Logo Lintasterkini

Berapa Cangkir Kopi Sebenarnya yang Ideal untuk Kesehatan Harian?

Redaksi
Redaksi

Kamis, 01 Februari 2024 10:16

Ilustrasi. (Foto: Shutterstock)
Ilustrasi. (Foto: Shutterstock)

LintasTerkini.com – Kopi telah menjadi minuman favorit bagi banyak orang di seluruh dunia, tidak hanya sebagai penyemangat, tetapi juga karena cita rasanya yang khas. Namun, pertanyaan yang sering muncul adalah berapa banyak cangkir kopi yang sebenarnya diperlukan setiap hari untuk mendukung kesehatan tubuh.

Manfaat Kopi untuk Kesehatan
Sebelum membahas jumlah cangkir yang ideal, penting untuk mengetahui manfaat kesehatan yang terkait dengan konsumsi kopi. Secara umum, kopi mengandung antioksidan yang dapat melawan radikal bebas, meningkatkan fungsi kognitif, dan bahkan dapat mengurangi risiko beberapa penyakit kronis seperti penyakit jantung dan diabetes tipe 2.

Batasan Konsumsi Harian
Meskipun kopi memiliki manfaat, konsumsi berlebihan tetap dapat berdampak negatif. Menurut para ahli gizi, batasan konsumsi harian yang dianjurkan adalah sekitar 3-4 cangkir kopi sehari. Jumlah ini dianggap cukup untuk memberikan manfaat kesehatan tanpa menimbulkan risiko yang signifikan.

Sensitivitas Individu
Penting untuk diingat bahwa tingkat toleransi terhadap kafein dapat bervariasi dari individu ke individu. Beberapa orang mungkin merasa efek samping kafein, seperti gelisah, insomnia, atau peningkatan denyut jantung, bahkan dengan jumlah konsumsi yang moderat. Oleh karena itu, disarankan untuk mendengarkan tubuh dan menyesuaikan konsumsi kopi sesuai dengan kebutuhan dan reaksi tubuh masing-masing.

Waktu Konsumsi yang Tepat
Selain memperhatikan jumlah cangkir kopi, waktu konsumsi juga memiliki peran penting. Para ahli merekomendasikan untuk menghindari konsumsi kopi di sore atau malam hari karena dapat mengganggu pola tidur.

Kesimpulan
Sebagai kesimpulan, konsumsi kopi dalam jumlah moderat dapat memberikan manfaat kesehatan yang signifikan. Sebanyak 3-4 cangkir kopi per hari dianggap sebagai batasan yang aman untuk kebanyakan orang dewasa. Namun, setiap individu memiliki toleransi yang berbeda, dan penting untuk memperhatikan reaksi tubuh masing-masing terhadap kafein. Dengan menjaga keseimbangan dalam konsumsi kopi, kita dapat menikmati manfaatnya tanpa menimbulkan risiko yang tidak diinginkan bagi kesehatan.

 Komentar

 Terbaru

News21 Februari 2024 12:14
Jokowi Kunjungan Kerja di Sulsel Hari Ini, Ini Dia Agendanya
MAKASSAR – Presiden Joko Widodo (Jokowi) bakal melakukan kunjung kerja (kunker) di Sulawesi Selatan (Sulsel) pada tanggal 21-22 Februari. Rencan...
Politik21 Februari 2024 11:02
Caleg DPR RI Golkar di Dapil Sulsel 2 Kejar-Kejaran, Suara Nurdin Halid Paling Tinggi
BONE – Pertarungan suara Calon Legislatif (Caleg) DPR RI untuk Daerah Pemilihan (Dapil) Sulsel 2 terlihat sengit. Suara tiga caleg Golkar bersaing k...
Politik21 Februari 2024 10:27
Suara DPR RI Dapil Sulsel 3, Irjen Pol (Purn) Frederik Kalalembang Berpeluang Lolos ke Senayan
TORAJA – Penghitungan suara atau real count DPR RI untuk dapil Sulsel III terus meningkat. Salah satu pendatang baru dari Partai Demokrat yakni ...
Pemerintahan21 Februari 2024 10:21
26 Finalis Duta Genre di Gowa Bersaing Adu Gagasan
GOWA – 26 Finalis beradu bakat dan gagasannya di Baruga Karaeng Pattingalloang, Kantor Bupati Gowa. Selasa (20/2/2024). Tahun ini Pemerintah Kab...