Logo Lintasterkini

OJK dan FKIJK Sulselbar Gelar Financial Expo BIK 2024

Fakra
Fakra

Senin, 28 Oktober 2024 12:43

Kantor OJK Provinsi Sulawesi Selatan dan Sulawesi Barat bersama Forum Komunikasi Industri Jasa Keuangan Sulawesi Selatan dan Sulawesi Barat (FKIJK Sulselbar) terus berupaya memperluas akses keuangan masyarakat dengan menggelar acara Financial Expo (FinExpo) Bulan Inklusi Keuangan (BIK) 2024.(Foto:OJK)
Kantor OJK Provinsi Sulawesi Selatan dan Sulawesi Barat bersama Forum Komunikasi Industri Jasa Keuangan Sulawesi Selatan dan Sulawesi Barat (FKIJK Sulselbar) terus berupaya memperluas akses keuangan masyarakat dengan menggelar acara Financial Expo (FinExpo) Bulan Inklusi Keuangan (BIK) 2024.(Foto:OJK)

MAKASSAR – Kantor OJK Provinsi Sulawesi Selatan dan Sulawesi Barat bersama Forum Komunikasi Industri Jasa Keuangan Sulawesi Selatan dan Sulawesi Barat (FKIJK Sulselbar) terus berupaya memperluas akses keuangan masyarakat dengan menggelar acara Financial Expo (FinExpo) Bulan Inklusi Keuangan (BIK) 2024.

Kegiatan yang mengusung tema Akses Keuangan Inklusif, Wujudkan Masyarakat Produktif tersebut dilaksanakan pada tanggal 25-26 Oktober 2024 di Anjungan Tugu Multilateral Naval Exercise Komodo (MNEK), Kawasan Center Point of Indonesia, Kota Makassar.

Kepala OJK Provinsi Sulawesi Selatan dan Sulawesi Barat Darwisman dalam sambutannya menyampaikan bahwa pemerataan akses keuangan merupakan fondasi bagi kesejahteraan masyarakat.

“Akses keuangan inklusif merupakan kunci untuk dapat mewujudkan masyarakat yang lebih produktif dan sejahtera. Dengan memperluas akses ke layanan keuangan bagi seluruh lapisan masyarakat, kita membuka peluang bagi setiap individu untuk mengelola keuangannya lebih baik, mendirikan usaha, dan meningkatkan taraf hidup mereka,” kata Darwisman.

Lebih lanjut Darwisman menambahkan hal tersebut sangat relevan dalam konteks perkembangan ekonomi digital di Indonesia, berbagai inovasi keuangan dapat membantu masyarakat yang belum terjangkau oleh layanan keuangan konvensional.

“Dengan memiliki akses terhadap sektor jasa keuangan, masyarakat memiliki kesempatan untuk dapat menggunakan produk dan atau layanan jasa keuangan secara lebih optimal dalam mendukung kegiatan usaha, investasi maupun proteksi aset/jiwa. Namun, dalam pemanfaatan akses keuangan juga perlu dibarengi dengan literasi keuangan,” kata Darwisman.

Kegiatan FinExpo BIK 2024 turut dihadiri oleh Pj. Sekretaris Daerah Provinsi Sulawesi Selatan Jufri Rahman, Kepala Perwakilan Bank Indonesia Sulawesi Selatan Rizki Ernadi Wimanda, Kepala Kantor Wilayah Direktorat Jenderal Perbendaharaan Provinsi Sulawesi Selatan Supendi, Kepala Kantor Wilayah III LPS Makassar Fuad Zaen, Pjs. Walikota Makassar Andi Arwin Azis, para kepala daerah di wilayah Sulawesi Selatan, pimpinan lembaga jasa keuangan, asosiasi, dan pelaku UMKM, serta masyarakat Kota Makassar dan sekitarnya.

Pj. Sekretaris Daerah Provinsi Sulawesi Selatan Jufri Rahman menyampaikan apresiasi atas penyelenggaraan kegiatan yang dinisiasi oleh OJK dan FKIJK ini.

“Diharapkan keberadaan Otoritas Jasa Keuangan (OJK) dalam penyelenggaraan Bulan Inklusi Keuangan seperti ini dapat memberi literasi dengan menggagas Bulan Inklusi Keuangan termasuk melalui ekspo keuangan,” kata Jufri.

Sementara itu, Pjs. Walikota Kota Makassar Andi Arwin Azis juga menyampaikan apresiasinya kepada OJK dan FKIJK Sulselbar atas terselenggaranya acara puncak BIK 2024 dengan sukses dan menyampaikan terima kasih atas kerja sama dan eksekusi yang cepat dari OJK.

“Kami mengapresiasi terselenggaranya FinExpo 2024 yang telah berhasil menjadi wadah inspiratif dalam memperkenalkan layanan keuangan kepada masyarakat luas,” kata Andi Arwin.

FinExpo ini bukan hanya menjadi ajang edukasi, tetapi juga menjadi ruang untuk menghubungkan masyarakat dengan lembaga keuangan secara langsung, memberikan pemahaman lebih dalam tentang manfaat dari produk-produk keuangan yang dapat meningkatkan kesejahteraan.

Melalui berbagai aktivitas yang melibatkan pelaku usaha lokal, UMKM, dan komunitas masyarakat, Festival Inklusi Keuangan juga mendorong perputaran ekonomi yang signifikan. FinExpo yang merupakan rangkaian dari kegiatan BIK 2024 ini adalah bukti nyata bahwa inklusi keuangan tidak hanya sekadar layanan, tetapi juga fondasi bagi ekonomi yang inklusif dan produktif.

Kegiatan BIK 2024 bertujuan memperluas jangkauan edukasi dan inklusi keuangan kepada berbagai lapisan masyarakat.

Kegiatan ini dimeriahkan dengan partisipasi 65 tenant pameran yang terdiri dari pameran produk dan layanan Industri Jasa Keuangan dan produk UMKM dengan total pengunjung kegiatan FinExpo BIK 2024 mencapai 12.035 orang dengan total transaksi sebanyak Rp2.125.560.000,- dengan rincian jumlah transaksi akuisisi produk jasa keuangan sebanyak Rp1.990.560.000,- dan jumlah transaksi UMKM sebanyak Rp135.000.000,-.

Dalam kesempatan ini pula, beberapa penghargaan diberikan kepada lembaga jasa keuangan dengan kategori, sebagai berikut:

• Pencapaian Literasi Tertinggi Program Layarku Tahun 2024 diberikan kepada PT Permodalan Nasional Madani;

• Pelaksana Program Pengembangan Ekonomi Daerah Tahun 2024 diberikan kepada PT Bank Pembangunan Daerah Sulawesi Selatan dan Barat;

• Pencapaian Inklusi Tertinggi Program Layarku Tahun 2024 diberikan kepada PT Bank Rakyat Indonesia (Persero), Tbk; dan

• Pelaksanaan Program Bulan Inklusi Keuangan Terbaik Tahun 2024 diberikan kepada PT Bank Syariah Indonesia, Tbk.

Kolaborasi OJK bersama seluruh pemangku kepentingan akan terus dilakukan dalam rangka memperluas akses keuangan kepada seluruh lapisan masyarakat dan menghasilkan karya nyata untuk membangun negeri melalui akses keuangan secara merata untuk mewujudkan masyarakat yang sejahtera.

 Komentar

 Terbaru

News28 Oktober 2024 12:55
Operasi Zebra Pallawa 2024 Berakhir : Penurunan Kecelakaan dan Peningkatan Kesadaran Lalu Lintas di Sulawesi
MAKASSAR – Operasi Zebra Pallawa 2024 yang berlangsung dari 14 hingga 27 Oktober 2024 telah selesai dengan sukses, meskipun ada beberapa catatan...
News27 Oktober 2024 18:49
Hindari Konflik Saat Debat Publik, Ini Pesan Penting KPID bagi KPU dan Lembaga Penyiaran
MAKASSAR – Koordinator Pengawasan Isi Siaran KPID Sulsel, Nasruddin mengapresiasi pelaksanaan debat terbuka antar paslon Wali Kota dan Wakil Wal...
Ekonomi & Bisnis27 Oktober 2024 11:56
BRI Property Expo Goes to Sinarmas Land: Miliki Hunian Idaman dengan Penawaran Menarik
JAKARTA  – PT Bank Rakyat Indonesia (Persero) Tbk (BRI) terus mendorong pertumbuhan sektor properti di Indonesia. Terbaru, BRI menggelar “KPR...
News27 Oktober 2024 11:50
Morning Poundfit BWP Vol 2 Tawarkan Sensasi Berolahraga dengan Nuansa Alam
MAKASSAR – Morning Poundfit BWP Vol.2 telah sukses digelar pada Sabtu, 26 Oktober 2024 di Bugis Waterpark Adventure, kawasan Bukit Baruga. Jenis...