Logo Lintasterkini

Anggota DPRD Makassar APG Sosialisasi Perda Rumah Kos

Muh Syukri
Muh Syukri

Rabu, 16 Maret 2022 22:32

Anggota DPRD Makassar APG Sosialisasi Perda Rumah Kos
Anggota DPRD Makassar APG Sosialisasi Perda Rumah Kos

MAKASSAR – Anggita DPRD Kota Makassar, Anton Paul Goni (APG), melaksanakan kegiatan sosialisasi Peraturan Daerah (Perda) Kota Makassar Nomor 10 Tahun 2011 tentang Pengelolaan Rumah Kos. Sosialisasi berlangsung di Tree Hotel Makassar, Rabu (16/3/2022), dihadiri para peserta yang terdari dari berbagai kalangan masyarakat.

APG saat membuka kegiatan menjelaskan, Perda Rumah Kos sangat penting diketahui masyarakat dengan harapan bahwa berbagai dampak yag ditimbulkan dari keberadaan rumah kos di lingkungan masyarakat dapat tertangani dengan baik.

“Ini (sosper) sangat penting yah, meningat keberadaan rumah kost sering menimbulkan dampak. Untuk itu pemerintah sudah memiliki regulasi tentang pengelolaan rumah kos dan kami berharap masyarakat yang tinggal di sekitar rumah kos ikut serta mengawasi dampak yang ditimbulkan,” harap Legislator PDIP Makassar itu.

Anggota DPRD Makassar dari Dapil V meliputi Kecamatan Mamajang, Mariso dan Tamalate itu juga menekankan agar ada pembeda nilai kontribusi dari rumah kos, termasuk dalam optimalisasi pendapatan daerah, seprti retribusi sampah dan pajak rumah kos itu sendiri.

Sebagian dari penghasilan dari pengelolaan rumah kos, kata APG, juga sedianya digunakan untuk perbaikan lingkungan dan sosial yang ada di sekitarnya.
“Masih banyak rumah kos yang tidak bayar sampah. Rumah kos itu menghasilkan, harus ada kontrubusi untuk warga yang ada di sekitar,” ucapnya.

Tak hanya pada persoalan dampak sosial dan lingkungan, kata APG, Perda Rumah Kos juga mengatur tentang sanksi terhadap pemilik rumah kos yang dinilai tidak mematuhi aturan yang dituangkan dalam perda tersebut.

Sementara dari pihak eksekutif yang diwakili Sketetaris Kesatuan Bangsa dan Politik (Kesbangpol) Kota Makassar, DR Hari, IP., SH., MH., M. Si mengatakan, baik legislatidlf maupun eksekutif wajib mensosialisasi perda sebagai upaya mendorong implementasi perda di tengah masyarakat.
Menurutnya, aturan yang baik karena dalam proses penyusunannya terjadi hubungan antara masyarakat dengan pemerintahnya. Adapun aturan yang tidak melibatkaan partisipasi masyarakat, dapat dipastikan tidak berjalan maksimal.

“Banyak perda yang tidak berjalan dengan baik, padahal pembuatan perda banyak membutuhkan banyak anggaran, sehingga perlu dimaksimalkan agar diimplementasikan dengan baik, salah satunya dengan sosialisasi perda ini,” kata Hari yang juga dosen LB di berbagai kampus di Makassar itu.
Hari menekankan beberapa point penting dalam Perda Rumah Kos di mana dalam Pasal 6 memuat tentang hak dan kewajiban pengelola serta penyewa rumah kos.

“Dalam pasal 6 di Perda Rumah Kos disebutkan, setiap pengelolaan kos wajib mengantongi izin dari pemerintah, termasuk dari RT/RW. Bapak ibu harus tahu bahwa setiap rumah kos wajib menyediakan ruang tamu, menyediakan minimal 1 kamar mandi (luar) dan WC untuk setiap 3 kamar,” urainya. (*)

 Komentar

 Terbaru

News25 September 2022 20:04
Yasir Machmud: Anggaran KONI Sulsel Sesuai Peruntukannya
MAKASSAR – Sebanyak Rp 5 Milyar anggaran KONI Sulsel untuk tahun 2022 yang dipertanyakan oleh anggota DPRD Sulsel, ditanggapi oleh Yasir Machmud...
Hukum & Kriminal25 September 2022 17:12
Bekuk Pengedar Narkoba Asal Sidrap, Polisi Nyamar Jadi Pembeli
SIDRAP – Aparat kepolisian berhasil menangkap seorang pengedar narkoba asal Sidrap, Sulawesi Selatan (Sulsel), berinisial AM alias Bidin (52). P...
Wisata dan Budaya25 September 2022 16:39
Sunset Keren di Pantai Indah Bosowa yang Eksotik
MAKASSAR – Pantai Indah Bosowa selalu memberikan keindahan yang eksotik. Apalagi pada sore hari kalian bisa sunset keren di tempat ini. Suasana ...
News25 September 2022 13:29
Satpolair Polres Bontang Amankan Pria Asal Barru Serta 30 Kg Daging Penyu
BONTANG – Aparat Satpolair Polres Bontang menangkap pelaku perburuan penyu dilindungi berinisial R (50), Jumat (23/9/2022). Dari tangan pria asa...