Logo Lintasterkini

Usai Rumahnya Dikosongkan, Warga Jl Koptu Harun Nginap di Jalanan

Muh Syukri
Muh Syukri

Jumat, 02 September 2022 09:44

MAKASSAR – Usai pengosongan sembilan rumah di Jalan Koptu Harun, Makassar beberapa hari lalu, sejumlah warga memilih menginap di jalanan. Barang dan perabot mereka juga berjejer di jalan di depan bekas rumah mereka.

Pengosongan dilakukan pihak PT. Sulsel Citra Indonesia atau Perseroda Sulsel, Selasa (30/8/2022) sekira pukul 10.00 Wita lalu. Eksekusi dilakukan dengan cara meminta pihak yang menempati rumah untuk segera mengosongkan.

Aksi pengosongan yang dilakukan perseroda dibantu Satpol PP Pemprov Sulsel, Polisi dan TNI tersebut sempat diwarnai penolakan. Bahkan beberapa yang mengaku sebagai ahli waris sempat memprotes dan mempertahankan rumahnya untuk tidak dikosongkan.

Pantauan Kamis (1/9/2022) malam, sejumlah warga yang rumahnya dikosongkan berada di pinggir jalan bersama dengan barang-barang mereka. Bahkan seorang warga mengaku sudah tiga hari berada di jalanan.

“Saya sekarang juga lagi tidak enak badan karena kena angin malam dan embun. Ini malam ketiga kami berada di jalanan karena tidak tau mau kemana,” ujar Roy Laurence Polii, salah seorang warga yang rumahnya dikosongkan.

Ia berharap ada kepedulian pemerintah terkait masalah ini. Soalnya, sambung dia, warga terpaksa berada di jalanan karena pengosongan tersebut.

Untuk diketahui, sembilan rumah dieksekusi pihak Perseroda Sulsel karena dianggap tanah yanng berdiri rumah tersebut milik Pemerintah Provinsi Sulsel. Sebaliknya, para warga mengaku menempati lokasi tersebut sejak tahun 1960 an. dan memiliki hak untuk tinggal di tempat itu. (*)

 Komentar

 Terbaru

News29 September 2022 16:13
Fatma Wahyudin Minta Ojol Day Setiap Selasa Ditinjau Ulang
MAKASSAR – Anggota DPRD Kota Makassar, Fatma Wahyudin meminta penerapan Ojol Day setiap Selasa untuk ditinjau ulang. Khususnya pemberlakuannya u...
News29 September 2022 15:21
Operasi Zebra 2022, Ini Tujuh Prioritas Pelanggaran
MAKASSAR – Polri kembali melaksanakan operasi Zebra 2022. Pelaksanaannya mulai pada 3 Oktober hingga 16 Oktober 2022, serentak di seluruh Indone...
Hukum & Kriminal29 September 2022 14:04
Dikejar OTK Pakai Busur, Dua Remaja di Makassar Luka Serius
MAKASSAR – Nasib nahas menimpa dua remaja yakni RR (18) dan W (18). Keduanya mengalami luka akibat terjatuh dari motor setelah dikejar OTK (oran...
News29 September 2022 08:26
Pemkot Makassar Siapkan 53 Unit Kendaraan Damtor
MAKASSAR – Pemkot Makassar bakal menyediakan kendaraan pemadam kebakaran motor (damtor). Penyediaannya melalui Dinas Pemadam kebakaran dengan ma...