Logo Lintasterkini

Mabes Polri Bakal Ungkap Rumah Sakit Yang Terlibat Vaksin Palsu

Muh Syukri
Muh Syukri

Rabu, 29 Juni 2016 15:09

Gelar barang bukti vaksin palsu. (INT)
Gelar barang bukti vaksin palsu. (INT)

LINTASTERKINI.COM – Markas Besar Kepolisian Republik Indonesia (Mabes Polri) akan segera mengumumkan rumah sakit yang terindikasi terlibat penyebaran vaksin palsu khusus bayi, setelah selesai melakukan pendataan.

Hal itu diungkapkan Kepala Divisi Hubungan Masyarakat (Kadiv Humas) Mabes Polri, Brigjend Pol Boy Rafli Amar, di Jakarta, Rabu (29/6/2016).

“Suatu saat kalau sudah terdata bisa diumumkan tapi saat ini masih dalam pemeriksaan terus,” kata Boy.

Ia mengatakan, Polri telah membentuk tim satuan tugas (satgas) yang melibatkan Badan Reserse Kriminal (Bareskrim), Kementerian Kesehatan, dan Badan Pengawas Obat dan Makanan (BPOM) untuk menangani kasus ini. Tujuan tim itu untuk melacak dan memutus peredaran vaksin palsu tersebut.

“Intinya tidak hanya penyidik saja yang kerja, karena kalau penyidik hanya dari upaya penegakan hukum saja sementara kalau buat satgas dari sisi mekanisme distribusi vaksin tentu Kemenkes punya akses yg lebih luas dan cepat,” ujarnya.

Sementara, Direktur Tindak Pidana Ekonomi Khusus Bareskrim Polri, Brigjend Pol Agung Setya menambahkan, sampai saat ini sudah ada empat rumah sakit yang diduga terlibat kasus tersebut.

Namun, sejauh mana keterlibatannya, ia menambahkan, penyidik perlu pendalaman guna mengetahuinya, apakah bersifat individu atau korporasi. “Kami masih menyelidiki, ini bekerja secara individu atau korporasi,” kata dia.(*)

 Komentar

 Terbaru

Gaya Hidup26 Oktober 2024 20:41
5 Tips Efektif untuk Berhenti Merokok
MEROKOK adalah kebiasaan yang sulit untuk dihilangkan, dan banyak orang berjuang untuk bebas dari ketergantungan ini. Namun, berhenti merokok sangat m...
News26 Oktober 2024 19:57
Ilham Fauzi dalam Debat: Digitalisasi Pendataan Lewat Kolaborasi RT/RW dan Pemuda
MAKASSAR – Calon Wakil Walikota Makassar nomor urut 3, Ilham Ari Fauzi Amir Uskara, mencuri perhatian dalam debat publik Pilwalkot Makassar 2024, ya...
News26 Oktober 2024 18:57
Kampanye Hitam Tidak Pengaruhi Elektabilitas Andi Sudirman – Fatmawati di Pilgub Sulsel
MAKASSAR – Berbagai serangan kampanye negatif atau black campaign ditujukan kepada pasangan calon Gubernur dan Wakil GubernurSulsel nomor urut 0...
News26 Oktober 2024 18:51
SMA Negeri 8 Makassar Luncurkan Sistem Pendataan Alumni Si INTAN
MAKASSAR – SMA Negeri 8 Makassar resmi meluncurkan Sistem Informasi dan Pendataan Alumni Terintegrasi Dalam Genggaman (Si INTAN). Peluncuran ini dib...