Logo Lintasterkini

Pemprov Sulsel Tawarkan Kerja Sama Industri Pengolahan Sutra ke Konjen India

Redaksi
Redaksi

Rabu, 08 Mei 2024 10:46

Pj Sekda Sulsel, Andi Muhammad Arsjad (kanan), bersama Konjen India, Shashank Vikram, di Baruga Lounge, Kantor Gubernur Sulsel, Selasa (7/5/2024). (Foto: Pemprov Sulsel)
Pj Sekda Sulsel, Andi Muhammad Arsjad (kanan), bersama Konjen India, Shashank Vikram, di Baruga Lounge, Kantor Gubernur Sulsel, Selasa (7/5/2024). (Foto: Pemprov Sulsel)

MAKASSAR – Pj Sekda Sulsel, Andi Muhammad Arsjad, menerima kunjungan Konjen India, Shashank Vikram, di Baruga Lounge, Kantor Gubernur Sulsel, Selasa (7/5/2024).

Pertemuan tersebut membahas sejumlah potensi atau peluang kerja sama yang dapat dibangun pemerintah India dan Pemprov Sulsel, di antaranya terkait industri pertanian, pariwisata, pendidikan, dan berbagai sektor lainnya.

Dalam pertemuan itu, Arsjad mengungkapkan bahwa Pemprov Sulsel akan sangat terbuka untuk membangun peluang kerja sama dengan pemerintah India di segala sektor, seperti sektor pertanian, pariwisata, teknologi, dan lainnya.

Arsjad juga menawarkan peluang kerja sama dalam industri pengolahan tekstil, khususnya kain sutra. Pasalnya, India terkenal dengan kain sarinya yang berbahan sutra. Diyakini India memiliki teknologi pengolahan sutra yang jika dikerjasamakan dapat meningkatkan kualitas sutra di Sulsel.

“India terkenal dengan sutra pakaian sarinya, kita butuh teknologi tekstil, bagaimana memproduksi sutra kita lebih berkualitas. Mereka punya teknologi, marketing-nya juga mereka punya,” ucapnya.

Arsjad berharap pemerintah India ke depannya juga dapat memberikan pelatihan dan pendidikan kepada para pelaku industri rumah tangga di sektor sutra sehingga industri rumah tangga di Sulsel bisa menjadi industri terdepan.

Konjen India, Shashank Vikram, mengatakan kunjungannya ke Sulsel untuk bersilaturahmi dengan Pemprov Sulsel. Sulsel, khususnya Kota Makassar, adalah daerah pertama yang dikunjunginya sebagai pejabat konjen yang baru di Indonesia yang bertugas sejak Januari 2024.

Dia juga mengungkapkan, kehadirannya di Sulsel sekaligus untuk memperluas hubungan bilateral India dengan Indonesia. Dalam kunjungannya ini, Shashank membahas beberapa peluang yang bisa dikerjasamakan dengan Pemprov Sulsel.

“Kedatangan kami untuk membahas mengenai pertanian, pariwisata, juga mengenai pendidikan, juga potensi-potensi lain di Sulawesi Selatan yang bisa saja dikolaborasikan ke depan,” ucapnya.

Shashank juga mengapresiasi tawaran kerja sama untuk industri pengolahan tekstil. Tawaran ini nantinya akan ditindaklanjuti pihak Konjen India untuk Indonesia yang berbasis di Denpasar, Bali.

Pada kesempatan itu juga, Shashank menyampaikan kepada Pemprov Sulsel terkait rencana kegiatan 75 tahun kerja sama India dan Indonesia dengan menggelar kegiatan Yoga di 75 titik di Indonesia, salah satunya di Makassar.

 Komentar

 Terbaru

Pemerintahan19 Mei 2024 18:59
Presiden Jokowi Undang Khusus Danny Pomanto Jamu Makan Malam Peserta World Water Forum 2024 di Bali
DENPASAR – Wali Kota Makassar Moh Ramdhan Pomanto mendapatkan kesempatan menghadiri World Water Forum (WWF) ke-10 yang diadakan di Denpasar Bali...
News19 Mei 2024 15:23
Perumda Parkir Makassar Razia Jukir Liar, Empat Orang Diamankan Polrestabes
MAKASSAR – Tim Reaksi Cepat (TRC) Perumda Parkir Makassar melakukan razia jukir liar dengan bekerjasama dengan Polrestabes Makassar di wilayah K...
Olahraga19 Mei 2024 13:06
Danny Pomanto Lepas Ribuan Peserta Monas Half Marathon 2024
MAKASSAR – Wali Kota Makassar Moh Ramdhan Pomanto melepas ribuan Peserta Run The City Makassar LPS Monas Half Marathon 2024, di Tugu MNEK CPI, M...
News19 Mei 2024 11:18
Sulsel Siap Laksanakan Pilkada Serentak 27 November
MAKASSAR – Asisten Pemerintahan dan Kesejahteraan Rakyat Setda Sulsel, Muhammad Rasyid, mewakil Pj Gubernur Sulsel menghadiri sosialisasi penyel...