Logo Lintasterkini

Ini Klarifikasi Pemprov Soal Insiden Pengusiran Wartawan di Rujab Gubernur Sulsel

Budi S
Budi S

Kamis, 25 Februari 2021 21:13

Suasana di Rujab Gubernur Sulsel
Suasana di Rujab Gubernur Sulsel

MAKASSAR – Pemerintah Provinsi (Pemprov) Sulsel akhirnya angkat bicara pascainsiden pengusiran wartawan di Rujab Gubernur Sulsel, Kamis pagi (25/02/2021).

Gubernur Sulsel melalui juru bicaranya, Veronica Moniaga memberi klarifikasi sekaligus permohonan maaf atas insiden tersebut.

Menurut Veronica, saat gladi resik pelantikan kepala daerah berlangsung, tidak ada instruksi khusus melarang wartawan untuk meliput.

“Kami meminta maaf atas perlakuan petugas di lapangan yang menggunakan bahasa komunikasi kurang bagus,” kata dia yang akrab disapa Vero melalui keterangannya.

Hanya saja lanjutnya, jelang pelantikan kepala daerah, memang protokol kesehatan (prokes) covid-19 sudah diperketat di Rujab Gubernur Sulsel. Yang nantinya akan menjadi lokasi pelantikan, Jumat besok (26/02/2021).

Senada yang disampaikan Kepala Diskominfo Sulsel, Amson Padolo. Dia menyampaikan permohonan maafnya atas insiden yang dialami fotografer Harian Fajar, Tawakkal.

Amson tegas menyebut, Pemprov Sulsel tidak pernah melarang media untuk meliput setiap kegiatan. Termasuk agenda gladi resik tersebut.

Namun kata dia, Kemendagri telah memerintahkan agar tidak terjadi kerumuman di acara pelantikan.

“Di masa pandemi ini, pelantikan wajib menerapkan prokes yang ketat. Malah Kemendagri minta secara virtual. Untuk itu, kami minta maaf atas insiden seperti tadi dan menjadi koreksi bagi kami,” tutur Amson.

Dia lalu bilang, pihaknya tetap mengakomodir media melakukan liputan saat pelantikan. Dengan menyiapkan satu ruangan khusus dilengkapi fasilitas layar sebagai tempat menyaksikan acara pelantikan.

“Wawancara langsung setelah selesai acara. Cuma mungkin untuk masuk ke dalam ruangan pelantikan langsung kami masih menunggu petunjuk dari tim Kemendagri yang akan meninjau langsung,” tutupnya. (*)

 Komentar

 Terbaru

Kadishub Barru Dipolisikan Stafnya, Dugaan Pencabulan
Hukum & Kriminal20 April 2021 21:22
Kadishub Barru Dipolisikan Stafnya, Dugaan Pencabulan
Kapolres Barru, AKBP Gregorius Liliek Tribhawoni Iryanto membenarkan perihal laporan itu....
Sinyal Pergantian Seluruh Direksi Perusda di Makassar Menguat
Pemerintahan20 April 2021 20:44
Sinyal Pergantian Seluruh Direksi Perusda di Makassar Menguat
Konstribusi perusda masih rendah terhadap Pendapatan Asli Daerah (PAD). Sehingga perlu penyegaran. Diawali dengan tahap evaluasi kinerja seluruh direk...
Mensos Santuni Korban Bom Gereja Katedral Makassar
News20 April 2021 20:12
Mensos Santuni Korban Bom Gereja Katedral Makassar
Dalam keterangannya, Risma menyebut, jika kondisi tiga korban mulai membaik. Hanya saja masih membutuhkan perawatan lanjutan....
6 Imigran di Makassar Diamankan Provokasi Larangan Berkendara
News20 April 2021 19:41
6 Imigran di Makassar Diamankan Provokasi Larangan Berkendara
Peran keenam Imigran tersebut sebagai provokator. Berupaya menghalang-halangi petugas saat hendak mengamankan motor di Wisma KPI....