD melakukan ziarah ke makam AGH Sanusi Baco, di Desa Talawe, Kabupaten Maros, pada Kamis (10/06/21).

Dalam kesempatan tersebut, Mahfud MD disambut langsung oleh putra sulung almarhum KH Irfan Sanusi.

Selain itu hadir pula Bupati Maros, Kapolres dan Dandim Maros, Rektor UIN Alauddin, Imam Masjid Raya Makassar, dan Pengurus Wilayah NU Sulsel.

Pada kegiatan itu, Mahmud MD menceritakan awal pertemuannya dengan AGH Sanusi Baco yang difasilitasi oleh mantan presiden RI ke-4 KH Abdurahman Wahid atau yang kerap disapa Gusdur.

“Saya pertama kali berkenalan dengan almarhum saat menjadi menteri di era Presiden Gus Dur. Yang dimana Almarhum pak Gus Dur biasanya bila diluar jam kerja, misalnya setelah shalat subuh menerima tamu dari kalangan sahabat yang umumnya kiai. Dari sini saya dikenalkan Presiden Gus Dur dengan Anregurutta Kiai Sanusi Baco,” katanya.

Mahfud menyebut, AGH sanusi Baco adalah teladan dan panutan Ummat. Sehingga menurutnya, Almarhum adalah sosok seperti AGH Sanusi Baco, sangatlah dibutuhkan untuk membantu proses pemerintahan.

“Almarhum adalah ulama yang menjadi teladan atau contoh untuk jadi panutan ummat. Peran almarhum terutama di Sulawesi Selatan sungguh penting,” katanya

“Karena itu bagi pemerintah, ulama seperti almarhum Anregurutta Kiai Sanusi ini sangat penting, karena bisa membantu pemerintah untuk memberikan pemahaman kepada masyarakat,” tambahnya.

Lebih jauh, ia pun mengimbau kepada pihak yang hadir dalam kesempatan itu untuk tetap menjalin hubungan baik dengan ulama.

“Oleh karena itu, saya pesankan kepada bapak Kapolres, pak Dandim, pak Bupati, jalinlah hubungan baik dengan ulama karena manfaatnya banyak, terutama untuk kebaikan masyarakat atau rakyat,” katanya.

Putra sulung AGH Sanusi Baco, Irfan Sanusi mengucapkan terima kasih kepada Mahfud MD yang telah telah menyempatkan untuk berziarah ke makam orang tuanya.

“Kami sebagai putra dan putri almarhum, juga kerabat keluarga mengucapkan terima kasih kepada bapak Menko Polhukam yang di tengah kesibukannya yang sangat padat bisa ziarah ke makam orangtua kami di Maros,” ujarnya

Sekedar diketahui, selain ziarah kubur kedatangan Mahfud MD di Kabupaten Maros juga untuk menyaksikan Simulasi Force Down berlokasi di Lanud Sultan Hasanuddin.(*)

Penulis : Mul

 Komentar

 Terbaru

Hukum & Kriminal19 Juni 2021 20:43
Gadis di Bawah Umur di Jeneponto Diperkosa Sepupuhnya hingga Pendarahan dan Trauma
JENEPONTO– Sungguh malang nasib seorang gadis di bawah umur di Desa Tarowang, Kecamatan Tarowang, Kabupaten Jeneponto. Ia diperkosa hingga menga...
News19 Juni 2021 19:28
Beredar Wacana Jokowi-Prabowo di 2024, Jubir: Pak Jokowi Tak Mau 3 Periode
JAKARTA– Beredarnya wacana Presiden Jokowi Widodo akan menjabat tiga periode membuat Juru bicara Presiden, Fadjroel Rachman angkat bicara. Ia me...
News19 Juni 2021 19:09
PPDB SD-SMP Mulai 21 Juni, Diskominfo Pastikan Server Siap
MAKASSAR — Penerimaan Peserta Didik Baru (PPDB) 2021 tingkat SD dan SMP bakal dimulai Senin (21/6/2021). Dinas Komunikasi dan Informatika (Diskominf...
Hukum & Kriminal19 Juni 2021 18:58
Modus Pasang Foto Polwan untuk Minta Sumbangan, Tiga Pemuda di Makassar Diamankan Polisi
MAKASSAR– Aksi terlarang tiga sekawan pemuda di Makassar bernama Rijal (28), Yuda (24), dan Dedi (29) akhirnya terbongkar. Mereka ditangkap oleh...