Logo Lintasterkini

Labuan Bajo Disiapkan jadi Destinasi Wisata Kelas Dunia

Abdul Gaffar Mattola
Abdul Gaffar Mattola

Senin, 11 Januari 2021 20:42

Menteri Pariwisata dan Ekonomi Kreatif (Menparekraf), Sandiaga Salahuddin Uno.
Menteri Pariwisata dan Ekonomi Kreatif (Menparekraf), Sandiaga Salahuddin Uno.

LINTASTERKINI.COM — Kementerian Pariwisata dan Ekonomi Kreatif (Kemenparekraf) memproyeksikan kawasan Destinasi Super Prioritas (DSP) Labuan Bajo, Nusa Tenggara Timur sebagai destinasi pariwisata berbasis alam dan budaya. Hal itu disampaikan Menparekraf, Sandiaga Uno, Jumat (8/1/2021).

Dalam acara santap malam dengan pelaku industri pariwisata Labuan Bajo di Inaya Bay Komodo Hotel Labuan Bajo, Sandiaga Uno mengatakan pengembangan wisata berbasis alam, budaya dan religi tersebut diusulkan oleh perwakilan dari Keuskupan Ruteng.

“Tadi Bapak Uskup Ruteng menitipkan pengembangan wisata budaya dan religi, karena disini ternyata ada beberapa situs yang menjadi bagian dari jelajah alam wisata edukasi sehingga pengembangannya ke depan akan dikerjasamakan tentunya dengan Keuskupan Ruteng,” kata Sandiaga, dilansir dari laman resmi Kemenparekraf.

Dia menambahkan, wisata olahraga, wisata berbasis alam terbuka dan wisata edukasi akan menjadi poin pengembangan pariwisata Labuan Bajo sebagai destinasi kelas dunia. Apalagi tahun 2022 nanti akan dilaksanakan agenda KTT G-20 dan setahun berikutnya di tahun 2023 diadakan Asean Summit, sehingga Indonesia selaku tuan rumah harus mempersiapkan diri dengan mengisi calendar of events (agenda kegiatan wisata), sehingga Labuan Bajo akan jauh lebih siap.

“Jadi saya mengimbau agar seluruh masyarakat, termasuk para pelaku wisata dan ekonomi kreatif untuk tetap mematuhi protokol kesehatan K4 (Kebersihan, Kesehatan, Keamanan, dan Kelestarian Lingkungan) atau CHSE (Cleanliness, Health, Safety, and Environmental Sustainability),” pesan Menparekraf ini.

Sandiaga kembali menekankan pada satu tahun kedepan untuk dapat mempersiapkan Labuan Bajo menjadi destinasi kelas dunia. Persiapan yang perlu dilakukan diantaranya dari segi kesiapan infrastruktur, interkoneksi, produk-produk wisata, calendar of events dan dukungan pada kegiatan masyarakat. (*)

 Komentar

 Terbaru

News29 November 2021 23:43
Sejumlah ASN Pemkab Pinrang Teridentifikasi Menerima Bansos
PINRANG — Berdasarkan data yang telah dirilis Kemensos, terdapat 31.624 Aparatur Sipil Negara (ASN) yang ikut menerima Bantuan Sosial (Bansos) y...
Peristiwa29 November 2021 23:26
Empat Pekerja Tambang Pasir Di Pinrang Terseret Arus Sungai Saddang
PINRANG – Nasib naas menimpa empat pekerja tambang pasir di Kabupaten Pinrang. Pasalnya, keempat warga Lasape Desa Katomporang Kecamatan Duampan...
Hukum & Kriminal29 November 2021 23:17
Palu Sidang Diketok, Nurdin Abdullah Divonis 5 Tahun Penjara
Sidang untuk kasus dugaan tindak pidana korupsi terhadap terdakwa Nurdin Abdullah akhirnya masuk pada pembacaan vonis, Senin (29/11/2021). Majelis hak...
News29 November 2021 23:03
Peringati HUT Ke – 58, Yonif 721 Mks Gelar Khitanan Massal
PINRANG — Dalam rangka memperingati Hari Ulang Tahun (HUT) Ke – 58, Batalyon Infanteri (Yonif) 721 Makassau (Mks) menggelar kegiatan Bakti...