Logo Lintasterkini

Ini Dia 3 Tips Keliling Singapura Menggunakan Transportasi Umum

Muh Syukri
Muh Syukri

Minggu, 28 Januari 2018 14:54

Kota Singapura yang merupakan destinasi wisata yang selalu menarik untuk dikunjungi
Kota Singapura yang merupakan destinasi wisata yang selalu menarik untuk dikunjungi

SEOLAH tak ada habisnya, Singapura selalu menjadi negara tetangga yang wajib dikunjungi setiap tahunnya. Bagi kamu yang ingin lebih hemat saat ke sana, pilih saja Singapore Airlines. Maskapai penerbangan ini menawarkan banyak promo setiap bulan. Singapore Airlines juga dikenal sediakan fasilitas terbaik.

Agar tidak bosan, terutama bagi yang sudah beberapa kali ke sana, sekali-kali cobalah berkeliling Singapura dengan menggunakan transportasi umum. Transportasi umum di sana lengkap dan beda dengan di Indonesia. Lebih terawat. Sehingga, rasanya pasti nyaman dan menyenangkan.

Nah, berikut ini ada 3 tips yang perlu kamu perhatikan jika ingin mencoba menggunakan transportasi umum tersebut.

1. Jenis

Singapura menyediakan 3 jenis transportasi umum. Ada bus, taxi, dan MRT. Kamu harus mengenal baik-baik kelebihan dan kekurangan masing-masing jenis transportasi ini agar tidak bingung harus memilih atau menggunakan yang mana.

  • Bus

Transportasi ini merupakan yang paling murah untuk kamu pilih. Tapi, resikonya kamu harus sedikit bersabar karena bus di sana biasanya tiba di halte beberapa menit setelah bus sebelumnya berangkat. Bisa sampai 30 menit setelahnya.

Kalau kamu tidak diburu waktu, bus sebetulnya sangat direkomendasikan. Semua bus di sini sudah jelas rute-rutenya. Jadi, kamu tidak akan tersesat.

  • Taxi

Bagi yang punya budget sedikit lebih banyak, kamu mungkin bisa memilih taxi. Ongkos taksi di Singapore termasuk mahal karena negara ini menerapkan sistem tambahan atau surcharge.

Contohnya, jika kamu naik saat jam padat dan masuk distrik bisnis, naik dari airport, atau naik saat sudah tengah malam.

Memang sih lebih simpel karena tidak perlu menunggu lama. Tapi, harus dipertimbangkan juga biayanya.

  • MRT

Yang terakhir ini cocok untuk kamu yang malas berlama-lama menunggu. Selain cepat, naik MRT juga lebih aman dan nyaman. Setiap rute MRT ini sudah jelas. Sehingga, kamu tidak akan bingung sekalipun harus naik turun kereta lagi untuk menuju stasiun berikutnya.

2. Transport Pass

Selain jenis transportasinya, di Singapore juga ada transport pass. Transport pass merupakan alat pembayaran elektronik berupa kartu yang dapat kamu beli di counternya, seperti di airport, Orchard, Chinatown, City Hall, Raffles Place, Ang Mo Kio, Harbour Front, dan Bugis.

Transportasi ini terbatas waktu dan limit. Kalau habis waktu, kamu tinggal beli lagi saja. Sedangkan kalau limit-nya yang habis, kamu bisa top up.

Jenis-jensi transport pass tersebut antara lain:

  • Singapore Tourist Pass (STP)

Semua public transport di Singapore bisa kamu akses dengan kartu ini, unlimited. Baik itu bus, LRT, maupun MRT. Varian STP terdiri dari 3 pilihan kartu berdasarkan durasi masa berlakunya. Ada yang 1, 2, dan 3 hari.

STP memiliki syarat ketentuan khusus dimana pembayaran hanya berlaku hingga jam terakhir pelayanan public transport pada hari tersebut saja dan tidak berlaku untuk jenis layanan bus premium seperti Nite Owl Buses, Night Rider, dan The Fast Forward.

  • EZ Link

Kartu ini dapat digunakan untuk naik MRT dan bus. Harganya sekitar 12 dollar dengan saldo sebesar 7 dollar. Untuk top up, kamu harus mengisinya minimal 10 dollar.

  • Standar Ticket

Kalau malas beli transport pass karena tidak akan banyak naik transportasi umum tersebut, kamu bisa menggunakan tiket standar pada umumnya yang bisa kamu beli di mesin khusus saat akan berangkat menggunakan MRT tersebut.

3. Jangan Malu Bertanya

Sekiranya penunjuk rute yang disediakan masih tidak kamu pahami, maka jangan mau untuk bertanya. Asalkan tahu tujuan kamu kemana, pasti kamu tidak akan bingung saat menanyakannya.

Singapura adalah negara yang bersih dan indah. Berkeliling dengan transportasi umum bisa menjadi salah satu bagian dari wisata kota juga. Selain itu, kamu bisa sekalian berinteraksi dan melihat langsung aktivitas masyarakat asli sana ketika sedang dalam perjalanan.

Bagi kamu yang pengin segera menjelajah Singapura, pesan sekarang juga tiket Singapore Airline buat dapat harga terbaik. (*)

Penulis : Renaldi

 Komentar

 Terbaru

Ekonomi & Bisnis18 April 2024 17:56
Yuk Ikuti Fun Run PHRI Sulsel Berhadiah Umroh, Biaya Pendaftaran Rp175 Ribu
MAKASSAR – Perhimpunan Hotel Dan Restoran Indonesia (PHRI) Sulsel menggelar Fun Run sepanjang 5,5 kilo meter 2024. Fun Run 2024 PHRI ini berlang...
News18 April 2024 17:28
Astra Motor Sulsel Ajak Masyarakat Pahami Fungsi Marka Jalan Agar #Cari_Aman Selama Berkendara
MAKASSAR – Marka jalan yang merupakan rambu-rambu lalu lintas berupa garis melintang, membujur, dan menyerong, memiliki peran penting di jalur l...
Ekonomi & Bisnis18 April 2024 11:29
Kalla Toyota Luncurkan Emergency Support di Aplikasi Kallafriends, Dapat Diakses Dimana Saja
MAKASSAR – Untuk memberi kemudahan kepada pelanggan dalam kondisi darurat, Kalla Toyota luncurkan emergency support di aplikasi Kallafriends. Me...
Pendidikan18 April 2024 10:50
Ide Gagasan paling Rasional, Ivan Kalalembang Didukung Sejumlah Angkatan 
MAKASSAR – Calon Ketua IKA SMA Negeri 8 Makassar (Smandel) Ivan Kalalembang telah mendapatkan dukungan sejumlah angkatan. Dengan demikian dipast...