Logo Lintasterkini

Selvi Ahmad Firdaus Ditahan Polda Sulsel, Fotonya Pakai Baju Tahanan Beredar

Herwin Bahar
Herwin Bahar

Senin, 24 Oktober 2022 12:51

Selvi Ahmad Firdaus memakai baju tahanan Polda Sulsel . (ist)
Selvi Ahmad Firdaus memakai baju tahanan Polda Sulsel . (ist)

MAKASSAR – Selvi Ahmad Firdaus, akhirnya ditahan pihak Polda Sulsel setelah sebelumnya dijadikan tersangka kasus penipuan. Sebelumnya foto tersangka terpampang jelas di billboard salah satu ruas jalan di Makassar, Sulsel.

Selvi ditahan usai menjalani pemeriksaan perdana sebagai tersangka pada Jumat pekan lalu. Dirkrimsus Polda Sulsel Kombes Helmi Kwarta membenarkan penahanan tersangka, Minggu (23/10/2022).

Disebutkan, Kombes Helmi, Selvi awalnya sudah ditetapkan sebagai tersangka kasus dugaan penipuan pada Rabu (19/10/2022) lalu. Hemi mengatakan, Selvi dijerat UU ITE karena tindak pidana dan penipuan yang dilakukan tersangka menggunakan media sosial sebagai perantara utama.

“Pasal yang disangkakan ini, selain konteks yang pidana yang berkaitan dengan UU ITE, tentu berkaitan dengan konteks penggelapan hak orang tapi yang dalam ruang penggelapan ITE,” ujarnya.

Selvi menjalani pemeriksaan perdana sebagai tersangka pada Jumat (21/10/2022). Pemeriksaan tersangka untuk memperdalam materi dugaan penipuan yang dilakukan dengan modus mengajak dan mengiming-imingi trip perjalanan murah ke luar negeri melalui media sosial.

Saat ini, sambung Helmi, Selvi ditahan dan mendekam di Rutan Mapolda Sulsel. Polisi juga merilis foto tersangka Selvi.

Di dalam foto itu, tampak tersangka Selvi mengenakan baju tahanan oranye. Tersangka juga mengenakan jilbab berwarna ungu muda.

Selanjutnya tampak pula tersangka Selvi memakai masker biru yang digantung di dadanya. Namun foto Selvi memiliki coretan hitam pada area mata tersangka.

Untuk diketahui, kasus ini bermula saat foto Selvi Ahmad Firdaus terpampang di billboard berukuran besar di Jalan Sultan Alauddin, Makassar. Keberadaan iklan billboard ini sontak menyita perhatian pengguna jalan hingga viral di media sosial.

Papan iklan itu juga dilengkapi dengan tulisan ‘Tolong kembalikan uang kami…!!’.

Selain itu, ada juga tulisan curhatan para korban. Mereka mengaku sebagai korban yang tersakiti karena dugaan kasus penipuan yang dilakukan oleh Selvi.

“Dari para korban travel yang kau sakiti..!!” demikian tulisan di iklan billboard tersebut.

Salah satu pelapor di kasus penipuan ini, Magfirah Fahruddin mengaku bahwa Selvi atau terlapor telah membawa kabur dana Rp 3,3 miliar. Dia menjelaskan jumlah tersebut merupakan data terakhir dari seluruh korban yang ada.

“Kalau kemarin terakhir (total kerugian) Rp 3,3 miliar,” ujar Magfirah kepada detikSulsel, Sabtu (24/9/2022). (*)

 Komentar

 Terbaru

Hukum & Kriminal27 November 2022 19:46
‘Angin Segar’, Kejari Pinrang Wacanakan Restoratif Justice Untuk Kasus Narkoba
PiNRANG — Peningkatan signifikan kasus narkoba di Kabupaten Pinrang ternyata menjadi perhatian serius dari institusi Kejaksaan Negeri (Kejari) P...
News27 November 2022 15:54
Polres Palopo Bubarkan Aksi Balap Liar yang Kerap Meresahkan
PALOPO –Timsus Presisi Polres Palopo lakukan Penyisiran dan pembubaran aksi Balapan Liar sejumlah pemuda dibeberapa titik yang kerap dijadikan arena...
News27 November 2022 10:05
SMA Katolik Cenderawasih Gelar Festival Kearifan Lokal
MAKASSAR – SMA Katolik Cenderawasih menggelar “Festival Kearifan Lokal” sebagai Proyek Penguatan Profil Pelajar Pancasila Berbasis N...
News27 November 2022 10:03
Spectacular November bersama Hyundai Stargazer
MAKASSAR – Hyundai Gowa menggelar Showroom Event dengan tajuk Spectacular November Bersama Hyundai Stargazer pada hari Sabtu 26 November 2022 ...