Logo Lintasterkini

Terlihat Alim, Ternyata Orang Ini Spesialis Pembobol Celengan Masjid

Abdul Gaffar Mattola
Abdul Gaffar Mattola

Senin, 02 Januari 2017 17:50

Pelaku Lahuddin (44), berkopiah haji saat diringkus Tim Resmob Reskrim Polsek Rappocini Makassar.
Pelaku Lahuddin (44), berkopiah haji saat diringkus Tim Resmob Reskrim Polsek Rappocini Makassar.

MAKASSAR – Orang ini sehari-harinya saat akan melakukan aksi kejahatan pencurian kotak amal (celengan) masjid, rupanya penampilannya terlihat sangat alim, berbaju koko, khas seorang muslim. Siapa sangka dibalik penampakan fisiknya yang alim, ternyata lelaki ini, Lahuddin (44) adalah seorang pencuri spesialis celengan masjid.

Spesialis pencurian celengan masjid, Lahuddin (44), warga Pallangga, Kabupaten Gowa akhirnya diringkus Tim Resmob Unit Reskrim Polsek Rappocini Makassar, Senin (2/1/2017). Peringkusan pelaku dilakukan sekira pukul 03.00 Wita, yang dipimpin Kanit Reskrim, AKP Roby A Mannaungi, didampingi Dantim, Aiptu Budisman Nur.

Pelaku diringkus aparat kepolisian di Jalan Sultan Alauddin, tak jauh dari Lembaga Pemasyarakatan (Lapas) Kelas I Makassar. Pelaku Lahuddin sebelum dibekuk, sempat terjadi kejar-kejaran yang dilakukan oleh Tim Resmob mulai dari Jalan Tamalate menuju Jalan AP Pettarani dan berakhir di jalan Sultan Alauddin.

Saat dipepet oleh petugas, pelaku yang akan diborgol oleh petugas, ternyata sempat melakukan perlawanan. Selanjutnya, pelaku digeledah, alhasil, petugas berhasil menemukan sejumlah barang bukti berupa uang recehan dan uang kertas serta beberapa alat pertukangan yang diduga kuat dijadikan alat untuk melakukan aksinya.

Dari hasil interogasi dilokasi penangkapan, pelaku mengaku telah melakukan aksi pencurian celengan masjid. Pelaku Lahuddin mengakui Minggu sore (1/1/2017) ia mengambil uang celengan di sebuah masjid Jalan Hertasning.

“Sekitar empat masjid pak,” sebut pelaku kepada lintasterkini.com.

Saat itu juga, petugas membawa pelaku untuk menunjukkan Tempat Kejadian Perkara (TKP) saat ia melakukan aksinya. Pelaku menunjukkan lokasi diantaranya, Masjid Nurul Mujtahidah Jalan Tamalate Raya, Masjid Besar Nurul Hijrah Jalan Tamalate, Masjid Al-Ikhlas Jalan Tidung 10 dan Masjid Mardhiyyah di Kompleks Pendidikan dan Kebudayaan dan Pemda, Kelurahan Gunung Sari.

Dari hasil penunjukan TKP, diketahui jika sebagian besar celengan masjid dicongkel oleh pelaku menggunakan alat pertukangan. Sebagian lagi dengan menggunakan besi pengait.

Petugas sempat menggiring pelaku ke lokasi celengan yang disembunyikan pelaku di dalam toilet Masjid Mardhiyyah di Kompleks P dan K dan Pemda, Kelurahan Gunung Sari. Selain mengamankan pelaku, petugas juga menyita 1 unit sepeda motor Yamaha Vega DD 2795 LO.

Sejauh ini pelaku diamankan di Polsek Rappocini guna pengembangan lebih lanjut. Modus pelaku yang bersangkutan memakai baju busana muslim yang dilapisi baju proyek.

“Setiap berhasil beraksi, pelaku langsung berganti baju proyek. Sepintas orang melihatnya ahli sembahyang,” ujar AKP Roby A Mannaungi. (*)

 Komentar

 Terbaru

News25 Mei 2024 10:10
KJS Gelar Workshop dan Apresiasi Jurnalis
MAKASSAR – Komunitas Jurnalis Sulsel (KJS) kembali menggelar “Workshop dan Apresiasi Jurnalis” minggu 26 Mei 2024. Dalam kegiatan in...
News25 Mei 2024 08:15
Pj Gubernur Zudan Dukung Festival Anak Sholeh Indonesia di Bantaeng
MAKASSAR – Festival Anak Sholeh Indonesia (FASI) XII Sulawesi Selatan (Sulsel) dengan tema Santri Hebat: Hebat Prestasi, Hebat Mengaji, dan Bera...
News25 Mei 2024 08:10
Pj Gubernur Zudan-Duta Besar RI untuk Portugal Bahas Peluang Kerja Sama Produk Sulsel Masuk Eropa
MAKASSAR – Duta Besar Republik Indonesia untuk Portugal, Rudy Alfonso, menyatakan dukungannya kepada Penjabat (Pj) Gubernur Sulawesi Selatan (Su...
Politik24 Mei 2024 22:09
Andi Seto Asapa Mantap Bertarung di Pilwalkot Makassar
MAKASSAR – Andi Seto Asapa mantap untuk ikut bertarung di kontestasi Pemilihan Wali Kota (Pilwalkot) Makassar 2024-2029 mendatang. Keseriusan it...