Logo Lintasterkini

Menang Adu Penalti, Polandia Lolos Perempatfinal Piala Eropa 2016

Muh Syukri
Muh Syukri

Minggu, 26 Juni 2016 00:33

Selebrasi pemain Polandian.
Selebrasi pemain Polandian.

LINTASTERKINI.COM – Timnas Polandia akhirnya berhasil mengamankan satu tiket ke babak perempatfinal Piala Eropa 2016 setelah mengandaskan perlawanan Swiss di Stade Geoffroy Guichard, Kamis (25/6/2016) malam.

Namun Polandia harus menunggu hingga adu penalti sebab hingga 2×15 menit extra time, skor masih 1-1.

Drama adu penalti pun dimenangkan Robert Lewandowski dan kawan-kawan dengan skor 5-4. Granit Xhaka yang bernomor punggung 10, menjadi satu-satunya pemain Swiss yang gagal mengeksekusi tendangan penalti.

 

Babak Pertama

Partai pertama fase 16 besar Piala Eropa 2016 mempertemukan runner-up Grup A Swiss kontra runner-up Grup C Polandia. Pertandingan yang mempertemukan dua tim dengan kekuatan nyaris seimbang ini menampilkan aksi saling jual beli serangan.

Polandia yang dimotori oleh penyerang Bayern Munich, Robert Lewandowski, terus menekan pertahanan Swiss. Menit 13 Lewandowski mendapat peluang pertamanya untuk menciptakan gol. Sayang tembakan spekulasinya masih jauh dari sasaran.

Tidak banyak peluang yang tercipta pada pertandingan malam ini. Aliran bola lebih banyak berkutat di lapangan tengah. Hingga memasuki menit 25, skor masih 0-0.

Kali ini giliran Adam Milik mendapat peluang emas di menit 31 setelah menerima umpan silang dari sisi kanan. Namun meski tanpa kawalan berarti, tendangannya masih belum menemui sasaran.

Perlahan tapi pasti Swiss mulai keluar dari tekanan yang diberikan Polandia. Bermulai dari skema sepak pojak di menit 35, Polandia akhirnya berhasil memecahkan kebuntuan di menit 39 melalui Blaszczykowski.

Berawal dari serangan balik cepat, Kamil Grosicki melihat pergerakan tanpa bola yang dilakukan Blaszczykowski. Kontan saja bola langsung diberikan kepada Blaszczykowski. Lalu tanpa kawalan berarti, pemain 30 tahun tersebut langsung melepaskan tembakan yang gagal diantisipasi kiper Swiss.

Unggul satu gol membuat Polandia berada di atas angin. Serangan demi serangan terus dilancarkan ke jantung pertahanan Swiss namun hingga pertandingan berakhir, skor masih tetap 1-0 untuk keunggulan Polandia.

Babak Kedua

Polandia masih terus menekan pertahanan Swiss untuk mengamankan satu tiket ke babak perempatfinal. Lagi-lagi Lewandowski yang mendapat peluang emas untuk menciptakan gol. Namun tembakannya di menit 49 masih mampu ditangkap sempurna oleh Sommer.

 

Tidak ingin memberikan kemenangan begitu saja, Swiss membalas. Dua menit berselang giliran Xherdan Shaqiri yang mengancam gawang Polandia. Beruntung penampilan apik Fabianski di bawah mistar mampu mengamankan gawangnya dari kebobolan.

 

Swiss terus menekan pertahanan Polandia untuk mengejar ketertinggalan. Swiss mendapat peluang emas di menit 72 melalui skema serangan balik. Ricardo Rodriguez yang maju sebagai algojo memutuskan mengarahkan bola langsung ke gawang Polandia. Lagi-lagi penampilan apik Fabianski mampu menyelamatkan gawangnya dari kebobolan.

Selang enam menit, armada Vladimir Petkovic nyaris menyamakan kedudukan. Haris Seferovic melepaskan tembakan keras dari dalam kotak penalti. Namun, Dewi Fortuna masih belum berpihak ke Swiss. Sepakan Seferovic masih membentur mistar gawang.

Swiss akhirnya mampu menyamakan kedudukan di menit 82 melalui Xherdan Shaqiri. Berawal dari kemelut yang terjadi di depan gawang Fabianski, bola melambung di atas kepada Shaqiri. Tanpa pikir panjang, ia langsung melepaskan tendangan salto yang menghujam jala gawang Polandia dan gol.

Hingga wasit mengakhiri babak kedua, skor tetap bertahan dengan skor 1-1. Swiss kontra Polandia pun dilanjutkan ke babak tambahan. Namun, perpanjangan babak tak merubah skor 1-1, hingga berujung drama adu penalti yang dimenangkan Polandia.(*)

 Komentar

 Terbaru

News17 Mei 2024 13:53
Kalla Future Leaders Kembali Hadir, Tantang Mahasiswa dan Fresh Graduate Pecahkan Business Case Berhadiah Puluhan Juta Rupiah
MAKASSAR – Kalla Future Leaders (KFL) kembali hadir untuk menguji business case skill dari mahasiswa dan fresh graduate. Seluruh tahapannya berj...
Pemerintahan17 Mei 2024 12:02
TP PKK Kota Makassar Raih Juara Tiga Padus Tingkat Nasional di HKG PKK ke-52 Solo
SOLO – TP PKK Kota Makassar berhasil meraih juara di Lomba Paduan Suara (Padus) tingkat nasional pada Jambore Hari Kesatuan Gerak (HKG) PKK yang...
News17 Mei 2024 10:46
Kapolres Sidrap dan Forkopimda Melakukan Peletakan Batu Pertama Pembangunan Rehabilitasi Polsek Dua Pitue
SIDRAP – Kapolres Sidrap AKBP Erwin Syah, S.I.K.M.H didampingi oleh Ketua Bhayangkari Cabang Sidrap Ny Siska Erwin Syah, Waka Polres Kompol Ahma...
Ekonomi & Bisnis17 Mei 2024 10:13
Kalla Toyota Hadir di Career Experience Day Kalla
MAKASSAR – Kalla Toyota, salah satu dealer Toyota terbesar di Indonesia kembali membuka peluang karir bagi para mahasiswa dan fresh graduate melalui...