Logo Lintasterkini

Hari Jari Ke-763 Soppeng, Pj Gubernur Sulsel Serahkan Bantuan dan Resmikan Sejumlah Proyek

Redaksi
Redaksi

Rabu, 24 April 2024 08:05

Pj Gubernur Sulsel, Bahtiar Baharuddin (tengah), menghadiri peringatan hari jadi ke-763 Kabupaten Soppeng, Selasa (23/4/2024).
Pj Gubernur Sulsel, Bahtiar Baharuddin (tengah), menghadiri peringatan hari jadi ke-763 Kabupaten Soppeng, Selasa (23/4/2024).

SOPPENG – Pj Gubernur Sulsel, Bahtiar Baharuddin, menghadiri peringatan hari jadi ke-763 Kabupaten Soppeng, Selasa (23/4/2024). Dalam kesempatan itu, dia menyerahkan bantuan, penghargaan dan meresmikan berbagai proyek pembangunan di Stadion H.A. Wana.

Adapun bantuan yang diserahkan pada hari jadi Soppeng, di antaranya CSR renovasi Gerbang Beringin, penyerahan sertifikat kekayaan intelektual komunal, dan penyerahan sertifikat hak pakai instansi sebanyak 357 sertifikat. Hal ini mendapat apresiasi penghargaan dari KPK sebagai penerbitan sertifikat terbanyak untuk wilayah Sulawesi, Kaltim, dan Kaltara.

Selain itu, penandatanganan prasasti dan proyek tahun 2024, peningkatan jaringan irigasi D.I. Lajaroko, penataan KWA Lejja Tahap II, pembangunan Puskesmas Baringeng, Preservasi Jalan Long Segment (ruas Pancie-Transmigrasi), pembangunan anjungan Gasis (Anjungan I Mangkawani), dan pembangunan Jembatan Lampae.

Dalam sambutannya, Bahtiar menekankan pentingnya memanfaatkan nilai-nilai historis dan budaya Soppeng sebagai pondasi untuk memajukan ekonomi lokal.

Dia menilai, selama ini Soppeng telah seoptimal mungkin dengan berbagai cara tetap bisa tumbuh dan berkembang sebagai daerah yang maju dan makmur di Sulsel, termasuk saat pandemi Covid-19.

Bahtiar juga mengapresiasi ketahanan dalam menghadapi berbagai tantangan dan kemajuan Soppeng, meski tidak memiliki pertambangan. Namun, pertumbuhannya lebih baik dan masyarakat bahagia.

“Ini yang harus dipelajari. Rupanya daerah maju itu tidak harus punya tambang,” ungkapnya.

Bahtiar juga mengungkapkan walaupun dirinya telah membagikan benih ikan nila secara gratis, tetapi ini telah lebih dulu dilakukan Bupati Soppeng, Kaswadi Razak. “Ternyata ini sudah lama dilakukan oleh Bupati Soppeng, di mana setiap orang Soppeng boleh mendapat benih ikan secara gratis,” ujarnya.

Dirjen Politik dan Pemerintahan Umum Kemendagri ini juga mengapresiasi Soppeng yang mengembangkan berbagai macam jenis tanaman hortikultura, seperti cabai tampaning yang memiliki banyak buah dengan umur pohon dua kali lipat dari cabai biasa.

“Kenapa hortikultura? Karena memiliki nilai ekonomi yang tinggi,” ungkapnya.

Dia juga meminta masyarakat memanfaatkan KUR yang ada dan memanfaatkan alamnya dengan baik. Dia kemudian memberikan 50.000 bibit untuk warga Soppeng, berupa nangka dan sukun.

“Soppeng salah satu contoh terbaik di Sulsel, tugas saya sebagai gubernur memberikan dukungan,” katanya.

Dia menekankan membangun daerah harus berbasis kekuatan kita sendiri, yakni pertanian, peternakan, dan perikanan. “Saya akan bersama Pemda Kabupaten Soppeng dan rakyat Soppeng membangun daerah ini,” imbuhnya.

 Komentar

 Terbaru

News29 Mei 2024 16:47
Aston Makassar Gelar Kunjungan Sosial ke Rumah Harapan Indonesia di Makassar
MAKASSAR – Kali ini Aston Makassar berkesempatan berkunjung ke Rumah Harapan Indonesia di Makassar dalam rangka kegiatan sosial menyambut hari ulang...
Pemerintahan29 Mei 2024 16:11
Ombudsman RI Pantau Pelaksanaan Pemberian Perlindungan Sosial Bagi Pekerja Informal di Gowa
GOWA – Wakil Bupati Gowa, Abdul Rauf Malaganni didampingi Pj Sekretaris Daerah Kabupaten Gowa, Abdul Karim Dania menerima kunjungan Tim Kajian S...
News29 Mei 2024 13:01
Perumda Parkir Makassar Edukasi Jukir agar Sopan Melayani di Wilayah Wajo
MAKASSAR — Koordinator Kecamatan Wajo, Perumda Parkir Makassar, Muh Hamzah turun langsung mengedukasi Jukir Toko 16 di Jalan Tentara Pelajar dan...
News29 Mei 2024 12:44
Pengemudi Bajaj Komersil Wajib Miliki SIM A, Ini Penjelasan Ditlantas Polda Sulsel
MAKASSAR – Keberadaan transportasi jenis Bajaj mulai diminati sejumlah masyarakat di Kota Makassar. Untuk pengemudi, diwajibkan  memiliki Surat Izi...