Logo Lintasterkini

Mahasiswa Vokasi Kesehatan Asmat FK Unhas Praktikum Klinik di Makassar

Andi Nur Isman
Andi Nur Isman

Selasa, 27 April 2021 12:30

Mahasiswa Vokasi Kesehatan Asmat FK Unhas Praktikum Klinik di Makassar

MAKASSAR — Fakultas Kedokteran (FK) Universitas Hasanuddin (Unhas) melepas lebih dari 70 mahasiswa Program D-3 Vokasi Kesehatan Terpadu Kabupaten Asmat, Papua.

Mereka akan melakukan praktik klinik di beberapa wahana pendidikan di Rumah Sakit (RS) dan Puskesmas Kota Makassar, untuk meningkatkan kapasitasnya.

Dekan FK Unhas, Prof Budu menjelaskan mahasiswa akan disebar pada 15 titik wahana pendidikan. Di antaranya RSUD Kota Makassar, RSUD Haji, RSI Faisal, RSPTN Unhas, RS Bahagia, RSKD Dadi, Puskesmas Antang Perumnas, Puskesmas Tamalanrea, Puskesmas Tamalanrea Jaya, Puskesmas Batua, Puskesmas Bara-Baraya, Puskesmas Jongaya, dan Puskesmas Mamajang.

Budu menambahkan, praktik klinik bagi mahasiswa dimaksudkan untuk memenuhi persyaratan dalam fase pendidikan klinik sebagai bahan praktik belajar lapangan dan bagian dari pemenuhan SKS pendidikan di FK Unhas.

“Praktek klinik diikuti oleh mahasiswa tingkat akhir dan tingkat dua selama dua hingga tiga bulan ke depan. Kami berharap mereka bisa belajar dengan baik agar nantinya setelah selesai, memiliki pengalaman dalam melakukan tugasnya di pusat pelayanan kesehatan, terutama di daerah Asmat Papua tempat asal mereka,” jelasnya, kemarin.

Program D3 Vokasi Kesehatan Terpadu Kabupaten Asmat pada Fakultas Kedokteran Unhas merupakan salah satu bentuk kepedulian terhadap masalah kemanusian. Program spesifik ini didesain dengan menyesuaikan kebutuhan masyarakat, khususnya daerah Asmat.

Dengan adanya program ini, diharapkan dapat menghasilkan SDM unggul yang dapat membantu dalam peningkatan taraf indikator kesehatan daerah di Kabupaten Asmat, Provinsi Papua.(*)

 Komentar

 Terbaru

News17 Mei 2021 21:32
Jadwal Job Fit Pemkot Makassar Diundur, Gegara Asisten II-Kadis PTSP Status Plt
MAKASSAR — Pelaksanaan job fit atau uji kepatutan dan kelayakan jabatan pimpinan tinggi (JPT) Pemkot Makassar dipastikan diundur. Kemungkinan dilaku...
Hukum & Kriminal17 Mei 2021 21:07
Dua Selebgram Kini Laporkan Balik Korbannya ke Polsek Tamalate
Disebutkan, kedua selebgram itu melaporkan balik korbannya ke polisi karena mereka merasa juga sebagai korban. Soalnya, sambungnya, ada sejumlah bekas...
News17 Mei 2021 19:31
Bandel! Hari Pertama Masuk Kerja 651 Pegawai Pemkot Makassar Mangkir
MAKASSAR — Ratusan pegawai Pemkot Makassar masih menambah libur Lebaran. Di hari pertama masuk kerja, ada 651 pegawai yang tidak hadir alias mangki...
News17 Mei 2021 18:48
Langgar Jam Malam, 1.145 Barang Bukti Disita Satgas Raika Tiga Pekan Terakhir
MAKASSAR — Satuan Tugas (Satgas) Pengurai Kerumunan (Raika) terus menyisir tempat usaha yang melanggar. Hasilnya, sudah 1.145 barang bukti yang disi...