Logo Lintasterkini

“Melawan Adat”, Seorang Wanita Di Pinrang Lamar Pria Dengan Mahar Fantastis

Aroelk Lintas Terkini
Aroelk Lintas Terkini

Selasa, 23 November 2021 14:42

“Melawan Adat”, Seorang Wanita Di Pinrang Lamar Pria Dengan Mahar Fantastis

PINRANG — Seorang Wanita di Kabupaten Pinrang dikabarkan melamar calon pengantin prianya dengan mahar fantatis. Sontak, kabar ini kemudian viral dan menjadi topik perbincangan di kalangan masyarakat Pinrang karena dianggap berbeda dari adat istiadat perkawinan yang lumrah dalam suku Bugis – Makassar. Dimana biasanya calon pengantin pria yang memberikan mahar kepada calon mempelai wanita.

Kabar ini mulai viral setelah video acara lamaran atau ‘Mappetu Ada’ kedua keluarga calon mempelai beredar di Media Sosial (Medsos) Facebook (FB). Video ini diunggah oleh akun FB Nursheaty Tanty dan hingga berita ini diturunkan telah ditonton dan menuai Rahma komentar dari ribuan warganet.

Dalam video yang viral tersebut, disebutkan jika Calon Mempelai wanita memberikan mahar ‘uang panaik’ kepada calon mempelai pria sebesar Rp500 juta dengan tambahan mahar lainnya berupa 2 ekor sapi, 200 rak telur, 5 karung gula pasir dan 5 karung terigu.

Anggota DPRD Kabupaten Pinrang, Sariansah Mappetani yang menjadi juru bicara dari pihak calon mempelai laki-laki, membenarkan adanya hal tersebut.

“Benar, acara ‘Mappetu Ada’ nya kemarin. Dimana pihak calon mempelai wanita yang melakukan lamaran dengan mahar yang memang cukup fantastis,” ujar Sariansah saat di konfirmasi awak media via seluleenya, Selasa siang (23/11/2021).

Anggota Fraksi PKB DPRD Kabupaten Pinrang ini mengaku jika dirinya juga tidak terlalu mengetahui secara detail proses lamaran tersebut.

“Saya juga didadak oleh keluarga calon mempelai pria untuk jadi bicara di acara tersebut. Sepengetahuan saya, ini memang cukup berbeda dari biasanya dan mungkin baru pertama kali terjadi di Kabupaten Pinrang,” sebutnya.

Data yang dihimpun, prosesi lamaran ini melibatkan dua keluarga yaitu Keluarga Hj Mira dari pihak mempelai wanita, warga Desa Mattiro Ade Kecamatan Patampanua Kabupaten Pinrang. Sementara calon mempelai pria yaitu keluarga Hj Riana warga Kelurahan Marawi Kecamatan Tiroang Kabupaten Pinrang

Terpisah, Kepala Desa Mattiro Ade Kecamatan Patampanua Kabupaten Pinrang, Rustan Sali yang dikonfirmasi terkait kebenaran kabar ini mengaku baru mengetahuinya dari video lamaran yang viral di Medsos.

“Saya baru mengetahuinya setelah videonya viral di Medsos. Untuk kebenarannya, saya kaan lakukan kros cek langsung ke rumahnya terlebih dahulu,” singkat Rustan Sali. (*)

 Komentar

 Terbaru

Hukum & Kriminal20 Mei 2022 19:32
Ciduk Tiga Pelaku Narkoba, Barang Bukti Dua Bal Sabu
PiNRANG — Tiga pelaku narkoba, HR, IR dan HD tak berkutik saat diciduk personel Satuan Resnarkoba Polres Pinrang di dua lokasi (TKP) berbeda bel...
Ekonomi & Bisnis20 Mei 2022 17:29
Hotel Royalbay Lepas dari Fox Lite, Hadirkan Banyak Paket Menarik
MAKASSAR – Hotel Royalbay kini tidak lagi berada dibawah naungan management Fox lite, tetapi diatur dan di manage oleh management lokal Royalbay...
News20 Mei 2022 16:09
Pokdar Kubar Gelar Silaturahmi dan Halal Bihalal
KUTAI BARAT – Kelompok Sadar Ketertiban dan Keamanan ( Pokdar) Kabupaten Kutai Barat dibawa pimpinan Mathias Genting, SH mensponsori pertemuan S...
Liputan Khusus20 Mei 2022 14:14
Tempat Cetak Pelat Palsu Berkeliaran di Makassar, Polisi Razia Pelat Modifikasi – Bagian 2, Selesai
MAKASSAR – Guna mengurangi penggunaan pelat modifikasi dan pelat palsu, pihak Subdit Gakum Ditlantas Polda Sulsel, Jumat (20/5/2022), menggelar ...