Logo Lintasterkini

Masyarakat Jangan Berspekulasi Tentang Penyebab Musibah di Mina

Muh Syukri
Muh Syukri

Jumat, 25 September 2015 14:46

Tragedi di Mina Arab Saudi. (Kabarmakkah.com)
Tragedi di Mina Arab Saudi. (Kabarmakkah.com)

JAKARTA — Direktur Perlindungan WNI Kementerian Luar Negeri RI Lalu Muhammad Iqbal meminta masyarakat tidak berspekulasi soal penyebab musibah yang terjadi di Mina, Arab Saudi, Kamis (24/9/2015). Ia meminta agar masyarakat menunggu hasil penyelidikan resmi Pemerintah Arab Saudi.

“Sebaiknya kita tidak berspekulasi mengenai penyebab kejadian. Berikan kesempatan kepada Pemerintah Saudi untuk menuntaskan investigasi yang mereka lakukan, sambil memberi fokus pemberian penanganan terbaik kepada korban,” kata Iqbal melalui pesan singkat, Jumat (25/9/2015).

Saat ini Pemerintah Arab Saudi tengah membentuk tim investigasi khusus untuk mengetahui penyebab pasti kejadian tersebut. Nantinya, hasil investigasi akan dilaporkan kepada Raja Salman.

Sebelumnya beredar banyak informasi soal penyebab peristiwa tersebut ataupun perihal korban. Tidak jelas sumber info tersebut.

Sementara itu, Pemerintah Arab Saudi merilis jumlah korban tewas tercatat mencapai 717 orang. Sementara korban luka akibat peristiwa ini mencapai 863 orang. (Baca: Korban Tewas dalam Musibah di Mina Kini Capai 717 Orang)

Proses identifikasi nama dan kewarganegaraan korban, baik yang tewas maupun yang luka-luka saat ini sedang berlangsung. Rencananya, identitas korban akan disampaikan secara resmi setelah selesai seluruh proses identifikasi.

Pihak KBRI masih terus berkoordinasi dengan Panitia Penyelenggara Ibadah Haji (PPIH) dan otoritas terkait Arab Saudi untuk mengetahui kemungkinan bertambahnya jumlah WNI yang menjadi korban.

Data terakhir menyebutkan, ada tiga WNI yang menjadi korban tewas dan satu orang yang kondisinya masih kritis hingga saat ini. (kompas)

 Komentar

 Terbaru

Hukum & Kriminal29 Juli 2021 16:01
Saksi Sebut NA Tak Terlibat di Bantuan Dana CSR Masjid
"Selesai peletakan batu pertama, Saya makan siang bersama. Pak Petrus sampaikan bahwa dia sumbangkan Rp100 juta untuk masjid, Saya spontan bilang saya...
News29 Juli 2021 13:54
Gerakan Peduli PKL, Ditlantas Polda Sulsel Borong Dagangan dengan Harga 10 Kali Lipat
Aksi kepedulian ini di motori Kasubdit Regident Ditlantas Polda Sulsel AKBP M Yusuf Usman setelah mendapat instruksi langsung dari Dirlantas Polda Sul...
News29 Juli 2021 11:28
Mantap! Rahmat Erwin Abdullah Lifter Asal Makassar Ukir Rekor di Olimpiade Tokyo 2020
TOKYO– Lifter Indonesia asal Makassar, Rahmat Erwin Abdullah menorehkan pencapaian yang membanggakan, ia berhasil mengukir rekor di Olimpiade To...
News28 Juli 2021 23:39
Fadel Muhammad Tauphan Mantapkan Niat Jadi Ketua HIPMI Makassar
"Jabatan ketua bukanlah satu-satunya alasan saya maju di bursa pemilihan ini. Akan tetapi, ini jalan kami untuk berjuang menuangkan ide dan gagasan ka...