Logo Lintasterkini

KPK: Kami Luruskan Info, Kantor PDIP Kami Tidak Geledah

Supriadi Lintas Terkini
Supriadi Lintas Terkini

Rabu, 29 Januari 2020 13:35

Dua Plt Juru Bicara KPK yakni Ali Fikri dan Ipi Maryati usai konferensi pers di Gedung Merah Putih KPK. (Foto:Kompas.com).
Dua Plt Juru Bicara KPK yakni Ali Fikri dan Ipi Maryati usai konferensi pers di Gedung Merah Putih KPK. (Foto:Kompas.com).

JAKARTA–Tim lembaga Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK) mengaku datang ke kantor pusat Partai Demokrasi Indonesia Perjuangan di Jalan Diponegoro, Menteng, Jakarta Pusat, tidaklah melakukan penggeledahan.

Hal itu diungkapkan Juru Bicara KPK, Ali Fikri, saat mengisi acara Indonesia Lawyers Club, di tvOne, Selasa (28/1/2020).

Ali Fikri mengatakan bahwa lembaganya belum pernah melakukan proses penyidikan dan penggeledahan di kantor pusat Partai Demokrasi Indonesia Perjuangan di Jalan Diponegoro, Menteng, Jakarta Pusat.

“Jadi kami ingin meluruskan bahwa pada saat tim kami datang ke DPP PDIP, bukan proses penggeledahan. (Penggeledahan) dilakukan penyidik, bukan penyelidik. Intinya kami belum melakukan proses penyidikan. Bukan proses penyidikan dan penggeledahan,” Ungkap Ali.

Ali menjelaskan saat itu juga tim KPK dalam rangka penyelidikan. Mereka berniat untuk menstatusquokan satu ruangan di dalam gedung itu.

“Jadi nggak bisa dibandingkan, saat di DPR, ada proses penyidikan, adapun narasi yang dibandingkan KPK ada di tempat lain, ke DPR,” ujarnya.

Lebih jauh, Ali juga mengingatkan, siapapun pihak yang merintangi penyidikan, dan penuntutan bisa terkena pasal dalam Undang-Undang Tindak Pidana Korupsi.

Namun saat datang ke kantor PDIP itu, tegas Ali, tim KPK tidak dibekali kekuatan memaksa.

“Pada saat kita mau menyambangi kita izin pada yang punya gedung,” katanya.

Sementara untuk di luar gedung PDIP, lanjut Ali, tim KPK berhasil mensegel sejumlah tempat yaitu ruang kerja tersangka Wahyu Setiawan di gedung KPU, kemudian rumah dinas Wahyu Setiawan.

“Di DPP PDIP kami tidak jadi, karena persoalan teknis ternyata lama dan akhirnya kami bergeser ke Gedung KPU, di sana berhasil, kami segel di rumah dinasnya dan disambut baik Pak Arief Budiman, ketua KPU,” Terangnya. (*)

Penulis : Supri Alias Adi

 Komentar

 Terbaru

Bersama Melawan Covid-1930 Juli 2021 00:02
Sinergitas dengan Kampus, Kapolrestabes Makassar Ajak Mahasiswa Vaksin
Witnu juga menambahkan bahwa semoga vaksin yang disalurkan untuk mahasiswa STMIK Handayani akan mencover sehingga tidak mudah untuk terpapar pandemi c...
Hukum & Kriminal29 Juli 2021 23:48
Polda Sulsel Akhirnya Tetapkan Tersangka Kasus Dugaan Korupsi RS Batua Makassar
MAKASSAR– Kasus dugaan korupsi proyek RS Batua Makassar terus berlanjut dalam penyelidikan polisi. Kali ini, Kepolisian Daerah (Polda) Sulsel ki...
News29 Juli 2021 23:09
Plt Gubernur Apresiasi Kakek 67 Tahun di Makassar yang Bersepeda Belasan Kilo demi Vaksinasi
MAKASSAR– Plt Gubernur Sulsel, Andi Sudirman Sulaiman, menemui seorang kakek yang rela bersepeda untuk mendapatkan vaksin. Perjuangannya diapres...
News29 Juli 2021 22:53
Wali Kota Makassar Bakal Naikkan Insentif Satgas Pengangkut Jenazah Corona
MAKASSAR– Wali Kota Makassar, Moh Ramdhan (Danny) Pomanto akan menaikkan insentif tim satgas pengangkut jenazah covid-19. Tingginya kasus kemati...