Logo Lintasterkini

Pj Gubernur Sulsel Pastikan Evakuasi dan Distribusi Bantuan Wilayah Terisolir Banjir Luwu

Redaksi
Redaksi

Sabtu, 04 Mei 2024 15:40

Pj Gubernur Sulsel, Bahtiar Baharuddin, saat meninjau kondisi terkini di Desa Cimpu dan Cimpu Utara, Kecamatan Suli, Kabupaten Luwu, Sabtu (4/5/2024). (Foto: Pemprov Sulsel)
Pj Gubernur Sulsel, Bahtiar Baharuddin, saat meninjau kondisi terkini di Desa Cimpu dan Cimpu Utara, Kecamatan Suli, Kabupaten Luwu, Sabtu (4/5/2024). (Foto: Pemprov Sulsel)

LUWU – Pj Gubernur Sulsel, Bahtiar Baharuddin, bersama Bupati dan Kapolres Luwu serta unsur pemerintah bergerak cepat meninjau kondisi terkini di Desa Cimpu dan Cimpu Utara, Kecamatan Suli, Sabtu (4/5/2024) dini hari.

Mereka mengunjungi dua posko pengungsian yang telah disiapkan menampung warga terdampak, menunjukkan solidaritas yang kuat dalam menghadapi bencana banjir yang melanda.

“Alhamdulillah sudah bisa dilalui, tadi di sini air tergenang dan ada dapur umum yang disiapkan oleh Brimob. Kami terima kasih karena sudah menyiapkan dapur umum. Relatif masyarakat di sini terlayani,” kata Bahtiar.

Pada pukul 02.17 Witra, Bahtiar memberikan kabar terbaru mengenai situasi di Kecamatan Latimojong bahwa akses jalan yang masih terputus. Dengan kawasan yang terletak di pegunungan, sekitar 3.000 warga di Latimojong terisolasi, menunggu bantuan yang diharapkan dapat tiba melalui jalur udara.

Dia meyakinkan alat transportasi udara telah tersedia dan akan segera beroperasi untuk membantu evakuasi dan distribusi bantuan. Dia telah berkomunikasi dengan Pangdam, Kapolda, Basarnas, serta Danlanud.

“Prinsipnya pesawat tersedia, dan pagi (ini) sudah bisa. Jadi, dipastikan itu bisa dilaksanakan,” jelasnya.

Di Kecamatan Suli Barat, enam warga lainnya meninggal dunia, sehingga total korban jiwa di Luwu menjadi 14 orang. Sebelumnya terdata delapan warga dilaporkan meninggal dunia di Latimojong.

“Saya sekali lagi atas nama masyarakat dan pemprov menyampaikan duka yang sangat mendalam khususnya pada keluarga dan saudara kita yang di Luwu,” ucapnya.

Bahtiar menyampaikan duka yang mendalam dan meminta doa dari seluruh masyarakat untuk para korban.

Upaya penanganan terus dilakukan. Bahtiar menegaskan TNI-Polri, BNPB, Basarnas, dan satuan-satuan pertolongan lainnya sedang bekerja keras untuk mengendalikan situasi dan memastikan keselamatan warga yang terdampak. Dia mengingatkan tetap waspada dan menjaga kesehatan.

Dia juga mengajak seluruh masyarakat Sulsel untuk menunjukkan rasa solidaritas dan persaudaraan dengan memberikan dukungan dalam bentuk apa pun, termasuk doa atau bantuan melalui saluran resmi.

“Insyaallah cobaan ini bisa kita lalui bersama dan pasti ada jalan keluar,” ujar Bahtiar.

 Komentar

 Terbaru

News18 Mei 2024 12:47
Sinergi BUMN, Pelindo dan Pindad Teken Perjanjian Kerja Sama
MAKASSAR – PT Pelabuhan Indonesia (Persero) melakukan sinergi Badan Usaha Milik Negara (BUMN) dengan PT Pindad International Logistic melalui penand...
News18 Mei 2024 10:44
Dukung Penyembuhan, Polres Sidrap Adakan Home Visit untuk Personil yang Sakit
SIDRAP, – Dalam upaya meningkatkan kesejahteraan personil dan memberikan pelayanan kesehatan yang optimal, Polres Sidrap melalui program Si Dokter m...
Pemerintahan17 Mei 2024 23:14
Mendagri Resmi Melantik Pj Gubernur Sulsel Prof Zudan Arif 
JAKARTA – Pj Gubernur Sulawesi Selatan Prof Zudan Arif Fakrulloh resmi dilantik di Kementrian Dalam Negeri, Jakarta Pusat, Jumat (17/5). Prof Zu...
Hiburan17 Mei 2024 18:56
Mercure Makassar Hadirkan Event Jazz Spesial di The Light
MAKASSAR – Mercure Makassar Nexa Pettarani menyelenggarakan acara spesial yang digelar di The Light Kamis malam 16 Mei 2024 mulai pukul 21.00 hingga...