Logo Lintasterkini

Tahanan Kabur dari Rutan Kelas I Makassar Berhasil Ditangkap dalam Operasi Kilat

Muh Syukri
Muh Syukri

Rabu, 18 September 2024 14:43

Junaedi alias Pato Daeng Baba, tahanan Rutan Kelas I Makassar yang sempat kabur berhasil ditangkap kembali.
Junaedi alias Pato Daeng Baba, tahanan Rutan Kelas I Makassar yang sempat kabur berhasil ditangkap kembali.
MAKASSAR – Junaedi alias Pato Daeng Baba, tahanan yang sempat menggemparkan publik setelah kabur dari Rutan Kelas I Makassar dengan menjebol terali besi kamarnya, akhirnya berhasil diringkus. Tim gabungan Polda Sulsel dan Satgas Rutan Makassar berhasil menangkap Junaedi di tempat persembunyiannya di Kecamatan Tanralili, Kabupaten Maros, pada Selasa (17/9) dini hari sekitar pukul 04.00 WITA.

“Alhamdulillah, dalam waktu 2×24 jam, Junaedi berhasil ditemukan dan kini sudah kami amankan di sel merah Rutan Makassar,” ungkap Kepala Rutan Makassar, Jayadikusumah.

Setelah penangkapan dramatis tersebut, Jayadikusumah menegaskan bahwa pihaknya akan melakukan evaluasi ketat agar kejadian serupa tak terulang. “Kami sangat mengapresiasi kerja sama tim. Tentu akan ada evaluasi menyeluruh untuk mencegah kejadian ini di masa depan,” tambahnya.

Kejadian ini memicu perhatian besar, dan Kepala Divisi Pemasyarakatan Kanwil Sulsel, Agung Aribawa, turut memberikan peringatan tegas kepada seluruh Kepala Lapas dan Rutan di Sulsel. “Saya mengingatkan agar tetap waspada dan menjalankan SOP dengan disiplin. Deteksi dini sangat penting untuk mencegah hal-hal negatif, seperti masuknya barang terlarang atau kaburnya warga binaan,” kata Agung.

Sanksi berat juga telah menanti Junaedi. Kepala Kesatuan Pengamanan Rutan Makassar, Andi Erdiyangsah Bahar, menyatakan bahwa pelarian Junaedi merupakan pelanggaran berat. “Junaedi dijatuhi sanksi Register F, yang berarti hak integrasinya seperti Cuti Bersyarat (CB) dan Pembebasan Bersyarat (PB) dicabut secara otomatis,” jelas Erdiyangsah.

Saat ini, Rutan Kelas I Makassar menampung 2.082 warga binaan. Pengamanan diperketat dengan 4 Regu Pengamanan (Rupam), masing-masing terdiri dari 20 petugas setiap shift, untuk memastikan tak ada insiden serupa di masa mendatang.

Operasi penangkapan Junaedi ini kembali menegaskan pentingnya pengawasan maksimal di seluruh lembaga pemasyarakatan untuk menjaga keamanan dan ketertiban. (*)

 Komentar

 Terbaru

News23 Oktober 2024 22:03
Pelayanan SIM di Makassar Semakin Baik, Kapolrestabes: Cepat dan Tidak Ribet
Pelayanan pembuatan dan perpanjangan Surat Izin Mengemudi (SIM) di Kota Makassar semakin mendapatkan apresiasi dari masyarakat. Hal ini tak lepas dari...
Peristiwa23 Oktober 2024 20:42
Lansia Meregang Nyawa Usai Kecelakaan di Jalan Talasalapang
Sebuah kecelakaan tragis menimpa seorang lansia terjadi di wilayah Polrestabes Makassar pada Rabu (23/10/2024). Kecelakaan yang melibatkan sepeda moto...
Hukum & Kriminal23 Oktober 2024 20:26
Pelaku Penganiayaan Tukang Parkir di Makassar Ditangkap di Enrekang
Seorang pelaku penganiayaan terhadap tukang parkir di Jalan Pendidikan, Makassar, berhasil ditangkap oleh pihak kepolisian di Kabupaten Enrekang pada ...
Nasional23 Oktober 2024 20:04
Peringatan Pertama Sekkab Mayor Teddy kepada Para Menteri Melalui Grup WhatsApp
Belum cukup seminggu menjabat sebagai Sekretaris Kabinet (Sekkab), Mayor Teddy Indra Wijaya telah mengambil langkah berani dengan memberikan peringata...