Logo Lintasterkini

Pj Gubernur Sulsel Serahkan Bantuan Peternakan Rp2 Miliar untuk RTM di Soppeng

Redaksi
Redaksi

Sabtu, 27 Januari 2024 09:10

(Foto: Pemprov Sulsel)
(Foto: Pemprov Sulsel)

SOPPENG – Penjabat (Pj) Gubernur Sulawesi Selatan (Sulsel), Bahtiar Baharuddin, menyerahkan bantuan ke Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Soppeng untuk peningkatan sektor peternakan.

Bantuan yang selanjutnya akan disalurkan ke masyarakat ini diserahkan di Desa Belo, Kecamatan Ganra, Jumat (26/1/2024). Bantuan tersebut untuk 100 Rumah Tangga Miskin (RTM) senilai Rp2 miliar. Terdiri atas 3.000 ayam kampung, 100 kandang ayam, disinfektan, obat-obatan dan vitamin 100 paket, serta pakan 100 paket.

Bantuan lainnya, Rp200 juta untuk Kelompok Tani Kampung Ternak, terdiri atas 5 ekor sapi Bali betina, 1 unit kandang, dan ⁠10.000 stek bibit rumput odot.

Adapun untuk mendukung pemberantasan penyakit hewan menular dan zoonosis juga diserahkan bantuan berupa coolbox vaksin 20 box, obat cacing 24 liter, multivitamin 150 saset, imbuhan pakan 200 kg, suplemen pakan 200 liter, dan diesinfektan 300 liter.

Pada kunjungan ini, Bahtiar juga meninjau kegiatan Inseminasi buatan (IB), yang telah menjadi salah satu metode efektif dalam meningkatkan produksi sektor peternakan. Metode IB ini telah diterapkan di Sulsel dan kini makin ditingkatkan secara masif.

“Melanjutkan program inseminasi buatan, yaitu kawin suntik pada sapi ini tujuannya untuk memperbaiki kualitas populasi kita,” kata Kepala Dinas Peternakan Kesehatan Hewan dan Perikanan (PKHP) Soppeng, Erman Asnawi.

Teknologi inseminasi buatan menggunakan semen atau sperma dari sapi jantan pilihan seperti Limosine dan Brahman Cross, yang disuntikkan ke sapi lokal. “Harapannya turunannya lebih baik. Ini pertumbuhan cepat dan harganya lebih mahal,” ujarnya.

 Komentar

 Terbaru

News04 Maret 2024 22:03
Pakai Baju dan Aksesoris Lebaran Agar Tak Berlebihan, Ini Tips Mix n Matc nya
Memadupadankan (mix n match) aksesori dengan baju Lebaran bisa membuat penampilan lebih cantik, namun di sisi lain juga bisa terlihat berlebihan. Untu...
News04 Maret 2024 20:25
Kuasa Hukum Eks Dirut PT SCI Mengadu ke DPRD Sulsel, Minta Gunakan Hak Angket
MAKASSAR – Polemik pemberhentian sejumlah Direksi PT Sulsel Citra Indonesia (Perseroda) Sulsel dan diganti dengan pelaksana tugas (Plt) terus be...
News04 Maret 2024 19:55
Pemkot Makassar Gandeng BPJS Ketenagakerjaan, Cover 35 Ribu Pekerja Rentan
MAKASSAR – Pemerintah Kota Makassar akan segera mewujudkan komitmennya untuk melindungi pekerja rentan di Kota Makassar. Dengan menggandeng BPJS...
News04 Maret 2024 19:15
HUT ke-78, Persit KCK Gelar Bakti Sosial Donor Darah
MAKASSAR – Pangdam XIV/Hasanuddin Mayjen TNI Bobby Rinal Makmun, S.I.P., didampingi Ketua Persit Kartika Chandra Kirana (KCK) PD XIV/Hasanuddin ...