Logo Lintasterkini

Pelaku Utama Pembusuran Dua Pemuda di Manggala Dibekuk, Kakinya Ditembak

Muh Syukri
Muh Syukri

Senin, 18 September 2023 14:02

Pelaku (duduk) saat diamankan aparat Polrestabes Makassar
Pelaku (duduk) saat diamankan aparat Polrestabes Makassar

MAKASSAR – Aparat Polrestabes Makassar berhasil meringkus seorang pelaku utama pembusuran yang terjadi di Kecamatan Manggala Kota Makassar. Pelaku berinisial NA merupakan pelaku utama pembusuran terhadap dua orang pemuda, beberapa waktu lalu.

Kapolrestabes Makassar Kombes Pol Mokhamad Ngajib dalam konferensi pers, Minggu (17/9/2023) mengatakan, saat diamankan polisi terpaksa melakukan tindakan tegas terukur dengan menembak kaki pelaku lantaran berusaha kabur.

Ngajib mengatakan, penangkapan pelaku utama ini dilakukan di Jalan Veteran Selatan Lorong 3, Kecamatan Mamajang. Sebelumnya pelaku sudah melakukan aksinya membusur warga pada Jumat (15/9/2023) dini hari di Jalan Bontobila, Kelurahan Batua, Kecamatan Manggala, Kota Makassar.

“Dari pengakuan pelaku, dia yang melepaskan busur dan mengenai korban. Nama kelompok Lorhub adalah kelompok pelaku, dan korban Rumkos. Nanti dikembangkan apakah ini geng motor yang melakukan kejahatan,” ujarnya.

Pelaku NA terpaksa ditembak kakinya oleh petugas karena melawan saat ditangkap. Kapolrestabes menuturkan dugaan saat ini adalah bermotif balas dendam karena teman pelaku sempat dipukul korban, sehingga pelaku mendatangi korban dengan berboncengan motor berjumlah enam orang.

“Pada saat pelaku melakukan pembusuran, dia berboncengan tiga orang yang mana motornya telah kami sita. Kemudian, juga barang bukti busur yang disita sebanyak 12 busur (anak panah) dan ada satu ketapel (pelontar),” paparnya.

Mantan Kapolres Kota Palembang ini juga mengatakan pelaku NA sempat digeledah dan ditemukan narkotika jenis sabu di saku celananya.

“Kami dapatkan dari pelaku menguasai narkotika jenis sabu-sabu, ini juga masih kami lakukan pengembangan. Tentunya, tindak lanjut tes urine, yang pastinya pelaku ini menyimpan sabu di saku celana, sehingga kami bisa menyimpulkan pelaku ini menyimpan narkoba,” ungkapnya.

Dia menegaskan tidak ada geng motor di Kota Makassar bisa melakukan tindak kejahatan, apabila ada ditemukan maka dilaksanakan tindakan tegas terhadap pelaku sesuai aturan yang berlaku. Sedangkan untuk ganjaran atas perbuatan pelaku terkait tindak pidana kejahatannya dijerat dengan pasal 170 KUHP tentang penganiayaan secara bersamaan-sama. (*)

 Komentar

 Terbaru

Pemerintahan28 Mei 2024 23:51
Pemkab Banggai Kagumi Inovasi Smart City di War Room Makassar
MAKASSAR – Bupati Kabupaten Banggai, Amirudin Tamoreka, melakukan kunjungan ke War Room Pemerintah Kota Makassar untuk mempelajari penerapan kon...
News28 Mei 2024 20:17
Inspektorat Daerah Makassar Tampilkan 4 Inovasi Pengawasan di Expo Pengawasan Intern Tahun 2024
MAKASSAR – Inspektorat Daerah Kota Makassar mengikuti Expo Pengawasan Intern 2024 di Jakarta. Makassar menjadi salah satu dari 30 Pemerintah Pro...
Gaya Hidup28 Mei 2024 16:00
Bugis Waterpark Adventure Kembali Gelar Kompetisi Zumba, Pesertanya Tembus Ribuan Orang
MAKASSAR – Ribuan orang mengikuti kompetisi zumba yang terselenggarakan pada Minggu, 26 Mei 2024. Kompetisi ini digelar di Main Foodcourt Bugis ...
News28 Mei 2024 14:25
KBO Satnarkoba Polres Sidrap Beri Penyuluhan Hukum Tentang Narkoba ke Masyarakat Sereang
SIDRAP – Kaur Bin Ops (KBO) Satnarkoba Polres Sidrap IPDA Amdaryono Saputra, SH memberikan Penyuluhan Hukum tentang Narkoba kepada masyarakat di...