Logo Lintasterkini

Gempa Berkekuatan 4,3 SR Guncang Selayar, Pusatnya di Laut

Supriadi Lintas Terkini
Supriadi Lintas Terkini

Kamis, 16 Januari 2020 20:50

Ilustrasi Gempa Bumi Indonesia (Ist).
Ilustrasi Gempa Bumi Indonesia (Ist).

Gempa bumi berkekukatan 4.3 Skala Richter menggunacang Kepulauan Selayar Sulawesi Selatan, Kamis (16/1/2020 ) sekira pukul 16:35 WITA. Pusatnya dikabarkan berada di laut.

Menurut BMKG, pusat gempa berada di 23 kilometer Tenggara, Bontomene, Selayar. Getaran gempa tektonik itu juga dirasakan warga di Kabupaten Bulukumba. Kendati demikian, gempa ini tidak berpotensi menimbulkan tsunami.

“Episenter gempabumi terletak pada koordinat 5.71 LS dan 120.61 BT, atau tepatnya berlokasi di laut pada jarak 23 kilomter Tenggara Kecamatan Bontomatene, Kabupaten Selayar pada kedalaman 10 kilomater,” kata Kepala Balai Meteorologi, Klimatologi dan Geofisika (BMKG) Wilayah IV Makassar, Darmawan dalam keterangan rilisnya.

Darmawan menjelaskan bahwa gempa tersebut terjadi karena adanya aktivitas sesar Kabupaten Selayar berdekatan dengan pusat episenter.

“Dengan memperhatikan lokasi dan kedalaman hiposenter, tampak bahwa gempabumi ini termasuk dalam klasifikasi gempabumi dangkal akibat aktivitas Sesar Selayar yang berdekatan dengan pusat episenter,” ungkapnya.

“Hasil pemodelan menunjukkan bahwa gempa bumi tidak berpotensi tsunami. Kepada masyarakat diimbau agar tetap tenang dan terus mengikuti informasi BMKG serta tidak terpengaruh oleh isu yang tidak dapat dipertanggungjawabkan kebenarannya,” imbuhnya. (*)

Penulis : Supe Ganteng

 Komentar

 Terbaru

News03 Desember 2022 15:23
Supratman Banyak Menerima Kelurahan Soal Infrastruktur
MAKASSAR – Anggota DPRD Kota Makassar, Supratman kembali menyapa warga saat Reses Pertama Masa Persidangan Pertama Masa Sidang 2022-2023, Jl Pan...
News03 Desember 2022 13:14
Matching Fund 2022 Sukses Dilaksanakan di Desa Bontominasa
BULUKUMBA – Desa Bontominasa, Kecamatan Bulukumpa, Kabupaten Bulukumba terpilih menjadi mitra pada kegiatan yang dilaksanakan oleh Tim dari 2 Un...
Hukum & Kriminal02 Desember 2022 20:24
Polsek Cempa Pinrang Ringkus Pelaku Pencurian Di Acara Hajatan Pengantin, Ternyata Melibatkan ‘Orang Dalam’
PINRANG — Janji Kapolsek Cempa Polres Pinrang, Iptu Yudi Harsono untuk segera mengungkap kasus pencurian di acara hajatan pengantin yang terjadi...
Politik02 Desember 2022 18:24
Ganjar Presiden, Erick Thohir Wapres Menggema di Acara PAN
SEMARANG—Teriakan “Ganjar presiden, Erick Thohir Wapres (wakil presiden) menggema di acara launching bakal calon anggota legislatif DPR RI Par...