Logo Lintasterkini

Aparat Polsek Makale Gelar Operasi Yustisi Penegakan Protokol Kesehatan

Abdul Gaffar Mattola
Abdul Gaffar Mattola

Jumat, 27 November 2020 21:15

Aparat Polsek Makale gelar operasi yustisi penegakan protokol kesehatan.
Aparat Polsek Makale gelar operasi yustisi penegakan protokol kesehatan.

MAKALE — Dalam rangka peningkatan dan pengetatan disiplin masyarakat terhadap penerapan protokol kesehatan, Polsek Makale, Polres Tana Toraja mengerahkan personil melaksanakan operasi yustisi, Rabu lalu, (25/11/2020).

Pelaksanaan operasi Yustisi kali ini dilaksanakan di Jl. Ichwan, Kelurahan Tondon Mamullu, tepatnya di sekitar area kompleks Pasar Seni, Makale yang merupakan lokasi dengan aktivitas masyarakat yang cukup tinggi.

Sebanyak 5 personil Polsek Makale yang dipimpin Wakapolsek Ipda Drs. C. Bandaso, Aipda Ridwan, Bripka Syaharuddin, Bripka Meyer dan Bripka Fatricius melakukan upaya dengan cara menghimbau, menegur dan langsung mengingatkan warga untuk bersikap tidak mengabaikan protokol kesehatan seperti penggunaan masker.

Aparat juga mengingatkan warga untuk disiplin menjaga jarak dan menghindari kerumunan. Hasilnya, 8 orang yang ditegur lantaran mengabaikan protokol kesehatan.

Kapolsek Makale, Polres Tana Toraja, AKP Yacob Parinding yang dikonfirmasi, Jumat (27/11/2020) membenarkan kegiatan yang dilaksanakan oleh jajarannya. Ia mengatakan operasi yustisi yang dilaksanakan bukan hanya satu titik lokasi, namun akan dilakukan di berbagai tempat.

Tujuan operasi yustisi agar dapat meningkatkan kesadaran masyarakat mematuhi protokol kesehatan, khususnya penggunaan masker dan kepatuhan menjaga jarak aman.

“Operasi yustisi tidak hanya dilakukan di satu lokasi, namun kami laksanakan di berbagai titik. Planya dengan cara stationer maupun mobile, bahkan kami akan tegur langsung warga yang kami temukan tidak bermasker maupun sedang berkerumun,” tegas Kapolsek Makale, AKP Yacob Parinding.

Terkait hal tersebut, Kabid Humas Polda Sulsel Kombes Pol Ibrahim Tompo, S.I.K, M.Si menjelaskan Operasi Yustisi yang digelar tersebut untuk menindaklanjuti instruksi Presiden RI Joko Widodo dalam rangka peningkatan disiplin dan penegakan hukum protokol kesehatan.

Selain itu operasi ini sebagai upaya untuk memutus mata rantai penyebaran Covid-19 yang saat ini masih masif di wilayah Polda Sulsel.

“Operasi akan dilakukan di sejumlah lokasi dan sasaran utama adalah klaster COVID-19, lokasi keramaian dan fasilitas umum,” kata Kabid Humas Polda Sulsel ini.

Kombes Pol Ibrahim Tompo mengajak seluruh warga masyarakat, khususnya di Sulsel dalam beraktivitas di luar rumah untuk selalu menerapkan disiplin protokol kesehatan.

“Mari kita biasakan menggunakan masker, mencuci tangan dan menjaga jarak. Sehingga dapat menekan dan mengendalikan penyebaran COVID-19,” pesan Ibrahim Tompo mengingatkan masyarakat Sulsel.

Ia menambahkan, Polda Sulsel dan jajaran akan melaksanakan sinergitas dengan Pemerintah daerah. Sinergitas yang dimaksudkan khususnya membantu, mendukung, mendampingi, mendorong dan sekaligus mengawasi dinas maupun instansi terkait dalam melaksanakan tugas dan kegiatan penertiban protokol kesehatan. (*)

Penulis : Maulana (Mul)

 Komentar

 Terbaru

Jamaah Masjid Nurut Tijarah Sinjai dan Komunitas Sepeda Bawa Bantuan ke Mamuju
News22 Januari 2021 03:21
Jamaah Masjid Nurut Tijarah Sinjai dan Komunitas Sepeda Bawa Bantuan ke Mamuju
"Bantuan yang kami antar langsung menuju Mamuju ini tidak lain sebagai bentuk kepedulian kami para jamaah Masjid Nurul Tijarah Sinjai terhadap saudara...
23 Januari, KPU Makassar Tetapkan Hasil Pilwali
News22 Januari 2021 02:31
23 Januari, KPU Makassar Tetapkan Hasil Pilwali
"Untuk lokasi penetapan masih tentatif mengingat kondisi saat ini masih di tengah pandemi Covid-19. Sementara untuk teknis undangan penetapan, semua p...
Satgas Covid-19 : Data Tidak Akurat, Kebijakan Tidak Efektif
Bersama Melawan Covid-1922 Januari 2021 01:51
Satgas Covid-19 : Data Tidak Akurat, Kebijakan Tidak Efektif
"Dengan data yang tidak realtime, maka kebijakan yang dikeluarkan, tidak tepat waktu, sehingga menjadi tidak efektif," kata Prof. Wiku Adisasmito....
Membanggakan, Biofarma Telah Memproduksi Vaksin Sinovac Sendiri
Bersama Melawan Covid-1922 Januari 2021 00:40
Membanggakan, Biofarma Telah Memproduksi Vaksin Sinovac Sendiri
"Saya dapat laporan bahwa ada 3 batch proses produksi kami, dalam 1 batch kira-kira ada satu juta dosis, sehingga saat ini telah selesai diproduksi da...