Logo Lintasterkini

Antisipasi Pohon Tumbang, Anggota DPRD Makassar: DLH Sebaiknya Pangkas Pohon Tua

Muh Syukri
Muh Syukri

Kamis, 20 Januari 2022 19:47

Pohon tumbang di depan RS Labuang Baji Kota Makassar dan menimpa tiga mobil yang terparkir.
Pohon tumbang di depan RS Labuang Baji Kota Makassar dan menimpa tiga mobil yang terparkir.

MAKASSAR – Banyaknya pohon tumbang di Kota Makassar saat hujan dan angin kencang, mendapat perhatian khusus anggota DPRD Makassar. Terakhir, pohon tumbang yang terjadi di depan RS Labuang Baji yang menimpa tiga mobil yang sedang terparkir.

Pihak DPRD Makassar meminta Pemerintah Kota (Pemkot) Makassar memaksimalkan pencegahan pohon tumbang yang sewaktu-waktu bisa mengancam saat cuaca ekstrem seperti ini.

Anggota Komisi C Bidang Pembangunan DPRD Makassar, Imam Muzakkar mengatakan, hujan lebat disertai angin kencang berpotensi dapat memicu terjadinya pohon tua menjadi tumbang.

Masyarakat pun patut waspada dengan menghindari melintas sekitaran atau bawah pohon. Juga tidak memarkir kendaraan di saat hujan lebat disertai angin kencang terjadi.

Anggota Fraksi PKB Makassar ini juga meminta kepada Pemerintah Kota Makassar melalui Dinas Lingkungan Hidup (DLH) Makassar proaktif melakukan antisipasi pencegahan terjadinya pohon tumbang. Jangan menunggu pohon jatuh, menimpa korban baru kemudian mengambil tindakan.

“Pohon-pohon di Kota Makassar ini wajib dikontrol secara aktif oleh DLH Makassar. Fokusnya pohon berumur sudah tua saja yang dicek. Karena dengan kondisi itu ancaman bagi masyarakat,” kata Imam Muzakkir, Rabu (19/1).

Dia juga menyarankan DLH Makassar sebaiknya memangkas atau memelihara dengan baik pohon-pohon yang ada. Karena menjadi tugas kewenangan dari DLH Makassar melakukan pemeliharaan dan mengondisikan.

“Kalau ada pohon yang usianya sudah tua, membahayakan mayarakat, segera tebang atau dirapikan. Dan berdasarkan regulasi di peraturan walikota, setiap pohon yang ditebang wajib diganti,” jelasnya.

 Komentar

 Terbaru

News25 September 2022 20:04
Yasir Machmud: Anggaran KONI Sulsel Sesuai Peruntukannya
MAKASSAR – Sebanyak Rp 5 Milyar anggaran KONI Sulsel untuk tahun 2022 yang dipertanyakan oleh anggota DPRD Sulsel, ditanggapi oleh Yasir Machmud...
Hukum & Kriminal25 September 2022 17:12
Bekuk Pengedar Narkoba Asal Sidrap, Polisi Nyamar Jadi Pembeli
SIDRAP – Aparat kepolisian berhasil menangkap seorang pengedar narkoba asal Sidrap, Sulawesi Selatan (Sulsel), berinisial AM alias Bidin (52). P...
Wisata dan Budaya25 September 2022 16:39
Sunset Keren di Pantai Indah Bosowa yang Eksotik
MAKASSAR – Pantai Indah Bosowa selalu memberikan keindahan yang eksotik. Apalagi pada sore hari kalian bisa sunset keren di tempat ini. Suasana ...
News25 September 2022 13:29
Satpolair Polres Bontang Amankan Pria Asal Barru Serta 30 Kg Daging Penyu
BONTANG – Aparat Satpolair Polres Bontang menangkap pelaku perburuan penyu dilindungi berinisial R (50), Jumat (23/9/2022). Dari tangan pria asa...