Logo Lintasterkini

Kasus Bansos Beasiswa Mahasiswa Bantaeng Disoal

Abdul Gaffar Mattola
Abdul Gaffar Mattola

Senin, 05 Maret 2018 21:18

Korlap aksi, Yudha Jaya melepas baju sambil berorasi sebagai simbol bahwa harga diri mahasiswa telah dikhianati.
Korlap aksi, Yudha Jaya melepas baju sambil berorasi sebagai simbol bahwa harga diri mahasiswa telah dikhianati.

MAKASSAR – Sejumlah mahasiswa yang menamakan dirinya Front Mahasiswa Bantaeng Bersatu (Frombes) berunjuk rasa di depan Kantor Ombudsman RI Perwakilan Sulawesi Selatan di Kompleks Alauddin Plaza, Jl. Sultan Alauddin, Makassar, Senin, (5/3/2018).Pasalnya, massa tersebut menyoal kasus bantuan sosial (bansos) beasiswa ratusan mahasiswa Bantaeng yang tak kunjung terealisasikan.

Aksi ini dilakukan guna mendesak Ombudsman Sulsel segera melakukan investigasi dugaan mal administrasi kasus bantuan sosial (bansos) beasiswa mahasiswa Bantaeng tahun anggaran 2017 sebesar Rp1,2 Milyar untuk 320 orang mahasiswa penerima beasiswa.

Koordinator aksi, Yudha Jaya dalam orasinya, mengatakan bahwa sangat besar dugaan adanya mal administrasi dalam kasus bansos beasiswa ini karena sampai sekarang 320 orang mahasiswa belum menerima haknya. Sedangkan mahasiswa Bantaeng telah memenuhi persyaratan apa yang telah ditetapkan Bagian Kesejahteraan Rakyat (Kesra) Pemkab Bantaeng sebagai leading sektor kegiatan tersebut.

Lanjut dia, anggaran Rp1,2 Milyar ini telah ditetapkan DPRD Bantaeng dalam Rapat Paripurna APBD Tahun Anggaran 2017 Untuk selanjutnya diserahkan ke Dinas PPKAD Bantaeng guna disalurkan kepada sebanyak 320 orang mahasiswa penerima beasiswa. Namun kenyataannya sampai saat ini belum teralisasi.

“Ada dua Satuan Kerja Perangkat daerah (SKPD) yang harus bertanggung jawab yakni Bagian Kesra dan Dinas PPKAD Bantaeng,” lanjut Yudha Jaya.

Muslimin, mewakili Ombudsman RI Perwakilan Sulsel saat menerima massa demonstran, mengatakan akan segera menindak lanjuti laporan tersebut. Namun Ombudsman terlebih dahulu akan merampungkan syarat-syarat secara formil dan materil laporan yang diajukan.

“Dan jika dalam pemeriksaan nanti ditemukan ada indikasi korupsi, maka kami dari Ombudsman akan menyerahkan ke pihak yang berwajib untuk di proses hukum,” janjinya.

Dalam aksi ini, massa demonstran secara bergantian menyuarakan orasinya yang mengkritik kebijakan pemberian bansos beasiswa, namun tak sampai di tangan mahasiswa calon penerima bantuan tersebut. Korlap aksi, Yudha Jaya bahkan dalam orasionya, melepas baju sebagai simbol bahwa harga diri mahasiswa telah dikhianati. (*)

 

Penulis : Slamet

 Komentar

 Terbaru

Pendidikan20 April 2024 13:54
Di Dies Natalis FH Unhas, Danny Pomanto Ajak Alumni Memajukan Pemerintahan Melalui Produk Hukum
MAKASSAR – Wali Kota Makassar Moh Ramdhan Pomanto mengajak Alumni Fakultas Hukum Unhas untuk memajukan pemerintahan dengan menghasilkan produk h...
Pemerintahan20 April 2024 10:59
Walikota Makassar Jamu Makan Malam Konjen Filipina, Marry Jennifer: Saya Terkesan dengan Makassar
MAKASSAR – Wali Kota Makassar Moh Ramdhan Pomanto bersama dengan jajaran pemerintah kota tak pernah gagal membuat tamu-tamu terkesan, baik tamu ...
News20 April 2024 10:17
Satpol PP Makassar Sudah Turun Tangani Pak Ogah, Masyarakat Tagih Janji Ditlantas
MAKASSAR – Pemerintah Kota (Pemkot) Makassar melalui Satuan Polisi Paming Praja (Satpol PP) intens turun melakukan penanganan dan penindakan ter...
News20 April 2024 09:30
Dispora Makassar Gelar Pemuda Fest 2024, Gelorakan Kreatifitas Hingga Beri Edukasi
MAKASSAR – Pemuda Fest 2024 resmi digelar di Makassar. Kegiatan ini digelar oleh Dinas Pemuda dan Olahraga Kota Makassar. Ratusan orang nampak h...