Logo Lintasterkini

Begini Strategi Integratif Memperkuat Kedisiplinan di SMA Islam Athirah 1 Makassar

Fakra
Fakra

Jumat, 26 April 2024 23:41

SMA Islam Athirah 1 Makassar mengambil langkah serius dalam meningkatkan kedisiplinan peserta didik melalui peran strategis para guru dan keterlibatan aktif orang tua.(Foto:Athirah)
SMA Islam Athirah 1 Makassar mengambil langkah serius dalam meningkatkan kedisiplinan peserta didik melalui peran strategis para guru dan keterlibatan aktif orang tua.(Foto:Athirah)

MAKASSAR – SMA Islam Athirah 1 Makassar mengambil langkah serius dalam meningkatkan kedisiplinan peserta didik melalui peran strategis para guru dan keterlibatan aktif orang tua.

Dalam rangka menciptakan lingkungan belajar yang kondusif dan aman, sekolah ini menitikberatkan pada pendidikan karakter islami dan disiplin sebagai fondasi penting dalam pengembangan akademik dan sosial peserta didik.

Guru di SMA Islam Athirah 1 tidak hanya berperan sebagai pendidik, tetapi juga sebagai pemimpin dalam menjaga ketertiban. Mereka menjadi contoh yang baik dengan menunjukkan perilaku yang menghormati aturan.

Selain itu, para guru bertugas sebagai mediator dan komunikator yang efektif, menghubungkan sekolah dengan orang tua peserta didik untuk menciptakan kerjasama yang harmonis dalam mendukung proses pembelajaran.

Kepala SMA Islam Athirah 1 Makassar, Tawakkal Kahar, S.Pd., M.Pd. mengungkapkan, bahwa sekolah terus mengadakan pelatihan untuk meningkatkan kompetensi guru dalam membentuk kedisiplinan peserta didik.

“Peran guru sangat krusial dalam membentuk kedisiplinan peserta didik. Kami berupaya memberikan pelatihan secara rutin kepada para guru mengenai teknik coaching, conseling, dan disiplin positif, termasuk pendekatan untuk mendukung kesehatan mental remaja,” ucap Tawakkal.

Untuk mendukung guru dalam menjalankan perannya, SMA Islam Athirah 1 Makassar menyelenggarakan berbagai pelatihan profesional. Sekolah ini juga menerapkan kebijakan disiplin yang jelas dan konsisten, serta menyediakan sumber daya yang memadai untuk memastikan bahwa setiap peserta didik mendapatkan perhatian yang mereka butuhkan.

Tawakkal Kahar, S.Pd., M.Pd. menambahkan, bahwa dalam usaha meningkatkan kesadaran dan kedisiplinan di kalangan peserta didik, SMA Islam Athirah 1 Makassar melaksanakan berbagai program yang efektif. Mulai dari pembinaan rutin perwalian setiap hari, hingga apresiasi terhadap peserta didik yang konsisten menjalankan tata tertib.

“Kegiatan seperti sapa pagi oleh pengurus OSIS dan MPK sangat membantu dalam membangun suasana yang positif sejak awal hari,” tambah Tawakkal.

Ekstrakurikuler dan keterlibatan orang tua juga tidak luput dari perhatian. Sekolah ini menyelenggarakan berbagai kegiatan yang tidak hanya meningkatkan kerjasama antara sekolah dan rumah, tetapi juga memfasilitasi pengembangan keterampilan sosial dan kepemimpinan peserta didik.

Menghadapi tantangan dalam menjaga ketertiban tidaklah mudah, namun SMA Islam Athirah 1 Makassar berkomitmen untuk menerapkan pendekatan yang komprehensif dan penuh empati.

Dengan dukungan penuh dari semua pihak, SMA Islam Athirah 1 Makassar berharap dapat terus menciptakan lingkungan yang mendukung bagi setiap peserta didik untuk tumbuh menjadi individu yang disiplin dan bertanggung jawab.(***)

 Komentar

 Terbaru

Ekonomi & Bisnis15 Juli 2024 18:40
Ekspansi ke IKN, Kalla Beton Turut Berkontribusi Dalam Pembangunan Infrastruktur
PENAJAM – Kalla Beton terus melakukan ekspansi bisnis di berbagai wilayah. Selain di wilayah Sulawesi, kini perusahaan manufaktur milik KALLA in...
Pemerintahan15 Juli 2024 17:21
Pembangunan Gedung Makassar Government Center Siap Dilanjutkan ke Tahap Kedua
MAKASSAR – Wali Kota Makassar Moh Ramdhan Pomanto mengatakan pembangunan gedung Makassar Government Center atau MGC siap dilanjutkan ke tahap ke...
Pemerintahan15 Juli 2024 13:52
Dorong Kreatifitas Program Kerja Remaja Masjid, Kesra Makassar Beri Pelatihan
MAKASSAR – Bagian Kesejahteraan Masyarakat (Kesra) Sekretariat Daerah Kota Makassar memberi pelatihan kepada 1.500 remaja masjid di Kota Makassa...
Pemerintahan15 Juli 2024 11:11
Sukses Terselenggara, Event Beautiful Malino 2024 Berhasil Tarik Minat Pengunjung
GOWA – Pelaksanaan Beautiful Malino 2024 yang digelar sejak tanggal 12-14 Juli 2024 berjalan lancar dan meriah. Kegiatan yang dipusatkan di Huta...