Logo Lintasterkini

PPKM Mikro, Begini Kebijakan Kapolres Pinrang Pelaksanaan Shalat Idul Adha 1442 H

Maulana Karim
Maulana Karim

Senin, 19 Juli 2021 22:59

Kapolres Pinrang, AKBP Arief Sugiharto
Kapolres Pinrang, AKBP Arief Sugiharto

PINRANG -Berdasar pada surat edaran Menteri Agama Republik Indonesia nomor 17 Tahun 2021, Kapolres Pinrang, AKBP Arief Sugiharto beserta dengan Forkompimda Kabupaten Pinrang sepakat berikan solusi agar masyarakat tetap bisa melaksanakan shalat idul adha di Kabupaten Pinrang, Senin (19/07/2021).

Kapolres Pinrang, AKBP Arief Sugiharto yang dikonfirmasi mengatakan bahwa dengan mempertimbangkan Provinsi Sulawesi Selatan yang tidak termasuk dalam kriteria level asesmen 4 (PPKM) Darurat dan dalam rangka mencegah atau memutus rantai Covid-19.

Maka, kata dia, pelaksanaan shalat idul adha tetap bisa dilaksanakan di masjid masing-masing dengan ketentuan menerapkan protokol kesehatan.

“Selain memperitmbangkan keselamatan masyarakat agar tidak terpapar covid 19, selain itu tentunya memberikan rasa aman kepada umat islam dalam melaksanakan Shalat Idul Adha, maka kami sepakat, untuk menyampaikan kepada seluruh Umat Muslim di Kabupaten silahkan melaksanakan shalat idul adha sesuai dengan yang telah ditentukan,” kata AKBP Arief ke awak media.

Arief juga mengemukakan bahwa aturan tersebut sesuai dengan surat edaran PLT Gubernur Sulawesi Selatan  Nomor : 451.1.1 /6812/B.Kesra, tentang Pelaksanaan sholat idul adha tahun 1442 H/ 2021.

Merujuk surat edaran tersebut, Pemkab Pinrang mengikuti intruksi itu dengan mengeluarkan surat edaran bernomor: 004.5/1466/Kesra tentang pelaksanaan teknis takbiran, Shalat Idul Adha dan pelaksanaan Qurban tahun 1442 H/ 2021 M pada PPKM Mikro diwilayah Kabupaten Pinrang.

Menindaklanjuti hal itu, kata Arief, Bupati Pinrang menggelar rapat bersama perwakilan MUI, Baznas, FKUB, MDI, DMI, BKPRMI, NU dan Muhammadiyah.

“Jadi kami sepakat khusus untuk kecamatan yang berada di zona hijau, tetap pelaksanaan takbiran dimulai pada subuh hari arafah setelah sholat subuh di Masjid atau di mushollah masing-masing yang tak jauh dari rumahnya,” kata Arief

Lebih lanjut, Arief menambahkan, bahwa untuk wilayah yang berada di zona hijau di Kabupaten Pinrang  masih ada 6 kecamatan.

“Untuk Kecamatan yang diperbolehkan shalat idul adha yang disertai dengan penerapan prokes yang ketat yakni, Mattiro Sompe ( Zona Hijau) MATTIRO BULU ( Zona Hijau),  KEC. CEMPA ( Zona Hijau ), TIROANG, Cempa, batu lappa dan lembang juga zona hijau,” ungkapnya.

Selain untuk penyelenggaraan shalat Idul Adha tahun 1442 H, lanjut Arief, khusus di wilayah zona hijau masyarakat masih tetap bisa melaksanakan di masjid masing-masing dengan tetap memperhatikan protokol kesehatan.

“Penyelenggaraan dan penyembelihan hewan kurban dilakukan di area yang memungkinkan dan tetap protokol kesehatan,” terangnya.

Penulis : Mul

 Komentar

 Terbaru

News04 Maret 2024 15:41
Penghargaan Adipura 2023-2024 Kembali Diraih Pemerintah Kota Makassar
MAKASSAR – Kota Makassar berhasil masuk dalam deretan kota di Indonesia yang meraih penghargaan Adipura 2023-2024. Padahal sejak 2020, Kota Maka...
News04 Maret 2024 15:29
Alhamdulillah, Media Online Lintasterkini.com Terverifikasi Adminsitratif Dewan Pers
MAKASSAR – Memasuki usia ke 12 tahun, Media Online Lintas Terkini berhasil mencatatkan diri dengan status terverifikasi administratif di Dewan P...
News04 Maret 2024 14:15
Zaskia Gotik Masih Tunggu Izin Suami Kembali ke Panggung Hiburan
JAKARTA – Zaskia Gotik yang sempat vakum dari dunia hiburan setelah menikah dengan Sirajuddin Mahmud pada tahun 2020, masih menanti izin dari su...
News04 Maret 2024 12:36
MoU, OJK Siap Bangun Gedung Kantor di IKN
MAKASSAR – Otoritas Jasa Keuangan (OJK) Kamis lalu menyepakati rencana pembangunan gedung kantor di area Ibu Kota Nusantara (IKN) dengan penanda...