Logo Lintasterkini

Pemkot Makassar Siapkan 53 Unit Kendaraan Damtor

Muh Syukri
Muh Syukri

Kamis, 29 September 2022 08:26

ilustrasi
ilustrasi

MAKASSAR – Pemkot Makassar bakal menyediakan kendaraan pemadam kebakaran motor (damtor). Penyediaannya melalui Dinas Pemadam kebakaran dengan maksud sebagai upaya memberi pertolongan pertama ketika terjadi bencana kebakaran di permukiman padat penduduk.

Rencanaya untuk tahap pertama ada 53 unit damtor disiapkan. “Ini baru dikirim 27 unit, kita masih menunggu sisanya bulan depan. Unit ini akan disebar di kelurahan pada 53 titik rawan kebakaran,” ujar Kepala Dinas Damkar Makassar, Muhammad Hasanuddin didampingi Wali Kota Makassar, Moh Ramdhan Pomanto di Markas Damkar, Jalan Ratulangi Makassar, Rabu (28/9/2022).

Disebutkan, seluruh unit nantinya, kata dia, diserahkan pada ke pihak kecamatan pada Oktober setelah pengadaan tahap pertama 53 unit itu diterima lengkap. Setiap unit dilengkapi mesin pompa, selang (nozel) sirine, dengan kapasitas penampungan air 800 liter. Harga satu unit damtor tersebut Rp80 jutaan.

Selanjutnya, damtor itu akan dikoneksikan dengan instalasi Pemadam Kebakaran Lorong atau Peka Rong dengan jangkauan distribusi air hingga 200 meter guna memudahkan penanganan saat terjadi kebakaran di lorong-lorong sempit. Pihaknya berharap, tidak menutup kemungkinan unit akan ditambah sesuai dengan kebutuhan di tahun depan, mengingat ada 153 kelurahan dengan 15 kecamatan tersebar di Kota Makassar.

“Ini tahap awal diberikan pemkot makassar sebagai upaya pengendalian dini jika terjadi kebakaran di lorong-lorong, itu salah satu tujuannya Damtor hadir. Kemungkinan unit akan ditambah, tapi dilihat dulu anggarannya. Kita berharap ada 153 unit sesuai jumlah kelurahan di Makassar,” ujarnya.

Wali Kota Makassar Moh Ramdhan Pomanto menambahkan lagi, hadirnya Peka Rong dan Damtor ini menjadi salah satu alternatif memberikan pertolongan pertama dan meminimalisasi meluasnya api bila terjadi kebakaran rumah warga di lorong-lorong sempit sebelum pemadam tiba.

“Ini upaya nyata dari kita lakukan serta sigap membantu warga secepatnya bila terjadi bencana. Kita berharap, ini dimanfaatkan, dirawat, dan dimaksimalkan penggunaanya. Sebab, semua ini ada untuk meminimalisir kejadian tidak kita inginkan bersama,” kata pria yang kerap disapa akrab Danny Pomanto ini menambahkan. (*)

 Komentar

 Terbaru

News30 November 2022 14:31
Wakapolda Sulbar dan Forkopimda Sulbar Hadiri Pertemuan Tahunan Bank Indonesia 2022
MAMUJU – Wakapolda Sulbar Brigjen R Umar Faroq menghadiri pertemuan Tahunan Bank Indonesia 2022 bersama segenap Forkopimda Provinsi Sulawesi Bar...
News30 November 2022 14:08
Hati-hati, Pinjam ‘Bendera’ Perusahaan Ikut Tender Bisa Kena Pidana
MAKASSAR – Sebelumnya praktek pinjam ‘bendera’ untuk mengikuti proses tender proyek pemerintah pengadaan Barang dan Jasa milik pemer...
News30 November 2022 13:02
Tingkatkan Kemampuan Menembak, Polda Sulbar Gelar Latihan
MAMUJU – Melatih kemahiran dalam hal menembak, menjadi hal yang perlu dimiliki setiap anggota kepolisian. Terlebih lagi hal tersebut bertujuan g...
News30 November 2022 12:30
Masyarakat Butuh “Vaksinasi” agar Tak Terjebak Hoaks Pemilu 2024
JAKARTA — Menjelang Pemilu 2024, hoaks politik semakin meningkat. Temuan Mafindo sejak Januari hingga September 2022 (1.290 hoaks), hoaks politik pa...