Logo Lintasterkini

Cegah Penularan Covid-19, Jemaat Ibadah Misa Natal Dibatasi

Abdul Gaffar Mattola
Abdul Gaffar Mattola

Jumat, 25 Desember 2020 16:46

Ibadah Natal tahun 2020 dengan menerapkan protokol kesehatan.
Ibadah Natal tahun 2020 dengan menerapkan protokol kesehatan.

MAKASSAR — Pengurus Gereja Katedral Makassar membatasi jemaat yang akan melaksanakan ibadah Misa Natal. Pembatasan jemaat ini dilakukan mengingat kondisi pandemi COVID-19 dan aturan protokol kesehatan guna menekan penularan virus tersebut.

Pastor Paroki Gereja Katedral Makassar, Romo Wilhelmus Tulak, Kamis (24/12/2020) mengatakan, saat sebelum masa pandemi, biasanya ibadah misa malam itu dihadiri sampai tiga ribuan orang yang datang beribadah. Namun karena saat ini situasipandemi, maka jemaat dibatasi sampai 500 orang per misa per ibadah.

Selain Misa tatap muka, pihak gereja juga membuka sesi online sebanyak lima sesi. Bagi jemaat yang tidak sempat, bisa melaluivideo virtual.

“Ini dilakukan agar pelaksanaan ibadah bisa berjalan aman dan lancar. Jadi, ada tujuh Misa tatap muka dan lima Misa secara online,” ujarnya.

Wilhelmus mengemukakan, perayaan Natal tahun ini sangat berbeda dari tahun lalu. Biasanya diramaikan oleh paduan suara serta parodi, namun semua ditiadakan karena dianggap rawan penularan penyebaran virus.

Mengenai harapan Natal tahun ini, kata dia, semoga umat dikuatkan dalam iman. Karena tidak ada memberikan kekuatan pada situasi pandemi ini kecuali iman.

“Tema Natal tahun ini, Tuhan bersama kita. Dalam situasi pandemi, kita mengajak umat tetap berserah diri bahwa penyertaan Tuhan selalu bersama dengan kita,” kata Pastor Romo Wilhelmus Tulak. (*)

 Komentar

 Terbaru

Pemerintahan28 Oktober 2024 17:28
Bupati Gowa Ajak Pemuda Ikut Sukseskan Pilkada 2024
GOWA – Bupati Gowa, Adnan Purichta Ichsan mengajak para pemuda ikut berkontribusi dalam mensukseskan Pilkada 2024, khususnya dalam meningkatkan ...
News28 Oktober 2024 17:13
Dukung Keberlanjutan Lingkungan, Pelindo Regional 4 Tanam Bunga Bougenville
MAKASSAR – PT Pelabuhan Indonesia (Persero) Regional 4 bersama Persatuan Istri Pegawai (PIP) Pelindo Regional 4 turut serta dalam program penanaman ...
Ekonomi & Bisnis28 Oktober 2024 16:47
Kursus Barista Kota Makassar, Sukses Diselenggarakan Verso dan Four Points by Sheraton Makassar
MAKASSAR – Kegiatan Kursus Barista Kota Makassar Batch 24 sukses dilaksanakan oleh Verso Barista Academy (VBA), 24-27 Oktober 2024 di Four Point...
Ekonomi & Bisnis28 Oktober 2024 16:34
Dalton Makassar Tawarkan Promo Spesial Early Bird Back to School untuk Malam Tahun Baru 2025
MAKASSAR – Menyambut perayaan malam pergantian tahun 2025, Dalton Makassar menghadirkan promo spesial bertajuk Early Bird Back to School. Promo ...