Logo Lintasterkini

BNPB Sebut Ada Empat Provinsi Waspada Banjir Hari Ini

Maulana Karim
Maulana Karim

Kamis, 18 November 2021 19:58

Evakuasi Korban Banjir di Gowa
Evakuasi Korban Banjir di Gowa

JAKARTA– Sejumlah provinsi ditetapkan berstatus waspada banjir, pekan ini diperkirakan bakal terus diguyur hujan dengan intensitas sedang hingga lebat.

Kedeputian Bidang Pencegahan Badan Nasional Penanggulangan Bencana (BNPB) menetapkan empat provinsi berstatus waspada banjir pada hari ini, Kamis (18/11/2021).

Penetapan tersebut hasil dari analisis data dari Badan, Meteorologi, Klimatologi, dan Geofisika (BMKG) dengan metode Impact Based Forecast (IBF) dan InaRisk pihaknya.

“Maka perlu diwaspadai potensi Banjir pada tanggal 18 November 2021,” kata BNPB dalam keterangan tertulisnya, Kamis (18/11).

Empat provinsi yang ditetapkan berstatus waspada banjir antara lain Jawa Tengah, Jawa Timur, Nusa Tenggara Barat, serta Kalimantan Selatan.

Di Provinsi Jwa Tengah, kabupaten/kota yang berstatus waspada banjir adalah Wonogiri, Grobogan, Kebumen, Purworejo dan Blora. Di Jawa timur, Kediri yang berstatus waspada banjir.

Kemudian di Provonsi Nusa Tenggara Barat yaitu Bima dan Sumbawa. Kalimantan Selatan yaitu di Tanah Laut, dan Tabalong.

BNPB mengatakan, keempat provinsi itu termasuk ke dalam 10 besar daerah dengan tingkat historikal banjir tertinggi berdasarkan Data Informasi Bencana Indonesia (DIBI).

Terkait itu, BNPB meminta kepala daerah bersangkutan untuk menyiapkan mitigasi dan terus memantau kondisi dari hari ke hari.

“Memantau kondisi terkini lapangan dan menyebarkan informasi peringatan (curah hujan, tinggi muka air) dan potensi wilayah terdampak,” ucapnya.

Penulis : Mul

 Komentar

 Terbaru

Hukum & Kriminal20 Mei 2022 19:32
Ciduk Tiga Pelaku Narkoba, Barang Bukti Dua Bal Sabu
PiNRANG — Tiga pelaku narkoba, HR, IR dan HD tak berkutik saat diciduk personel Satuan Resnarkoba Polres Pinrang di dua lokasi (TKP) berbeda bel...
Ekonomi & Bisnis20 Mei 2022 17:29
Hotel Royalbay Lepas dari Fox Lite, Hadirkan Banyak Paket Menarik
MAKASSAR – Hotel Royalbay kini tidak lagi berada dibawah naungan management Fox lite, tetapi diatur dan di manage oleh management lokal Royalbay...
News20 Mei 2022 16:09
Pokdar Kubar Gelar Silaturahmi dan Halal Bihalal
KUTAI BARAT – Kelompok Sadar Ketertiban dan Keamanan ( Pokdar) Kabupaten Kutai Barat dibawa pimpinan Mathias Genting, SH mensponsori pertemuan S...
Liputan Khusus20 Mei 2022 14:14
Tempat Cetak Pelat Palsu Berkeliaran di Makassar, Polisi Razia Pelat Modifikasi – Bagian 2, Selesai
MAKASSAR – Guna mengurangi penggunaan pelat modifikasi dan pelat palsu, pihak Subdit Gakum Ditlantas Polda Sulsel, Jumat (20/5/2022), menggelar ...