Logo Lintasterkini

BNNP Sulsel Temukan Narkotika Jenis Baru, Seperti Ini Efeknya

Supriadi Lintas Terkini
Supriadi Lintas Terkini

Selasa, 17 Desember 2019 21:35

BNNP Sulsel Musnahkan Narkotika Jenis Baru.
BNNP Sulsel Musnahkan Narkotika Jenis Baru.

MAKASSAR– Badan Narkotika Nasional Provinsi (BNNP) Sulsel memusnahkan barang bukti hasil kejahatan narkoba jenis sabu-sabu, ganja dan pil ekstasi di halaman kantor BNNP Sulsel, Jalan Manunggal, Kecamatan Tamalate, Makassar, Selasa (17/12).

Selain barang bukti tersebut, BNNP Sulsel juga memusnahkan barang bukti New Psychoactive Substances (NPS) 17 gram. Pesmunahan barang haram itu dilakukan dengan menghanguskannya menggunakan mesin incinerator mobile milik BNNP Sulsel. Seluruh narkotika dimasukkan dalam tungku mesin dengan panas mencapai 1.400 derajat celcius.

Adapun para pelaku ditangkap berjumlah 7 orang tiga laki-laki dan 4 perempuan dari berbagai daerah di Sulawesi Selatan, yakni Kabupaten Pinrang, Sidrap Kota Parepare, dan Kota Makasaar sejak September 2019 lalu.

Kepala BNNP Sulawesi Selatan, Brigjen Pol Idris Kadir mengatakan, narkoba jenis baru yaitu NPS masuk ke Sulawesi Selatan melalui jasa pengiriman yang asalnya dari Hongkong. Pihaknya kemudian berkoordinasi dengan petugas Bea Cukai Sulawesi Selatan untuk mengecek paket diduga berisi narkotika.

“Informasi awal kita dapatkan dari JNE yang mengatakan ada barang yang mencurigakan. Bentuk paket setelah kita cek diperiksa di laboratorium bahwa zat tersebut jenis baru berupa ekstrak ganja dengan nama kimia 4-Fluro-MDMB-Butinika dan belum termasuk dalam lampiran undang-undang nomor 35 tahun 2009 tentang narkotika,” kata Idris Kadir kepada wartawan saat menggelar jumpa pers.

Mantan Direktur Reserse dan Kriminal Umum (Direskrimum) Polda Sulsel itu menjelaskan, bahwa pihaknya masih melakukan penyelidikan terhadap pemilik ini barang haram tersebut. Narkotika jenis baru ini sendiri diungkap pada Senin 25 November lalu.

“Barang haram jenis baru ini, baru yang kedua kalinya ditemukan, pertama di Semarang yang kedua di Makassar ini. Kita sudah laporkan ke BNN Pusat. Makanya kita ikut musnahkan juga,” ungkap Jenderal bintang satu itu.

Lebih lanjut Idris menerangkan NPS ini masuk dalam salah satu narkotika jenis narkotika yang tersebar di seluruh dunia.

“Efek narkoba jenis NPS ini sangat berbahaya juga karena bisa membuat paranoid, halusinasi, hingga berujung kematian, mengerikan memang,” pungkasnya.

Disebutkan, data resmi tahun 2019 belum dikeluarkan oleh BNN Pusat tapi data secara nasional di posisi tahun 2015 hingga 2017 menunjukkan Sulsel di urutan ke 7 dari 17 daerah terbanyak penyalahgunaan narkotikanya(*)

 Komentar

 Terbaru

Olahraga19 Mei 2024 13:06
Danny Pomanto Lepas Ribuan Peserta Monas Half Marathon 2024
MAKASSAR – Wali Kota Makassar Moh Ramdhan Pomanto melepas ribuan Peserta Run The City Makassar LPS Monas Half Marathon 2024, di Tugu MNEK CPI, M...
News19 Mei 2024 11:18
Sulsel Siap Laksanakan Pilkada Serentak 27 November
MAKASSAR – Asisten Pemerintahan dan Kesejahteraan Rakyat Setda Sulsel, Muhammad Rasyid, mewakil Pj Gubernur Sulsel menghadiri sosialisasi penyel...
News19 Mei 2024 09:15
Gerak Cepat, Pj Gubernur Zudan Rapat Terbatas Bersama Kepala OPD
MAKASSAR – Prof Zudan Arif Fakrulloh usai dilantik menjadi Penjabat (Pj) Gubernur Sulawesi Selatan (Sulsel) langsung menggelar rapat terbatas be...
News19 Mei 2024 08:10
Profil Prof Zudan Arif Fakrulloh yang Jabat Pj Gubernur Sulsel
MAKASSAR – Prof Zudan Arif Fakrulloh adalah seorang birokrat Indonesia yang saat ini menjabat sebagai Penjabat (Pj) Gubernur Sulawesi Selatan (S...