Logo Lintasterkini

Tak Sempat Sahur karena Telat Bangun, Ingat Risikonya!

Redaksi
Redaksi

Sabtu, 16 Maret 2024 08:10

Ilustrasi. (Foto: Shutterstock)
Ilustrasi. (Foto: Shutterstock)

LintasTerkini.com – Ramadan, bulan suci bagi umat Islam, adalah saat di mana umat Islam di seluruh dunia berpuasa dari fajar hingga terbenamnya matahari. Di antara praktik puasa yang dilakukan, sahur memiliki posisi penting.

Sahur adalah waktu untuk makan dan minum sebelum fajar, sebelum memulai puasa sehari penuh. Namun, bagi sebagian orang, bangun untuk sahur bisa menjadi tantangan tersendiri, dan jika terlambat bangun, risikonya bisa sangat besar.

Telat bangun untuk sahur tidak hanya berarti mengorbankan waktu untuk makan dan minum sebelum puasa, tetapi juga dapat berdampak pada kesehatan dan kinerja sepanjang hari. Berikut adalah beberapa risiko yang perlu diingat jika seseorang tidak sempat sahur karena telat bangun.

1. Kurangnya Energi
Sahur memberikan energi yang dibutuhkan untuk menjalani aktivitas sehari-hari. Tanpa asupan energi yang cukup, seseorang mungkin merasa lemah dan tidak bertenaga sepanjang hari.

Hal ini dapat mengganggu produktivitas dan konsentrasi, baik di tempat kerja maupun di sekolah.

2. Dehidrasi
Selama puasa, tubuh kehilangan cairan melalui proses pernapasan, keringat, dan urinasi. Sahur adalah waktu untuk minum air yang cukup agar tubuh tetap terhidrasi sepanjang hari.

Telat bangun dan melewatkan sahur dapat mengakibatkan dehidrasi, yang dapat menyebabkan sakit kepala, kelelahan, dan bahkan masalah kesehatan yang lebih serius.

3. Gangguan Metabolisme
Memiliki sahur yang sehat membantu menjaga metabolisme tubuh tetap stabil selama puasa. Ketika seseorang melewatkan sahur, hal ini dapat mengganggu metabolisme dan membuat tubuh sulit beradaptasi dengan perubahan pola makan selama Ramadan.

Akibatnya, seseorang mungkin mengalami penurunan energi, gangguan pencernaan, atau bahkan peningkatan berat badan.

4. Kurangnya Nutrisi
Sahur yang sehat harus mencakup makanan yang mengandung nutrisi penting seperti karbohidrat kompleks, protein, lemak sehat, serat, dan vitamin.

Melewatkan sahur dapat mengakibatkan kurangnya asupan nutrisi yang diperlukan oleh tubuh, yang pada gilirannya dapat mempengaruhi kesehatan jangka panjang.

5. Risiko Kesehatan yang Lebih Tinggi
Telat bangun untuk sahur juga dapat meningkatkan risiko beberapa masalah kesehatan, termasuk hipoglikemia (penurunan kadar gula darah), tekanan darah rendah, atau bahkan pingsan.

Oleh karena itu, sangat penting bagi umat Islam untuk memprioritaskan sahur dan berusaha bangun tepat waktu untuk mempersiapkan makanan dan minuman yang dibutuhkan.

Beberapa tips untuk membantu bangun tepat waktu untuk sahur antara lain adalah menetapkan alarm yang tepat, tidur lebih awal pada malam sebelumnya, dan berbagi tanggung jawab dengan anggota keluarga untuk mempersiapkan sahur bersama-sama.

Dalam kesimpulannya, melewatkan sahur karena telat bangun bukan hanya masalah kehilangan waktu makan sebelum berpuasa, tetapi juga dapat berdampak negatif pada kesehatan dan kinerja sepanjang hari.

Dengan memahami risiko tersebut, diharapkan umat Islam dapat memprioritaskan sahur dan mengambil langkah-langkah untuk memastikan bangun tepat waktu setiap hari selama bulan Ramadan.

 Komentar

 Terbaru

Pemerintahan12 April 2024 16:17
Open House Idul Fitri Pemkab Gowa Tingkatkan Silaturahmi Masyarakat dan Pemerintah
GOWA – Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Gowa kembali menggelar open house dalam rangka Idul Fitri 1445 Hijriah. Dimana kegiatan ini terakhir dilaks...
Politik12 April 2024 14:43
Menguat Kabar Istrinya Dampingi ASS Di Pilkada Gubernur, Begini Klarifikasi RMS
PINRANG — kabar yang beredar dan semakin menguat akan figur Fatmawati Rusdi yang bakal mendampingi Bakal Calon (Balon) petahana Gubernur Sulsel ...
News12 April 2024 10:10
Kepala Daerah Se-Sulsel Hadiri Open House Lebaran Pj Gubernur Bahtiar
MAKASSAR – Pj Gubernur Sulsel, Bahtiar Baharuddin, berharap agar kepala daerah se-Sulsel senantiasa menjaga silaturahmi dan kekompakan demi kesu...
Peristiwa11 April 2024 22:41
Terlibat Laka Lantas, Karyawan Indomaret Di Pinrang Dikabarkan Meninggal Dunia Di TKP
PINRANG — Kecelakaan tragis yang melibatkan seorang pengendara motor terjadi di kampung Ongkoe Kecamatan Paleteang Kabupaten Pinrang, Kamis sore...