Logo Lintasterkini

Layanan Ganti Nopol Lima Tahunan di Samsat Belum Berjalan, Join Sulsel Bilang Begini

Herwin Bahar
Herwin Bahar

Kamis, 25 Maret 2021 09:13

Sejumlah plat nomor kendaraan yang dicetak di Samsat Makassar
Sejumlah plat nomor kendaraan yang dicetak di Samsat Makassar

MAKASSAR – Komitmen untuk melakukan progres terhadap penerapan layanan ganti nomor polisi (nopol) STNK lima tahunan di Samsat Makassar raya yang meliputi Makassar, Gowa dan Maros hingga kini tak kunjung terealisasi.

Hal ini membuktikan jika pihak Ditlantas Polda Sulsel dianggap kurang serius merealisasikannya. Hal itu diungkapkan Ketua Jaringan Oposisi Indonesia (JOIN) Sulsel, Ancu dalam releasenya yang diterima Lintasterkini.com, Kamis (25/3/2021) pagi.

Dalam release tersebut diungkapkan pula bahwa pihak Bapenda Sulsel telah menyediakan sarana komputerisasi sejak berbulan-bulan yang lalu. Namun hingga kini, belum ada realisasinya.

“Untuk itu Join Sulsel meminta pihak Bapenda untuk menarik kembali delapan unit komputer tersebut jika pihak ditlantas tak menjalankannya,” ujar Ancu Join.

Untuk diketahui, keluhan terhadap penerapan layanan ganti nopol STNK lima tahunan disampaikan wajib pajak dan pihak dealer beberapa waktu lalu. Pasalnya, pergantian nopol lima tahun ini dilakukan di kantor Ditlantas Polda Sulsel yang berada di Jalan AP Pettarani.

Hal ini membuat sebagian wajib pajak mengeluh lantaran harus bolak balik dari kantor Ditlantas Sulsel ke kantor Samsat. “Selain membutuhkan waktu, tentunya juga membutuhkan tenaga karena harus bolak-balik dari satu tempat ke tempat yang lain. Sehingga pelayanan tidak prima lagi,” Kata Jumaira, salah seorang wajib pajak beberapa waktu lalu.

Sementara itu, Direktur Lalu Lintas Polda Sulsel, Kombes Pol Frans Sentoe di beberapa kesempatan mengaku sudah menyiapkan rancangan untuk penerapan ganti nopol STNK lima tahunan di Samsat Makassar. Hal itu disampaikan pula saat menerima beberapa perwakilan pengunjukrasa yang meminta adanya pelayanan prima terhadap pergantian nopol lima tahunan beberapa waktu lalu.

“Tentunya aspirasi masyarakat ini kita akan tindak lanjuti dan berkoordinasi dengan pihak Bapenda Sulsel,” terangnya bebrapa waktu lalu. (*)

 Komentar

 Terbaru

News23 Oktober 2024 22:03
Pelayanan SIM di Makassar Semakin Baik, Kapolrestabes: Cepat dan Tidak Ribet
Pelayanan pembuatan dan perpanjangan Surat Izin Mengemudi (SIM) di Kota Makassar semakin mendapatkan apresiasi dari masyarakat. Hal ini tak lepas dari...
Peristiwa23 Oktober 2024 20:42
Lansia Meregang Nyawa Usai Kecelakaan di Jalan Talasalapang
Sebuah kecelakaan tragis menimpa seorang lansia terjadi di wilayah Polrestabes Makassar pada Rabu (23/10/2024). Kecelakaan yang melibatkan sepeda moto...
Hukum & Kriminal23 Oktober 2024 20:26
Pelaku Penganiayaan Tukang Parkir di Makassar Ditangkap di Enrekang
Seorang pelaku penganiayaan terhadap tukang parkir di Jalan Pendidikan, Makassar, berhasil ditangkap oleh pihak kepolisian di Kabupaten Enrekang pada ...
Nasional23 Oktober 2024 20:04
Peringatan Pertama Sekkab Mayor Teddy kepada Para Menteri Melalui Grup WhatsApp
Belum cukup seminggu menjabat sebagai Sekretaris Kabinet (Sekkab), Mayor Teddy Indra Wijaya telah mengambil langkah berani dengan memberikan peringata...