Dianggap Melanggar HAM, Nelayan Lobster Melawan Permen KP

Senin , 31 Juli 2017 09:53

Penulis : Rusdianto Samawa (Ketua Front Nelayan Indonesia) / Slamet
Editor : Abdul Gafar Syam Mattola

Nelayan Lobster memprotes Permen Kelautan dan Perikanan.

MATARAM - Hasil dialog bersama nelayan di Hotel Lombok Plaza Mataram, Jumat, (28/7/2017) dengan tema “Potensi Pelanggaran HAM Peraturan Menteri Kelautan dan Perikanan Nomor 01 Tahun 2015 dan Permen KP Nomor 56 Tahun 2016 Tentang Pelarangan Penangkapan Lobster, disimpulkan bahwa Penetapan Permen KP tersebut tanpa melalui kajian konprehensif dan matang secara akademik. Sehingga Permen ini dapat dibatalkan.

Alasan Permen KP dapat dibatalkan karena tidak satupun memiliki pertimbangan dasar sosial. Permen KP ini lebih kepada nafsu dendam terhadap banyak pesaing bisnis.

Kemudian, pada Sabtu, (29/7/2017), kami menuju Dusun Sepi, Desa Buwun Mas, Kecamatan Sekotong, Kabupaten Lombok Barat. Jarak dari Mataram sekitar 150-an kilometer. Kami tiba diterima oleh warga masyarakat di Kantor Desa Buwun Mas.

Pertemuan dialog sekitar satu jam lamanya. Nelayan Lobster sangat antusias mengikuti dialog. Tentu, semua nelayan menginginkan mereka sejahtera, tak ada yang ingin miskin. Dalam pertemuan dialog sangat dinamis dan nelayan banyak memberikan masukan dan saran agar Permen KP itu dapat dicabut.

Setelah dialog, kami menuju tempat penangkapan Lobster yang berada di sekitar Laut Dusun Buwun Mas. Melihat faktanya, ternyata alat tangkap Lobster sangat sempurna dan ramah lingkungan. Karena, alat tangkap lobster sendiri terdiri dari bahan karung semen, disusun kemudian diikat meyerupai sayap kupu-kupu.

Alat tangkap Lobster ini dinamakan “Pocong” yang sangat ramah lingkungan dan sangat tradisional. Metode penangkapan Lobster sendiri tidak seperti alat tangkap modern lainnya. Alat tangkap “Pocong” bersifat pasif dan dipasang pada suatu tempat dalam waktu beberapa hari di dalam laut.




loading...

Berikan Komentar Anda

IKLAN BARIS
Ingin Beriklan Baris Dengan Kami Email Kami Di iklan@lintasterkini.com
  • As-Syifa Multi Teknik

    Menerima, pasang CCTV, PABX, Sound System, Fire Alarm, Instalasi Listrik, P.Signal, Data/LAN dan Wifi. hubungi : 085342484643

  • INGIN URUS STNK ATAU BPKB DENGAN CEPAT? HUBUNGI 08124269685

  • MAU PESAN HORDEN UTK RUMAH TANGGA ATAU KANTOR DENGAN HARGA MURAH, HUBUNGI 085242122445

Baca Juga close