Logo Lintasterkini

PSBM XXIV, Pj Sekda Sulsel: Saudagar Bugis Makassar Spirit Kemajuan Ekonomi Nasional

Redaksi
Redaksi

Senin, 22 April 2024 06:30

Pj Sekda Sulsel, Andi Muhammad Arsjad, saat menghadiri pembukaan dan halalbihalal Pertemuan Saudagar Bugis Makassar (PSBM) XXIV di Hotel Four Points by Sheraton, Makassar, Minggu (21/4/2024). (Foto: Pemprov Sulsel)
Pj Sekda Sulsel, Andi Muhammad Arsjad, saat menghadiri pembukaan dan halalbihalal Pertemuan Saudagar Bugis Makassar (PSBM) XXIV di Hotel Four Points by Sheraton, Makassar, Minggu (21/4/2024). (Foto: Pemprov Sulsel)

MAKASSAR – Pj Sekda Sulsel, Andi Muhammad Arsjad, menghadiri pembukaan dan halalbihalal Pertemuan Saudagar Bugis Makassar (PSBM) XXIV di Hotel Four Points by Sheraton, Makassar, Minggu (21/4/2024).

Turut hadir dalam kegiatan tersebut inisiator PSBM Jusuf Kalla, Aksa Mahmud, Ketua Umum Badan Pengurus Pusat (BPP) Kerukunan Keluarga Sulsel (KKSS), Wakil Ketua MPR RI Amir Uskara, Anggota DPR RI Muhammad Aras, Wali Kota Makassar Moh. Ramdhan Pomanto, sejumlah pejabat dan pengusaha asal Sulsel.

Arsjad menyampaikan kebanggaannya terhadap kehadiran para saudagar Bugis Makassar karena telah menjadi duta budaya dan ekonomi Sulsel di daerah perantauannya masing-masing.

“Saya tentu bersyukur dan bangga karena Bapak-Ibu sekalian adalah duta Sulsel di perantauan, karena kitalah yang mempromosikan potensi budaya Sulsel melalui pakaian, gaya berkomunikasi, bahkan mungkin dari karakter masyarakat Sulsel yang memiliki ketegasan, integritas, dan solidaritas tinggi,” ucapnya.

Selain itu, lanjutnya, kehadiran para saudagar ini menjadi spirit dalam membangun dan memajukan ekonomi Indonesia, khususnya Sulsel, sesuai dengan tema yang diusung dalam pertemuan tahun ini yakni, Peran Saudagar Bugis Makassar Membangun Spirit Perekonomian Nasional.

Arsjad pun mengajak para saudagar untuk dapat membantu memajukan perekonomian Sulsel dengan fokus terhadap sektor-sektor yang menjadi keunggulan daerah ini.

Dia juga menyampaikan kepada para peserta PSBM terkait dengan kondisi perekonomian di Sulsel pada 2023, di mana tingkat perekonomian Sulsel dengan angka 4,51 persen berada di bawah angka ekonomi nasional yang mencapai 5,05 persen.

“Maka ini adalah forum yang baik, ini adalah forum yang sangat strategis bagi kita semua, hadir pentahelix di sini, pemerintah hadir, swasta hadir, perguruan tinggi hadir. Ini adalah suatu kekuatan besar yang kita miliki,” ungkapnya.

Sementara itu, Ketua Umum BPP KKSS Muhlis Patahna dalam sambutannya merespons kondisi perekonomian Sulsel saat ini. Menurutnya, PSBM akan menjadi pendorong terhadap kemajuan dan pembangunan ekonomi Sulsel.

“Ternyata, Sulsel pertumbuhannya (ekonomi) berada dibawah pertumbuhan nasional. Itu juga adalah salah satu tugas saudagar. Apa yang kurang di Sulsel, pertanian oke, tambang oke, perikanan oke, pariwisata oke, kulinernya oke, apa yang kurang coba. Mestinya kita di atas rata-rata pertumbuhan nasional. Kita saudagar berdosa juga nih kalau kampung kita begini,” terangnya.

Muhlis berharap kepada para pengurus KKSS untuk tetap melanjutkan kegiatan PSBM pada tahun-tahun selanjutnya. Sebab, kegiatan ini akan berdampak dan memberi manfaat terhadap pertumbuhan ekonomi nasional khususnya ekonomi Sulsel.

 Komentar

 Terbaru

Ekonomi & Bisnis15 Juli 2024 18:40
Ekspansi ke IKN, Kalla Beton Turut Berkontribusi Dalam Pembangunan Infrastruktur
PENAJAM – Kalla Beton terus melakukan ekspansi bisnis di berbagai wilayah. Selain di wilayah Sulawesi, kini perusahaan manufaktur milik KALLA in...
Pemerintahan15 Juli 2024 17:21
Pembangunan Gedung Makassar Government Center Siap Dilanjutkan ke Tahap Kedua
MAKASSAR – Wali Kota Makassar Moh Ramdhan Pomanto mengatakan pembangunan gedung Makassar Government Center atau MGC siap dilanjutkan ke tahap ke...
Pemerintahan15 Juli 2024 13:52
Dorong Kreatifitas Program Kerja Remaja Masjid, Kesra Makassar Beri Pelatihan
MAKASSAR – Bagian Kesejahteraan Masyarakat (Kesra) Sekretariat Daerah Kota Makassar memberi pelatihan kepada 1.500 remaja masjid di Kota Makassa...
Pemerintahan15 Juli 2024 11:11
Sukses Terselenggara, Event Beautiful Malino 2024 Berhasil Tarik Minat Pengunjung
GOWA – Pelaksanaan Beautiful Malino 2024 yang digelar sejak tanggal 12-14 Juli 2024 berjalan lancar dan meriah. Kegiatan yang dipusatkan di Huta...