Logo Lintasterkini

Intip Keindahan Bukit Hijau di Taman Purbakala Sumpang Bita, Pangkep

Herwin Bahar
Herwin Bahar

Selasa, 17 Mei 2022 11:53

Objek wisata Sumpang Bita, balocci, pangkep. (foto: lintasterkini.com)
Objek wisata Sumpang Bita, balocci, pangkep. (foto: lintasterkini.com)

MAKASSAR – Jalan-jalan ke Pangkajene Kepulauan (Pangkep) jangan lupa untuk singgah menikmati wisata alam Taman Purbakala di Sumpang Bita, Kecamatan Balocci, Pangkep, Sulawesi Selatan (Selsel). Lokasinya sangat asri dan nyaman untuk bewisata. Jarak tempuh dari Makassar ke Taman Purbakala Sumpang Bita kurang lebih 56 km dengan waktu tempuh hampir 2 jam dengan pemandangan sawah, gunung karst dan rumah rakyat.

Utamanya untuk kalian yang suka dengan wisata alam yang nyaman. Tempat ini merupakan kawasan ini merupakan daerah perbukitan karst yang topografinya terjal. Termasuk pada formasi Tonasa yang berumur 50-15 juta tahun yang lalu.

Kawasan wisata Sumpang Bita, Balocci, Pangkep. (foto: Lintasterkini.com)

Pada kawasan ini terdapat situs arkeologis berupa lukisan dinding, artefak batu, cangkang molusca, fragmen gerabah serta fragmen tulang dan gigi. Terdapat 63 Lukisan dinding berbentuk cap tangan dalam berbagai ukuran, cap kaki anak-anak, gambar menyerupai babi rusa dalam berbagai ukuran serta sebuah gambar/lukisan menyerupai perahu. Lukisan – lukisan tersebut berwarna merah dan sebagian besar ditemukan pada dinding sisi kiri gua.

Objek wisata Sumpang Bita, Balocci, Pangkep. (Foto: Lintasterkini.com)

Namun, kali ini penulis cuma ingin memperkenalkan suasana alam dengan bukit-bukti kecil yang hijau. Tempat ini sangat cocok untuk spot foto.

Untuk kalian yang suka berfoto ria atau selfie, bukit-bukti kecil yang dipenuhi dengan batu kars ini cocok sekali untuk mengabadikan foto cantik kalian.

Tidak hanya itu, sepanjang jalan masuk juga dipenuhi dengan pepohonan yang cantik dan bagus untuk berfoto ria. Sesekali kali bisa mengabadikan gambar di jalanan masuk tempat ini.

Kalian tidak perlu merogok kocek dalam-dalam untuk masuk ke kawasan ini. Sebab, masuk ke tempat ini gratis, begitu pun jika kalian ingin parkir, tidak dipungut biaya. Tinggal kalian jaga saja kebersihannya yah…!!

 Komentar

 Terbaru

News03 Desember 2022 15:23
Supratman Banyak Menerima Kelurahan Soal Infrastruktur
MAKASSAR – Anggota DPRD Kota Makassar, Supratman kembali menyapa warga saat Reses Pertama Masa Persidangan Pertama Masa Sidang 2022-2023, Jl Pan...
News03 Desember 2022 13:14
Matching Fund 2022 Sukses Dilaksanakan di Desa Bontominasa
BULUKUMBA – Desa Bontominasa, Kecamatan Bulukumpa, Kabupaten Bulukumba terpilih menjadi mitra pada kegiatan yang dilaksanakan oleh Tim dari 2 Un...
Hukum & Kriminal02 Desember 2022 20:24
Polsek Cempa Pinrang Ringkus Pelaku Pencurian Di Acara Hajatan Pengantin, Ternyata Melibatkan ‘Orang Dalam’
PINRANG — Janji Kapolsek Cempa Polres Pinrang, Iptu Yudi Harsono untuk segera mengungkap kasus pencurian di acara hajatan pengantin yang terjadi...
Politik02 Desember 2022 18:24
Ganjar Presiden, Erick Thohir Wapres Menggema di Acara PAN
SEMARANG—Teriakan “Ganjar presiden, Erick Thohir Wapres (wakil presiden) menggema di acara launching bakal calon anggota legislatif DPR RI Par...