Logo Lintasterkini

Polrestabes Makassar Dirikan Kampung Tangguh Anti Narkoba di Sapiria

Maulana Karim
Maulana Karim

Senin, 16 Agustus 2021 22:33

Wakapolrestabes Makassar, AKBP Budi Susanto meresmikan Kampung Tangguh Anti Narkoba di Sapiria.
Wakapolrestabes Makassar, AKBP Budi Susanto meresmikan Kampung Tangguh Anti Narkoba di Sapiria.

MAKASSAR– Kampung Sapiria yang dikenal dengan daerah peredaran narkoba terbesar di Kota Makassar disulap menjadi Kampung Tangguh Narkoba.

Daerah yang terletak di Kecamatan Tallo, Kota Makassar itu dijadikan sebagai kampung tangguh anti narkoba sebagi upaya menekan laju peredaran narkotika di Kota Makassar.

Pendirian kampung tangguh anti narkoba itu dilakukan oleh Satuan Reserse Narkoba Polrestabes Makassar pada Senin (16/8/2021) siang tadi.

“Berdasarkan data dan keterangan, untuk Makassar Sapiria ini dijadikan sampel untuk memulai kampung anti narkoba,” kata Wakapolrestabes Makassar, AKBP Budi Susanto, kepada awak media saat ditemui dilokasi peresmian.

Menurut Budi Susanto, pencanangan Kampung Tangguh Anti Narkoba di Sapiria tentunya merujuk pada peningkatan angka peredaran narkotika tiga tahun terakhir.

Apalagi, kata dia, Sapiria terletak di pukiman padat penduduk yang beberapa tahun terakhir kerap dijuluki ‘Kampung Narkoba’.

“Dari data yang kami himpun dari 2019 sampai 2020, (peredaran narkoba) mengalami peningkatan yang cukup signifikan sekali,” kata Budi

Mantan Kapolres Gowa ini menjelaskan, bahwa Kampung tangguh yang diresmikan ini tentunya akan melibatkan sejumlah stakeholder terkait.

“Jadi ini sinergitas antara aparat kepolisian, pihak pemerintah seperti kecamatan, kelurahan hingga ke tingkat RT-RW. Sehingga nantinya bisa mengurangi peredaran narkoba yang ada di Kampung Sapiria ini,” ujarnya

Lebih jauh, Budi juga berharap dengan hadirnya Kampung Tangguh Anti Narkoba di Sapiria, dapat merubah imej buruk ‘Kampung Narkoba’ yang selama ini tersematkan.

“Semoga dengan hadirnya Kampung Tangguh Anti Narkoba ini dapat merubah pandangan buruk terhadap daerah ini,” terangnya.

Sementara itu, Kasat Narkoba Polrestabes Makassar AKBP Yudi Frianto mengatakan, pendirian kampung tangguh anti narkoba itu merujuk pada perintah Kapolri Jenderal Polisi Listyo Sigit Prabowo.

“Ini merupakan tindak lanjut dari arahan bapak Kapolri tentang pembentukan kampung tangguh anti narkoba dalam rangka menjaga masyarakat dari bahaya narkoba,” terang Yudi saat memberikan sambutan.

Pendirian kampung tangguh itu ditandai dengan penandatanganan fakta integritas oleh aparat pemerintah setempat dan kepolisian.

Juga dilakukan pembubuhan tandatangan bersama deklarasi Anti narkoba.

Tidak hanya itu, Satreskoba Polrestabes Makassar juga memberikan bantuan sosial berupa sembako ke warga sekitar.

Begitu juga dengan beberapa peralatan olahraga seperti takrow dan bola voli untuk menunjang aktivitas kepemudaan di kampung Sapiria.

Acara deklarasi kampung tangguh itu, ditutup dengan vaksinasi puluhan warga yang melibatkan tim Urkes Polrestabes Makassar.(*)

Penulis : Mul

 Komentar

 Terbaru

News18 September 2021 17:57
Razia Kos-kosan, Polisi Temukan Pasangan Penyuka Jenis dan Kondom Bekas Pakai
Razia kos-kosan kembali dilancarkan aparat kepolisian. Kali ini, sepasang pria diduga penyuka sesama jenis dan tiga pasangan muda-mudi terjaring razia...
News18 September 2021 17:02
Putus Mata Rantai Covid-19, Polsek Tamalate Suskes Gelar Vaksinasi Presisi Pelajar di SMAN 20 Makassar
MAKASSAR– Vaksinasi COVID-19 di Indonesia, terus digencarkan pemerintah pusat, provinsi dan kabupaten/kota. Bahkan, pemerintah pusat sudah mener...
Hukum & Kriminal18 September 2021 09:22
Tiga Tersangka Arisan Online, Korbannya 300 Orang
Kasat Reskrim Polrestabes Makassar, Kompol Jamal Fathur Rakhman, mengatakan, ketiganya sudah diamankan dan ditahan di Mapolrestabes Makassar untuk pem...
Peristiwa18 September 2021 08:57
Rumah Sekaligus Bengkel Terbakar di Paccerakkang, Kerugian Capai Rp 200 Juta
Satu unit rumah yang juga merupakan bengkel hangus terbakar di BTN Mangga Tiga, Kelurahan Paccerakkang, Kecamatan Biringkanaya, Makassar, Jumat (17/9/...