Logo Lintasterkini

Labuan Bajo Disiapkan jadi Destinasi Wisata Kelas Dunia

Abdul Gaffar Mattola
Abdul Gaffar Mattola

Senin, 11 Januari 2021 20:42

Menteri Pariwisata dan Ekonomi Kreatif (Menparekraf), Sandiaga Salahuddin Uno.
Menteri Pariwisata dan Ekonomi Kreatif (Menparekraf), Sandiaga Salahuddin Uno.

LINTASTERKINI.COM — Kementerian Pariwisata dan Ekonomi Kreatif (Kemenparekraf) memproyeksikan kawasan Destinasi Super Prioritas (DSP) Labuan Bajo, Nusa Tenggara Timur sebagai destinasi pariwisata berbasis alam dan budaya. Hal itu disampaikan Menparekraf, Sandiaga Uno, Jumat (8/1/2021).

Dalam acara santap malam dengan pelaku industri pariwisata Labuan Bajo di Inaya Bay Komodo Hotel Labuan Bajo, Sandiaga Uno mengatakan pengembangan wisata berbasis alam, budaya dan religi tersebut diusulkan oleh perwakilan dari Keuskupan Ruteng.

“Tadi Bapak Uskup Ruteng menitipkan pengembangan wisata budaya dan religi, karena disini ternyata ada beberapa situs yang menjadi bagian dari jelajah alam wisata edukasi sehingga pengembangannya ke depan akan dikerjasamakan tentunya dengan Keuskupan Ruteng,” kata Sandiaga, dilansir dari laman resmi Kemenparekraf.

Dia menambahkan, wisata olahraga, wisata berbasis alam terbuka dan wisata edukasi akan menjadi poin pengembangan pariwisata Labuan Bajo sebagai destinasi kelas dunia. Apalagi tahun 2022 nanti akan dilaksanakan agenda KTT G-20 dan setahun berikutnya di tahun 2023 diadakan Asean Summit, sehingga Indonesia selaku tuan rumah harus mempersiapkan diri dengan mengisi calendar of events (agenda kegiatan wisata), sehingga Labuan Bajo akan jauh lebih siap.

“Jadi saya mengimbau agar seluruh masyarakat, termasuk para pelaku wisata dan ekonomi kreatif untuk tetap mematuhi protokol kesehatan K4 (Kebersihan, Kesehatan, Keamanan, dan Kelestarian Lingkungan) atau CHSE (Cleanliness, Health, Safety, and Environmental Sustainability),” pesan Menparekraf ini.

Sandiaga kembali menekankan pada satu tahun kedepan untuk dapat mempersiapkan Labuan Bajo menjadi destinasi kelas dunia. Persiapan yang perlu dilakukan diantaranya dari segi kesiapan infrastruktur, interkoneksi, produk-produk wisata, calendar of events dan dukungan pada kegiatan masyarakat. (*)

 Komentar

 Terbaru

Hukum & Kriminal20 Mei 2022 19:32
Ciduk Tiga Pelaku Narkoba, Barang Bukti Dua Bal Sabu
PiNRANG — Tiga pelaku narkoba, HR, IR dan HD tak berkutik saat diciduk personel Satuan Resnarkoba Polres Pinrang di dua lokasi (TKP) berbeda bel...
Ekonomi & Bisnis20 Mei 2022 17:29
Hotel Royalbay Lepas dari Fox Lite, Hadirkan Banyak Paket Menarik
MAKASSAR – Hotel Royalbay kini tidak lagi berada dibawah naungan management Fox lite, tetapi diatur dan di manage oleh management lokal Royalbay...
News20 Mei 2022 16:09
Pokdar Kubar Gelar Silaturahmi dan Halal Bihalal
KUTAI BARAT – Kelompok Sadar Ketertiban dan Keamanan ( Pokdar) Kabupaten Kutai Barat dibawa pimpinan Mathias Genting, SH mensponsori pertemuan S...
Liputan Khusus20 Mei 2022 14:14
Tempat Cetak Pelat Palsu Berkeliaran di Makassar, Polisi Razia Pelat Modifikasi – Bagian 2, Selesai
MAKASSAR – Guna mengurangi penggunaan pelat modifikasi dan pelat palsu, pihak Subdit Gakum Ditlantas Polda Sulsel, Jumat (20/5/2022), menggelar ...