Logo Lintasterkini

5 Menu Makanan Andalan Saat Hari Lebaran

Andi Nur Isman
Andi Nur Isman

Rabu, 12 Mei 2021 11:56

5 Menu Makanan Andalan Saat Hari Lebaran

LINTASTERKINI.COM — Hari Lebaran adalah momentum yang ditunggu-tunggu umat Islam. Salah satunya kehadiran makanan-makan spesial saat perayaan Idulfitri.

Apa saja menu yang biasanya hadir saat Lebaran? Atau kalian masih bingung ingin masak apa saat Lebaran nanti? Simak beberapa menu berikut yuk.

1. Ketupat

Daftar makanan favorit saat Lebaran adalah ketupat. Makanan yang khas karena bentuk wajiknya bahkan jadi ikon perayaan lebaran di Indonesia.

Ketupat terbuat dari beras yang direbus sebagai pengganti nasi di perayaan lebaran. Beras yang dibungkus dalam anyaman daun kelapa muda ini akan dipotong-potong dan disajikan bersama hidangan wajib lainnya.

2. Opor ayam

Makanan wajib saat lebaran adalah opor ayam. Makanan ini sering dipasangkan dengan ketupat pada saat lebaran.

Opor ayam berbahan dasar daging ayam, santan dengan campuran rempah-rempah lainnya. Rasanya yang lezat dan gurih mampu menggugah selera.

3. Sayur Lodeh Labu Siam

Sayur ini memiliki kuah santan dan berbahan labu siam yang diiris tipis memanjang seperti korek api.

Biasanya, dikonsumsi dengan dicampur ketupat, dan sayur opor atau sebagai pengganti opor ayam didampingi oleh rendang dan sambal goreng ati.

4. Kue kering

Kue kering merupakan makanan favorit untuk disajikan di meja ruang tamu pada hari lebaran.

Kue kering yang disajikan antara lain; Nastar, Kastengels, Kue Semprit, Putri Salju, Lidah Kucing, dan Pastel. Kue yang paling favorit biasanya kue Nastar.

5. Kacang Goreng

Walaupun bukan termasuk makanan berat, kacang goreng menjadi cemilan yang khas saat Lebaran.

Ada berbagai cara mengolah cemilan ini, ada dengan cara digoreng biasa tanpa santan, atau juga dengan memakai santan dan bawang putih untuk anda yang menyukai rasa lebih gurih.(*)

 Komentar

 Terbaru

Bersama Melawan Covid-1930 Juli 2021 00:02
Sinergitas dengan Kampus, Kapolrestabes Makassar Ajak Mahasiswa Vaksin
Witnu juga menambahkan bahwa semoga vaksin yang disalurkan untuk mahasiswa STMIK Handayani akan mencover sehingga tidak mudah untuk terpapar pandemi c...
Hukum & Kriminal29 Juli 2021 23:48
Polda Sulsel Akhirnya Tetapkan Tersangka Kasus Dugaan Korupsi RS Batua Makassar
MAKASSAR– Kasus dugaan korupsi proyek RS Batua Makassar terus berlanjut dalam penyelidikan polisi. Kali ini, Kepolisian Daerah (Polda) Sulsel ki...
News29 Juli 2021 23:09
Plt Gubernur Apresiasi Kakek 67 Tahun di Makassar yang Bersepeda Belasan Kilo demi Vaksinasi
MAKASSAR– Plt Gubernur Sulsel, Andi Sudirman Sulaiman, menemui seorang kakek yang rela bersepeda untuk mendapatkan vaksin. Perjuangannya diapres...
News29 Juli 2021 22:53
Wali Kota Makassar Bakal Naikkan Insentif Satgas Pengangkut Jenazah Corona
MAKASSAR– Wali Kota Makassar, Moh Ramdhan (Danny) Pomanto akan menaikkan insentif tim satgas pengangkut jenazah covid-19. Tingginya kasus kemati...