Logo Lintasterkini

Dianggap Langgar Hak Paten, Nokia Gugat Oppo

Maulana Karim
Maulana Karim

Senin, 12 Juli 2021 14:01

Nokia Gugat Oppo
Nokia Gugat Oppo

JAKARTA– Gugatan terhadap Oppo kini diajukan oleh Nokia. Gugatan itu dilayangkan Nokia lantaran dianggap telah melanggar beberapa paten.

Gugatan Nokia kepada Oppo ini telah didaftarkan di Eropa dan beberapa negara Asia, demikian diwartakan GSM Arena yang dikutip dari Hitekno, Minggu (11/7/2021).

Nokia menuding Oppo telah melanggar hak paten terkait Standard Essential Patents (SEP) dan non-SEP, teknologi yang berkaitan dengan konektivitas, interface, dan keamanan.

Oppo dan Nokia pada tahun 2018 lalu memang pernah menandatangani perjanjian lisensi teknologi. Tampaknya saat ini, kontrak atau perjanjian itu sudah kedaluwarsa.

“Kami sudah bernegosiasi dengan Oppo untuk memperpajang perjanjian lisensi paten, tetapi sayangnya mereka menolak tawaran kami,” jelas Nokia dalam keterangan resminya.

Nokia juga mengatakan bahwa pihaknya sudah menawarkan penyelesaian lain, dan masih berharap bisa menyelesaikan masalah ini dengan Oppo dalam apa yang mereka sebut sebagai cara-cara yang membangun.

Oppo di sisi lain mengaku terkejut dengan gugatan Nokia, yang disebutnya tidak menghormati lisensi paten yang sesuai dengan asas keadilan, masuk akal, serta nondiskriminatif.

“Oppo menghormati dan melindungi hak kekayaan intelektual miliknya sendiri dan milik pihak ketiga serta berkomitmen pada praktik kerja sama yang baik terkait lisensi paten dalam industri,” kata pihak Oppo.

Nokia sendiri merupakan salah satu perusahaan di industri telekomunikasi yang menguasai banyak hak paten terkait ponsel. Teknologi Nokia saat ini masih digunakan oleh raksasa dunia mulai dari Apple, Samsung, Lenovo, hingga BlackBerry.(*)

Penulis : Mul

 Komentar

 Terbaru

Hukum & Kriminal25 Juli 2021 21:23
Tak Diberi Uang Saat Mau Gadai Barang, Penjual Ikan di Pinrang Tikam Korbannya Pakai Badik
PINRANG– Seorang pria berinisial NA 34 tahun di Kabupaten Pinrang diringkus polisi usai melakukan penganiayaan dengan menikam korbannya mengguna...
Hukum & Kriminal25 Juli 2021 20:12
Gara-gara Tersinggung, Dua Pria di Pinrang Aniaya Tiga Pemuda Pakai Celurit
PINRANG– Dua pria di Kabupaten Pinrang diamankan jajaran Resmob Satreskrim Polres Pinrang lantaran telah melakukan pengeroyokan. Kedua pria itu ...
Hukum & Kriminal25 Juli 2021 16:24
Kenalan Lewat Game Online, Pemuda Sidrap Setubuhi dan Bawa Lari Gadis di Bawah Umur
MAKASSAR– Unit Jatanras Kepolisian Resor Kota Besar Makassar berhasil mengamankan seorang pemuda yang melarikan anak di bawah umur. Pelaku adala...
News25 Juli 2021 13:27
Besok, Makassar Sudah Terapkan PPKM Level IV, Apa Saja yang Dibatasi?
Dalam rapat tersebut terungkap penerapan PPKM level IV juga akan diberlakukan di Sulawesi Selatan ( Sulsel ). Untuk di Makassar, pemberlakuan dilaksan...