Logo Lintasterkini

2 Hari Operasi Zebra, Polda Sulsel Jaring 760 Kendaraan

Abdul Gaffar Mattola
Abdul Gaffar Mattola

Jumat, 18 November 2016 17:41

ilustrasi
ilustrasi

MAKASSAR – Dalam rangka ketertiban berlalu lintas, Kepolisian Republik Indonesia menggelar Operasi Zebra 2016 sejak tanggal 16 hingga 29 Nopember 2016. Kakorlantas Polri Irjen Pol Agung Budi Maryoto mengatakan, permasalahan lalu lintas perlu diselesaikan bersama antara seluruh stake holders, sehingga tercipta keterpaduan langkah yang dapat menunjang pelaksanaan tugas. Dijelaskannya, operasi ini dilaksanakan sebagai cipta kondisi Operasi Lilin tahun 2016 dan Tahun Baru 2017.

“Sasaran operasi diantaranya kelengkapan surat berkendaraan, pelanggaran rambu-rambu lalu lintas, pelanggaran batas kecepatan dan melawan arus lalu lintas khususnya sepeda motor,” katanya.

Adapun tujuan pelaksanaan Operasi Zebra diharapkan dapat tercapai. Tujuan operasi antara lain untuk meningkatkan disiplin masyarakat dalam berlalu lintas, mengurangi pelanggaran dan kecelakaan lalu lintas, mengurangi tingkat fatalitas korban kecelakaan lalu lintas, meningkatkan kepercayaan masyarakat terhadap Polri dan terwujudnya situasi kamseltibcarlantas menjelang perayaan Natal 2016 dan Tahun Baru 2017.

Operasi Zebra khusus yang digelar oleh Polda SulSel hingga hari kedua, telah berhasil menjaring sekitar 760 kendaraan di seluruh wilayah hukum yang berada di Polda Sulsel. Menurut informasi yang berhasil dihimpun, sesuai dengan yang diungkapkan Kabid Humas Polda Sulsel, Kombes Pol Frans Barung Mangera, dia mengaku jumlah terbanyak pelanggaran berada di wilayah hukum Polrestabes Makassar dan Polres Pelabuhan.

“Kami sudah menjaring 760 kendaraan, untuk hari ini belum kita rilis, kemungkinan angkanya semakin meningkat hingga ujung operasi zebra pada 30 November nanti,”jelasnya, Jumat (18/11/2016).

Ia menambahkan bahwa kendaraan yang terjaring operasi zebra kebanyakan melanggar peraturan izin mengemudi dan dinyatakan kendaraan tidak lengkap serta rawan menyebabkan kecelakaan lalu lintas. (*)

 Komentar

 Terbaru

LPPM ITB Kalla Dorong Komitmen Kolaborasi Riset Dosen Pemula
Dunia Kampus08 Maret 2021 20:01
LPPM ITB Kalla Dorong Komitmen Kolaborasi Riset Dosen Pemula
Untuk itu, Lembaga Penelitian dan Pengabdian Masyarakat (LPPM) ITB Kalla menyelenggarakan Workshop Peningkatan Kapasitas Penelitian bagi Dosen Pemula ...
Dukung Ojol Day, Dirut Bantah Tarif Parkir Rp150 Ribu
News08 Maret 2021 19:58
Dukung Ojol Day, Dirut Bantah Tarif Parkir Rp150 Ribu
Sebagai pihak terkait, Haji Ilo mengaku telah berkomunikasi dengan Danny Pomanto. Membahas kesiapan regulasi pelaksanaannya....
Wali Kota Makassar Siap Berkantor Gunakan Jasa “Ojol Day” Tiap Selasa
News08 Maret 2021 17:23
Wali Kota Makassar Siap Berkantor Gunakan Jasa “Ojol Day” Tiap Selasa
Saat ini Danny Pomanto masih terus mengkaji secara teknis regulasi untuk menerapkan Ojol Day....
Kuasai Ribuan Obat Daftar “G”, Buruh Bangunan Dibekuk di Atap Rumah
Hukum & Kriminal08 Maret 2021 16:55
Kuasai Ribuan Obat Daftar “G”, Buruh Bangunan Dibekuk di Atap Rumah
Turut disita uang tunai Rp250 ribu di dalam laci lemari. Diduga merupakan hasil penjualan barang haram tersebut....