Logo Lintasterkini

Pj Gubernur Sulsel Resmikan Kantor Konsulat Kroasia di Makassar

Redaksi
Redaksi

Sabtu, 08 Juni 2024 09:05

Peresmian Kantor Konsulat Kroasia di Makassar, Jumat (7/6/2024) malam. (Foto: Pemprov Sulsel)
Peresmian Kantor Konsulat Kroasia di Makassar, Jumat (7/6/2024) malam. (Foto: Pemprov Sulsel)

MAKASSAR – Penjabat (Pj) Gubernur Sulawesi Selatan (Sulsel), Zudan Arif Fakrulloh, meresmikan Kantor Konsulat Kroasia di Makassar, Jumat (7/6/2024) malam.

Acara ini diselenggarakan Konsul Kehormatan Kroasia di Makassar, Munafri Arifuddin, di Hotel Novotel dan dihadiri Duta Besar Kroasia untuk Indonesia, Nebosja Koharovic, Direktur Jenderal Politik dari Kementerian Luar Negeri dan Eropa Kroasia, Petar Mihatov, Ketua DPRD Sulsel, Andi Ina Kartika Sari, serta tamu undangan lainnya.

Kroasia adalah negara yang dikenal lebih dari 70 persen pendapatannya berasal dari sektor pariwisata dengan kondisi geografis dan garis pantai yang indah yang mirip dengan Sulsel. Kroasia telah berhasil mengelola industri pariwisata dan perhotelan dengan baik.

“Dari tampilan kita hampir mirip sama-sama punya laut dan wisata,” kata Munafri.

Dia menilai Kroasia adalah negara yang spesifik berbeda dengan negara Eropa lainnya. Populasi hanya sekitar 4 juta jiwa, tetapi turis yang berkunjung lebih 20 juta setahun.

“Dengan kehadiran Konsul ini diharapkan akan dapat memberikan manfaat untuk Sulsel. Banyak hal yang bisa kita kerja samakan, terutama bidang pariwisata serta pembangunan sumber daya manusia, termasuk kerjasama antara kampus serta hubungan dagang,” tuturnya.

Direktur Jenderal Politik dari Kementerian Luar Negeri dan Eropa Kroasia, Petar Mihatov, menyampaikan kesan disambut hangat pemerintah dan orang-orang Sulsel.

“Dengan ini kami percaya bahwa negara lain akan membuka konsulat jendral mereka di sini,” ujarnya.

Sementara itu, Pj Gubernur Zudan menyampaikan berbagai kebutuhan dapat dipenuhi Sulsel. Oleh karena itu, Pemprov Sulsel berharap, dengan adanya kantor konsulat di Makassar dapat membuka peluang kerja sama, tidak hanya pada sektor pariwisata, tetapi juga sektor lainnya.

“Banyak potensi yang dapat dikerjasamakan termasuk di bidang investasi dan pendidikan. Mari kita sambut keterbukaan dunia ini dengan memberikan pelayanan yang bagus dan informasi yang bagus,” ucapnya.

 Komentar

 Terbaru

Pemerintahan25 Juni 2024 10:59
Pj Sekda Makassar Resmi Launching 20 Inovasi Aksi Perubahan Peserta PKA Angkatan XI
MAKASSAR – Sebanyak 20 Inovasi Aksi Perubahan Pelatihan Kepemimpinan Administrator (PKA) Angkatan XI resmi di launching. 20 inovasi ini dinilai ...
News25 Juni 2024 10:50
Gunakan KN Sar Kamajaya 104, Basarnas Berhasil Evakuasi Tiga POB Speedboat Free Dive yang Alami Mati Mesin
MAKASSAR – Tiga POB (Person On Board) Speedboat Free Dive berhasil dievakuasi oleh Tim Sar Gabungan menggunakan KN Sar Kamajaya 104 dan telah ti...
News25 Juni 2024 10:38
Iqbal Lubis Kembali Pimpin PFI Makassar
MAKASSAR – Presidium Sidang Musyawarah Daerah Pewarta Foto Indonesia (PFI) Makassar ke-VI akhirnya menetapkan Iqbal Lubis dan Sanovra Junior den...
News25 Juni 2024 09:05
Tujuh Pejabat Eselon II Berebut Kursi Sekda Makassar
MAKASSAR – Tujuh pejabat eselon ll Pemerintah Kota (Pemkot) Makassar mendaftar mengikuti lelang jabatan Sekretaris Daerah (Sekda) Makassar. Pani...