Logo Lintasterkini

Satgas Yonif 125/Simbisa Wujudkan Impian Warga Kampung Kondo Menikmati Fasilitas Listrik  

Muh Syukri
Muh Syukri

Senin, 05 Oktober 2020 03:09

Satgas Yonif 125/Simbisa Wujudkan Impian Warga Kampung Kondo Menikmati Fasilitas Listrik   

 

MERAUKE – Menjelang peringatan HUT TNI yang ke-75, Satgas Yonif 125/Simbisa di bawah Komando Pelaksana Operasi (Kolakops) Korem 174/ATW wujudkan impian dan harapan warga Kampung Kondo untuk menikmati kembali fasilitas listrik sekaligus menyumbangkan 50 buah bola lampu.

Hal tersebut disampaikan Dansatgas Yonif 125/Simbisa, Letkol Inf Anjuanda Pardosi dalam keterangan tertulisnya di Kabupaten Merauke, Papua, Minggu (4/10/2020).

Dikatakan Dansatgas, dalam kurun waktu selama lima tahun terakhir, tidak kurang dari 92 KK (Kepala Keluarga) tidak dapat menikmati fasilitas listrik di Kampung Kondo, Distrik Naukenjerai, Kabupaten Merauke.  “PLTS berkapasitas 30 KW yang dibangun pemerintah untuk fasilitas kelistrikan di Kampung Kondo, telah rusak dalam kurun waktu lebih kurang lima tahun terakhir,” katanya.

“Akibatnya, warga hidup tanpa penerangan listrik yang menyebabkan aktivitas warga terganggu terutama pada malam hari,” sambungnya.

Lebih lanjut, melihat kondisi tersebut membuat personel Satgas Pos Kondo merasa terpanggil untuk membantu mengatasi kesulitan yang dialami warga, kemudian Danpos Kondo Letda Inf Purwanta melaporkan kondisi tersebut kepada Dansatgas.  “Adalah Praka Jimmi Harianto Saragih yang merupakan lulusan STM listrik mendapat perintah Dansatgas langsung beraksi untuk melakukan perbaikan,” ujarnya.

Dengan tekad berbuat yang terbaik, Praka Jimmi dibantu personel Pos Kondo mengerahkan segala kemampuan yang dimiliki, memeriksa instalasi listrik ke rumah-rumah dan mengecek satu persatu komponen PLTS. Dalam upaya perbaikan PLTS, anggota Satgas sempat kewalahan karena ada komponen yang terbakar, sedangkan alat yang harus diganti tidak tersedia di toko elektronik di Merauke.

“Berkat kegigihannya, dengan bekal ilmu pengetahuan dan pengalaman yang dimiliki akhirnya komponen  yang rusak bisa diperbaiki, sehingga PLTS bisa beroperasi kembali,” tandasnya.

“Upaya perbaikan PLTS oleh Satgas merupakan salah satu bentuk implementasi Delapan Wajib TNI,” ucapnya bangga.

Berfungsinya kembali PLTS ini membuat suasana malam di rumah-rumah warga yang tadinya gelap, kini berganti terang. Masyarakat bersuka cita dan bergembira karena rumahnya sudah terang dan lampu jalan di kampung dapat bersinar kembali. “Tak lupa, sebanyak 50 buah bola lampu juga disumbangkan kepada warga,” katanya.

Di tempat terpisah, Kepala Kampung Kondo Elisa Banggu (47 th) mengucapkan terima kasih kepada Satgas Yonif 125/Simbisa yang telah memperbaiki PLTS di kampungnya.  “Akhirnya Tuhan membuka jalan, melalui kehadiran dan bantuan Satgas, PLTS di Kampung Kondo dapat berfungsi kembali,” ucapnya.

Hal senada juga disampaikan Kepala Adat Marind, Bernandus Bomak Mahuse (57 th), atas ketulusan dan kerja keras anggota Satgas dalam memperbaiki PLTS di Kampung Kondo hingga dapat beroperasi kembali. “Setelah beberapa tahun rusak, sekarang kami dapat kembali menikmati listrik, pekerjaan di malam hari tidak lagi terganggu, terutama anak-anak bisa belajar pada malam hari dengan nyaman,” tuturnya.

“Kiranya Tuhan akan membalas segala perbuatan dan kebaikan bapak-bapak Satgas,” ucapnya. (*)

 

 Komentar

 Terbaru

Ramadhan19 Maret 2024 04:24
Mahabbah Ramadhan 1445 H, PCNU Kota Makassar Mengawali Safari Halaqah Ramadhan di Kecamatan Mamajang
MAKASSAR – Buka puasa bersama merupakan salah satu sunnah Nabi. Rasul mengatakan bahwa memberi makan orang yang berbuka mendapat pahala seperti ...
Peristiwa18 Maret 2024 21:58
Operasi SAR Pencarian Awak Kapal Yuiee Jaya II Diperpanjang
MAKASSAR – Operasi SAR pencarian ke 19 korban kecelakaan kapal penangkap ikan Yuiee Jaya II di Perairan Selayar telah memasuki hari ketujuh penc...
News18 Maret 2024 21:29
Ada 18 Korban Meninggal Dunia Selama Operasi Keselamatan Pallawa 2024 di Sulsel
MAKASSAR – Pelaksanaan Operasi Keselamatan Pallawa 2024 diklaim berhasil. Operasi yang digelar selama 14 hari sejak tanggal 4 sampai dengan 17 Maret...
Ekonomi & Bisnis18 Maret 2024 21:21
Astra Motor Sulsel-Prolog Ecosystem Gelar Ramadhan Favorit di The Wall Kota Makassar
MAKASSAR – Astra Motor Sulawesi Selatan selaku main dealer sepeda motor Honda untuk wilayah Sulawesi Selatan, Barat, Tenggara, dan Ambon, dan Pr...