Logo Lintasterkini

Danny Pomanto Paparkan Makassar Recover di HUT Otda ke-25

Budi S
Budi S

Jumat, 23 April 2021 21:58

Danny Pomanto jadi Pembicara di HUT Otda
Danny Pomanto jadi Pembicara di HUT Otda

JAKARTA – Wali Kota Makassar, Moh Ramdhan “Danny” Pomanto didaulat menjadi pembicara di Hari Ulang Tahun (HUT) Otonomi Daerah (Otda) ke 25.

Peringatan HUT itu mengangkat tema “Bangun semangat kerja dan tingkatkan gotong royong di masa pandemi covid-19, untuk masyarakat sehat, ekonomi bangkit dan Indonesia maju”.

Dilaksanakan dengan cara Talkshow oleh Kementerian Dalam Negeri (Kemendagri) di Jakarta, Jumat (23/04/2021).

Dalam kesempatannya, Danny Pomanto menganggap HUT Otda kali ini sangat spesial. Sebab, kekuatan otonomi daerah diuji di masa pandemi. Utamanya soal koordinasi dan percepatan penanganan covid-19.

“Jadi otonomi daerah saat ini diuji kekuatannya dengan adanya pandemi, antara pemimpin di pusat dan di daerah untuk menjaga Indonesia bersama-sama. Itu inti otonomi daerah di tengah kondisi pandemi saat ini,” tuturnya.

Makassar sendiri, kata dia, memiliki program multi inovasi Makassar Recover untuk menangani covid-19. Yang terdiri dari tiga sub bagian program, yakni imunitas kesehatan, adaptasi sosial dan pemulihan ekonomi.

Lanjut Danny Pomanto bilang, jika otonomi daerah buah dari kemerdekaan. Menghasilkan proses demokrasi. Namun, dibutuhkan keseimbangan kekuasaan.

“Dan otonomi daerah bagian dari pembagian kekuasaan ke daerah oleh pemerintah pusat yang akan membuat Indonesia ini maju,” ucapnya.

Danny Pomanto juga memaknai otonomi daerah ibarat klub sepak bola. Ada tim, manager, pelatih dan pemain.

“Striker ini dianalogikan sebagai kepala daerah, Insya Allah kita akan memenangkan pertarungan dengan pandemi,” tandasnya.

Pada perayaan HUT Otda ini, juga turut hadir Dirjen Otda, Akmal Malik selaku pembicara. Gubernur Papua Barat, Dominggus Mandacan, Bupati Sumedang, H Dony Ahmad Munir, Direktur KKPOD, Robert Endi Jaweng, Deputi Bidang Ekonomi Setwapres, Prof Ahmad Erani Yustika. (*).

 Komentar

 Terbaru

ASN Nekat Mudik Lebaran 2021? Awas, Masyarakat Bisa Laporkan
Nasional07 Mei 2021 23:36
ASN Nekat Mudik Lebaran 2021? Awas, Masyarakat Bisa Laporkan
“Pemerintah meminta partisipasi masyarakat sebagai pengawas eksternal untuk melaporkan ASN yang terbukti mudik saat lebaran tahun ini,” kata Rini....
Iuran BPJS Ketenagakerjaan Diupayakan Bisa Dibayar Lewat Bank Sampah
News07 Mei 2021 23:34
Iuran BPJS Ketenagakerjaan Diupayakan Bisa Dibayar Lewat Bank Sampah
"Tekhnisnya ini, warga membawa sampah yang dikumpulkan untuk dijadikan iuran BPJS Ketenagakerjaan sebesar Rp 16.800 per bulan. Dan banyak sekali manfa...
Lindungi Masyarakat dari Pandemi, Godrej Indonesia Keluarkan Produk Saniter
Bersama Melawan Covid-1907 Mei 2021 23:07
Lindungi Masyarakat dari Pandemi, Godrej Indonesia Keluarkan Produk Saniter
"Kami menggabungkan keduanya menjadi satu elemen fungsi utama untuk mempercepat inovasi dalam upaya memastikan pengembangan produk secara progresif de...
Inginkan Seluruh Anak Bersekolah, Danny Dukung Sekolah Penggerak
Pendidikan07 Mei 2021 22:58
Inginkan Seluruh Anak Bersekolah, Danny Dukung Sekolah Penggerak
Wali Kota Makassar, Moh Ramdhan "Danny" Pomanto menerima kunjungan Lembaga Penjamin Mutu Pendidikan (LPMP) Sulsel, Jumat (07/05/2021)....