Logo Lintasterkini

Plat Kendaraan Tidak Sesuai Spektek Masih Banyak Beredar, Polda Sulsel Diminta Tindaki

Herwin Bahar
Herwin Bahar

Senin, 06 Juni 2022 09:50

Razia kendaraan dilakukan Ditlantas Polda Sulsel
Razia kendaraan dilakukan Ditlantas Polda Sulsel

MAKASSAR – Penggunaan plat kendaraan tidak sesuai dengan spektek atau yang dikeluarkan oleh Polri masih banyak beredar. Hal ini tentunya menjdi perhatian Ditlantas Polda Sulsel untuk segera menertibka hal tersebut.

Hingga kini, masih banyak ditemukan pengendara roda empat dan roda dua masih menggunakan plat kendaraan yang dimodifikasi sendiri. Bahkan tidak sedikit diantaranya tidak terdaftar dan tidak teregistrasi.

Anwar, salah seorang penggiat Transportasi di Sulsel, Senin (6/5/2022) mengatakan, butuh keseriusan pihak kepolisian dalam melakukan penertiban penggunaan plat yang tidak sesuai dengan spektek. Pasalnya hal itu melanggar aturan Undang-undang yang sudah ditetapkan.

“Yang pertama yang harus dilakukan adalah menertibkan tempat penbuatannya. Banyak di pinggir jalan tempat membuat plat kendaraan yang tidak sesuai dengan yang dikeluarkan oleh Polri,” ujarnya.

Selanjutnya, kata dia, pengguna plat kendaraan yang memodifikasi juga harus segera ditertibkan. Terlebih lagi jika menggunakan plat palsu yang tidak teregistrasi.

Sebelumnya, pihak Ditlantas Polda Sulsel telah melakukan penertiban sejumlah plat kendaraan yang tidak sesuai dengan spektek yang dikeluarkan Polri. Bahkan beberapa kendaraan yang menggunakan plat dasar putih tulisan hitam juga sempat diberikan teguran.

“Soalnya plat dasar putih tulisan hitam memang sudah ada aturannya tetapi belum bisa digunakan secara resmi karena masih menunggu petunkjuj lanjut dari Korlantas Polri,” ujar Kasubdit Gakkum Ditlantas Polda Sulsel AKBP Dr Masaluddin.

Perwira dua bunga ini mengaku pihaknya terus melakukan penertiban jika menemukan ada pengguna plat tidak sesuai spektek. “Kita terus akan melakukan penertiban,” tambahnya. (*)

 Komentar

 Terbaru

Hukum & Kriminal27 November 2022 19:46
‘Angin Segar’, Kejari Pinrang Wacanakan Restoratif Justice Untuk Kasus Narkoba
PiNRANG — Peningkatan signifikan kasus narkoba di Kabupaten Pinrang ternyata menjadi perhatian serius dari institusi Kejaksaan Negeri (Kejari) P...
News27 November 2022 15:54
Polres Palopo Bubarkan Aksi Balap Liar yang Kerap Meresahkan
PALOPO –Timsus Presisi Polres Palopo lakukan Penyisiran dan pembubaran aksi Balapan Liar sejumlah pemuda dibeberapa titik yang kerap dijadikan arena...
News27 November 2022 10:05
SMA Katolik Cenderawasih Gelar Festival Kearifan Lokal
MAKASSAR – SMA Katolik Cenderawasih menggelar “Festival Kearifan Lokal” sebagai Proyek Penguatan Profil Pelajar Pancasila Berbasis N...
News27 November 2022 10:03
Spectacular November bersama Hyundai Stargazer
MAKASSAR – Hyundai Gowa menggelar Showroom Event dengan tajuk Spectacular November Bersama Hyundai Stargazer pada hari Sabtu 26 November 2022 ...