Logo Lintasterkini

Perangi Covid-19 di Makassar, Danny-Fatma Akan Hadirkan GeNose

Budi S
Budi S

Rabu, 24 Februari 2021 16:53

Danny Pomanto
Danny Pomanto

MAKASSAR – Wali Kota dan Wakil Wali Kota Makassar terpilih, Moh Ramdhan “Danny” Pomanto dan Fatmawati Rusdi menujukkan komitmennya memerangi covid-19 di kota berjuluk Anging Mammiri ini.

Selain akan melibatkan lapiran masyarakat di tingkatan RT/RW nantinya, Danny-Fatma juga akan menghadirkan alat penditeksi covid-19.

Alat itu dinamakan GeNose, yang dikembangkan oleh ahli di Universitas Gajah Mada (UGM) Yogyakarta.

“Nanti alat GeNose ini dibutuhkan untuk melakukan tracing dan testing di seluruh kelurahan, RT-RW di Makassar,” jelas Danny Pomanto melalui keterangannya, Rabu (24/02/2021).

“(Gunanya) untuk mendeteksi warga dan nantinya diketahui treathment yang akan dilakukan pada warga yang terinfeksi sesuai kadar gejalanya,” lanjut dia.

GeNose itu, kata Danny Pomanto, akan diluncurkan setelah dirinya dilantik pada awal Maret nantinya. Sebanyak 1.000 unit GeNose akan didatangkan khusus ke Makassar.

Sementara itu, Project Leader GeNose UGM, Isnaini mengapresiasi rencana Danny-Fatma tersebut.

“Program ini luar biasa, dibutuhkan keberanian dari seorang pemimpin karena teknik untuk menghentikan penyebaran covid-19 ini harus segera serentak. Coverage-nya harus 85 persen, di bawah itu sulit, di Indonesia hanya tiga persen coverage-nya, makanya puncak covid-19 belum jelas,” ujar Isnaini.

Untuk mendatangkan 1.000 GeNose, lanjut Isnaini, diperkirakan membutuhkan anggaran kurang lebih Rp300 miliar. Dengan asumsi testingnya dapat dilakukan untuk seluruh warga di kota Makassar.

“Coba bandingkan dengan alat testing lainnya, PCR Rp900 ribu, antigen Rp200 ribu, pakai GeNose sekali testing hanya Rp11 ribu. Kita lihat di Bali, akibat pandemi kehilangan devisa Rp116 triliun, dengan anggaran recovery Rp1 triliun, mereka akan menyelesaikan masalah yang terjadi,” terangnya.

Teknologi GeNose diketahui, sudah mulai diterapkan di beberapa stasiun kereta api di Pulau Jawa. Nantinya akan diterapkan di bandara dan pelabuhan-pelabuhan di seluruh Indonesia. (*)

 Komentar

 Terbaru

Kadishub Barru Dipolisikan Stafnya, Dugaan Pencabulan
Hukum & Kriminal20 April 2021 21:22
Kadishub Barru Dipolisikan Stafnya, Dugaan Pencabulan
Kapolres Barru, AKBP Gregorius Liliek Tribhawoni Iryanto membenarkan perihal laporan itu....
Sinyal Pergantian Seluruh Direksi Perusda di Makassar Menguat
Pemerintahan20 April 2021 20:44
Sinyal Pergantian Seluruh Direksi Perusda di Makassar Menguat
Konstribusi perusda masih rendah terhadap Pendapatan Asli Daerah (PAD). Sehingga perlu penyegaran. Diawali dengan tahap evaluasi kinerja seluruh direk...
Mensos Santuni Korban Bom Gereja Katedral Makassar
News20 April 2021 20:12
Mensos Santuni Korban Bom Gereja Katedral Makassar
Dalam keterangannya, Risma menyebut, jika kondisi tiga korban mulai membaik. Hanya saja masih membutuhkan perawatan lanjutan....
6 Imigran di Makassar Diamankan Provokasi Larangan Berkendara
News20 April 2021 19:41
6 Imigran di Makassar Diamankan Provokasi Larangan Berkendara
Peran keenam Imigran tersebut sebagai provokator. Berupaya menghalang-halangi petugas saat hendak mengamankan motor di Wisma KPI....