Logo Lintasterkini

Mahasiswa Vokasi Kesehatan Asmat FK Unhas Praktikum Klinik di Makassar

Andi
Andi

Selasa, 27 April 2021 12:30

Mahasiswa Vokasi Kesehatan Asmat FK Unhas Praktikum Klinik di Makassar

MAKASSAR — Fakultas Kedokteran (FK) Universitas Hasanuddin (Unhas) melepas lebih dari 70 mahasiswa Program D-3 Vokasi Kesehatan Terpadu Kabupaten Asmat, Papua.

Mereka akan melakukan praktik klinik di beberapa wahana pendidikan di Rumah Sakit (RS) dan Puskesmas Kota Makassar, untuk meningkatkan kapasitasnya.

Dekan FK Unhas, Prof Budu menjelaskan mahasiswa akan disebar pada 15 titik wahana pendidikan. Di antaranya RSUD Kota Makassar, RSUD Haji, RSI Faisal, RSPTN Unhas, RS Bahagia, RSKD Dadi, Puskesmas Antang Perumnas, Puskesmas Tamalanrea, Puskesmas Tamalanrea Jaya, Puskesmas Batua, Puskesmas Bara-Baraya, Puskesmas Jongaya, dan Puskesmas Mamajang.

Budu menambahkan, praktik klinik bagi mahasiswa dimaksudkan untuk memenuhi persyaratan dalam fase pendidikan klinik sebagai bahan praktik belajar lapangan dan bagian dari pemenuhan SKS pendidikan di FK Unhas.

“Praktek klinik diikuti oleh mahasiswa tingkat akhir dan tingkat dua selama dua hingga tiga bulan ke depan. Kami berharap mereka bisa belajar dengan baik agar nantinya setelah selesai, memiliki pengalaman dalam melakukan tugasnya di pusat pelayanan kesehatan, terutama di daerah Asmat Papua tempat asal mereka,” jelasnya, kemarin.

Program D3 Vokasi Kesehatan Terpadu Kabupaten Asmat pada Fakultas Kedokteran Unhas merupakan salah satu bentuk kepedulian terhadap masalah kemanusian. Program spesifik ini didesain dengan menyesuaikan kebutuhan masyarakat, khususnya daerah Asmat.

Dengan adanya program ini, diharapkan dapat menghasilkan SDM unggul yang dapat membantu dalam peningkatan taraf indikator kesehatan daerah di Kabupaten Asmat, Provinsi Papua.(*)

 Komentar

 Terbaru

News30 September 2022 15:09
Serangan Hoaks Makin Masif, AMSI Gelar Training Prebunking di Manado
MANADO – Serangan hoaks selalu masih setiap menjelang Pemilihan Umum, khusus Pemilihan Presiden atau Pilpres. Mengantisipasi serangan Hoaks yan...
Kuliner30 September 2022 13:22
Kuliner Baru di Makassar, Warung Ayam Krispy Lemmak
MAKASSAR – Banyak cara untuk menikmati suasana hati dengan senang, salah satunya, bisa mencoba kuliner baru. Kuliner ini biasa di temui, namun m...
News30 September 2022 09:36
Inovasi Terbaru, Program Menu Hemat On The Go Meals GoFood
MAKASSAR – Layanan pesan-antar makanan online terkemuka di Asia Tenggara GoFood kembali menghadirkan inovasi terbaru bagi pelanggan melalui prog...
News30 September 2022 08:58
Pemilik Travel yang Fotonya Dipasang di Billboard Lapor Polisi
MAKASSAR – Pemasangan baliho dengan foto pemilik travel atau perusahaan penyelenggara perjalanan tur yang dicari konsumen di Makassar berbuntut ...