Logo Lintasterkini

Desain Baru Stadion Mattoanging Dikebut, Butuh Anggaran Rp370 M untuk Rampungkan Pembangunan

Andi
Andi

Kamis, 22 Juli 2021 15:57

Desain Pembangunan Stadion Mattoanging
Desain Pembangunan Stadion Mattoanging

MAKASSAR — Desain baru pembangunan Stadion Mattoanging sudah tahap finalisasi. Anggaran yang dibutuhkan untuk mengerjakan proyek itu berkosar Rp370 miliar.

Seperti diketahui, Pemprov Sulsel sudah berkomitmen melanjutkan pembangunan Stadion Mattoanging. Hanya saja, desain awal harus mengalami perubahan.

Perubahan itu menyusul kesanggupan anggaran yang dimiliki Pemprov Sulsel. Tidak ingin membebani anggaran melalui dana pinjaman dari PT Sarana Multi Infrastruktur (PT SMI).

Desain yang awalnya dirancang dengan kapasitas 40.000 penonton kini diapngkas. Kapasitasnya kini sisa 20.000 penonton saja.

Dengan perubahan ini, anggaran pembangunan stadion yang awalnya butuh Rp1,7 triliun langsung turun drastis menjadi Rp370 miliar.

Kepala Dinas Pemuda dan Olahraga Sulsel, Andi Arwin Azis belum bisa menyebut berapa jumlah anggaran yang akan dialokasikan tahun ini melalui Kebijakan Umum Anggaran/Prioritas dan Plafon Anggaran Sementara (KUA/PPAS).

“Kami menunggu berapa alokasi anggaran yang disiapkan dan disepakati bersama nanti dlm KUA/PPAS TA. 2022,” sebut Andi Arwien Azis.

Rencananya, kata dia, lelang dini akan dilakukan Agustus mendatang. Sehingga pemenang lelang konstruksinya bisa diumumkan segera.

Dengan begitu, peletakan batu pertama bisa dilakukan di awal tahun 2022 mendatang.

“Januari tahun 2022 sudah langsung (pekerjaan konstruksi). Peletakan batu pertama dan langsung bekerja karena kita sudah berkontrak di tahun itu,” ujarnya.

Meski kapasitasnya diturunkan, lanjutnya, namun Stadion Mattoanging tetap akan berstandar internasional.

“20.000 itu bukan tidak berstandar internasional. Standar AFC, selama ini kita pernah pakai Mattoanging piala AFC. Konsep lama saja sudah masuk AFC,” ujarnya.

Meski begitu, Arwin belum mau membeberkan gambaran terkait desain baru Stadion Mattoanging sebab masih dalam tahap penyempurnaan.

“Itu masih ada beberapa perubahan. Nanti kami rilis desain ultimatenya,” pungkasnya. (*)

 Komentar

 Terbaru

Nasional20 Februari 2024 23:54
Ini Harapan AMSI Terhadap Pengesahan Perpres Publishers Rights
JAKARTA – Asosiasi Media Siber Indonesia (AMSI) mengapresiasi keputusan Presiden Joko Widodo mengesahkan Peraturan Presiden Nomor 32 Tahun 2024 ...
News20 Februari 2024 22:56
Puncak Acara Peringatan Hari Jadi Kabupaten Sidenreng Rappang, Forkopimda Kompak Hadir
SIDRAP – Kapolres Sidrap AKBP Erwin Syah, S.I.K.M.H bersama Ketua Bhayangkari Cabang Sidrap Ny Siska Erwin Syah hadiri Puncak Acara Peringatan H...
Peristiwa20 Februari 2024 21:05
Mobil Bak Terbuka Kecelakaan di Gowa, 1 Tewas
GOWA – Lantaran berusaha menghindari kendaraan lain dari arah berlawanan, sebuah mobil bak terbuka yang mengangkut delapan penumpang masuk jurang se...
Hukum & Kriminal20 Februari 2024 20:29
Miris, Santri di Makassar Meregang Nyawa Dianiaya Temannya
MAKASSAR – Nasib malang menimpa AR (14), seorang santri di Pondok Pesantren Tahfizul Qur’an Al Imam Ashim Makassar, Sulawesi Selatan (Sulsel)....