Logo Lintasterkini

Membedah Buku Anak Sersan jadi Panglima

Abdul Gaffar Mattola
Abdul Gaffar Mattola

Kamis, 08 Maret 2018 22:47

Panglima TNI, Marsekal TNI Hadi Tjahjanto, S.I.P.
Panglima TNI, Marsekal TNI Hadi Tjahjanto, S.I.P.

MALANG – Buku tentang kisah hidup Panglima TNI, Marsekal Hadi Tjahjanto, S.I.P berjudul ‘Anak Sersan Jadi Panglima” dibedah di Gedung B Fisip Universitas Brawijaya, Kota Malang, Kamis (8/3/2018). Ini menjadi bedah buku yang kali pertama sejak diluncurkan Gramedia pada tanggal 12 Februari 2018.

Buku itu ditulis oleh mantan jurnalis, Eddy Suprapto. Eddy mengatakan Kota Malang menjadi kota pertama yang menjadi lokasi bedah buku.

“Malang memiliki nilai historis, terutama bagi Panglima. Selain tempat kelahiran, Panglima tumbuh kembang disini. Saya bersama beberapa teman yang hadir disini adalah teman sekolah,” ujar Eddy.

Eddy merupakan teman SMA Hadi di SMAN 1 Lawang. Namun Eddy menegaskan buku itu ditulis tidak sekedar atas nama pertemanan.

“Bagi seorang jurnalis, sosok Panglima selalu renyah dan menarik untuk ditulis,” imbuhnya.

Buku itu menampilkan tulisan kisah hidup Panglima Hadi. Sejumlah orang menjadi narasumber di buku itu, yaitu keluarga Hadi dan koleganya. Diantaranya adalah Kolonel Wahyu Tjahjadi, adik Hadi Tjahjanto.

Wahyu juga menjadi narasumber dalam bedah buku itu. Wahyu mengatakan ada satu hal yang bisa menggambarkan sang kakak.

“Mikul nduwur, mendem njero. Seorang pimpinan itu harus menunjukkan keagungan atau kebaikan dan memendam kekurangan atau masalah,” ujar Wahyu yang berdinas di Mabes TNI AU itu.

Selain Wahyu, Wakil Dekan Fisip Universitas Brawijaya Malang, Anang Sujoko juga menjadi pembicara di seminar dan bedah buku itu. (*)

 

Penulis : Slamet

 Komentar

 Terbaru

News01 Oktober 2023 11:07
AKBP Erwin Syah : Upacara Dapat Dijadikan Momentum Menumbuhkan Nasionalisme dan Patriotisme
SIDRAP – Kapolres Sidrap AKBP Erwin Syah,SIK menghadiri upacara Kesaktian Pancasila yang dipimpin Dandim 1420 Sidrap Letkol Inf Andika Prihantoro,SE...
News01 Oktober 2023 08:11
Peduli Petani, Idris Kadir Sumbang Pompa Air Untuk Warga Bajeng Barat
GOWA – Kepedulian terhadap petani ditunjukkan Brigjen Pol (Purn) Idris Kadir dengan memberikan bantuan pompa air kepada warga di Desa Tanabangka, Ke...
News01 Oktober 2023 07:09
Ketua Umum PJI Lantik Pengurus Daerah Sulsel Periode 2023-2028
MAKASSAR – Ketua Umum Perhimpunan Jurnalis Indonesia (PJI), Imam Prihadiyoko melantik puluhan pengurus Daerah PJI Sulsel Periode 2023-2028 di Ka...
News30 September 2023 21:57
TK Islam Athirah Bukit Baruga Ajak Anak Didik Kenali Nabi Muhammad SAW di Peringatan Maulid
MAKASSAR – TK Islam Athirah Bukit Baruga menggelar peringatan Maulid Nabi Muhammad SAW pada hari Jumat. Kegiatan ini dilaksanakan di Indoor TK ...