Logo Lintasterkini

BNPB Sebut Ada Empat Provinsi Waspada Banjir Hari Ini

Maulana Karim
Maulana Karim

Kamis, 18 November 2021 19:58

Evakuasi Korban Banjir di Gowa
Evakuasi Korban Banjir di Gowa

JAKARTA– Sejumlah provinsi ditetapkan berstatus waspada banjir, pekan ini diperkirakan bakal terus diguyur hujan dengan intensitas sedang hingga lebat.

Kedeputian Bidang Pencegahan Badan Nasional Penanggulangan Bencana (BNPB) menetapkan empat provinsi berstatus waspada banjir pada hari ini, Kamis (18/11/2021).

Penetapan tersebut hasil dari analisis data dari Badan, Meteorologi, Klimatologi, dan Geofisika (BMKG) dengan metode Impact Based Forecast (IBF) dan InaRisk pihaknya.

“Maka perlu diwaspadai potensi Banjir pada tanggal 18 November 2021,” kata BNPB dalam keterangan tertulisnya, Kamis (18/11).

Empat provinsi yang ditetapkan berstatus waspada banjir antara lain Jawa Tengah, Jawa Timur, Nusa Tenggara Barat, serta Kalimantan Selatan.

Di Provinsi Jwa Tengah, kabupaten/kota yang berstatus waspada banjir adalah Wonogiri, Grobogan, Kebumen, Purworejo dan Blora. Di Jawa timur, Kediri yang berstatus waspada banjir.

Kemudian di Provonsi Nusa Tenggara Barat yaitu Bima dan Sumbawa. Kalimantan Selatan yaitu di Tanah Laut, dan Tabalong.

BNPB mengatakan, keempat provinsi itu termasuk ke dalam 10 besar daerah dengan tingkat historikal banjir tertinggi berdasarkan Data Informasi Bencana Indonesia (DIBI).

Terkait itu, BNPB meminta kepala daerah bersangkutan untuk menyiapkan mitigasi dan terus memantau kondisi dari hari ke hari.

“Memantau kondisi terkini lapangan dan menyebarkan informasi peringatan (curah hujan, tinggi muka air) dan potensi wilayah terdampak,” ucapnya.

Penulis : Mul

 Komentar

 Terbaru

News23 Oktober 2024 22:03
Pelayanan SIM di Makassar Semakin Baik, Kapolrestabes: Cepat dan Tidak Ribet
Pelayanan pembuatan dan perpanjangan Surat Izin Mengemudi (SIM) di Kota Makassar semakin mendapatkan apresiasi dari masyarakat. Hal ini tak lepas dari...
Peristiwa23 Oktober 2024 20:42
Lansia Meregang Nyawa Usai Kecelakaan di Jalan Talasalapang
Sebuah kecelakaan tragis menimpa seorang lansia terjadi di wilayah Polrestabes Makassar pada Rabu (23/10/2024). Kecelakaan yang melibatkan sepeda moto...
Hukum & Kriminal23 Oktober 2024 20:26
Pelaku Penganiayaan Tukang Parkir di Makassar Ditangkap di Enrekang
Seorang pelaku penganiayaan terhadap tukang parkir di Jalan Pendidikan, Makassar, berhasil ditangkap oleh pihak kepolisian di Kabupaten Enrekang pada ...
Nasional23 Oktober 2024 20:04
Peringatan Pertama Sekkab Mayor Teddy kepada Para Menteri Melalui Grup WhatsApp
Belum cukup seminggu menjabat sebagai Sekretaris Kabinet (Sekkab), Mayor Teddy Indra Wijaya telah mengambil langkah berani dengan memberikan peringata...