Logo Lintasterkini

24 Positif dan 1 Meninggal, Ini Kronologis Penularan Covid-19 di Balaikota Makassar hingga Lockdown

Andi Nur Isman
Andi Nur Isman

Kamis, 08 Juli 2021 21:10

Kantor Balai Kota Makassar
Kantor Balai Kota Makassar

MAKASSAR — Balaikota Makassar ditutup sementara. Lantaran ada 25 pegawai positif Covid-19. Satu di antaranya meninggal dunia.

Plt Kepala Dinas Kesehatan Kota Makassar Hadijah Iriani pun menjelaskan awal mula penularan kasus Covid-19 di kantor pusat pemerintahan Makassar itu. Pasalnya, saat ini ada 24 pegawai yang terindentifikasi terpapar Corona.

Iriani mengatakan kasus Covid-19 dimulai dari Dinas Kebudayaan. Saat ini sejumlah rombongan akan berangkat ke Jakarta. Namun, sebelum itu mereka terlebih dulu melakukan Swab antigen.

“Hasilnya ada yang reaktif. Jadi dilakukan PCR dan ternyata positif. Jadi tidak berangkat. Sementara yang negatif tetap berangkat ke Jakarta,” kata Iriani, Kamis (8/7/2021).

Namun, ketika rombongan sampai di Jakarta, salah satu rombongan tersebut terindentifikasi Covid-19.

“Saat mereka pulang dan langsung semua diswab. Ada beberapa yang positif,” ucapnya.

Tak lama setelah itu, beberapa dinas juga terindentifikasi terpapar Covid-19, seperti Badan Perencanaan Pembangunan Daerah, Badan Pengelolaan Keuangan dan Aset Daerah. Begitu pun dengan Badan Kesatuan Bangsa dan Politik.

“Bappeda ada 7 atau 9 orang positif, BPKAD ada juga positif, Kesbangpol juga ada. Dari hasil itu ditemukan reaktif maka langsung di PCR, totalnya ada 24 positif,” ungkapnya.

Iriani mengatakan saat ini Covid-19 Hunter tengah melakukan tracing. Mencari semua pegawai yang pernah melakukan kontak erat dengan pasien Covid-19.

“Di cari, didatangi rumahnya sama Covid-19 Hunter. Mereka yang Covid-19 melakukan isolasi mandiri di rumahnya, diberi obat, diterapikan,” paparnya.

Menurutnya, semakin bagus kerja Covid-19 Hunter maka semakin banyak kasus Covid-19 yang terlacak.

“Semakin banyak yang terlacak semakin bisa kita menekan pandemi. Karena kita melacak, kita mengisolasi, kita treatment supaya tak terjadi penularan,” tutupnya.(*)

 Komentar

 Terbaru

Bersama Melawan Covid-1930 Juli 2021 00:02
Sinergitas dengan Kampus, Kapolrestabes Makassar Ajak Mahasiswa Vaksin
Witnu juga menambahkan bahwa semoga vaksin yang disalurkan untuk mahasiswa STMIK Handayani akan mencover sehingga tidak mudah untuk terpapar pandemi c...
Hukum & Kriminal29 Juli 2021 23:48
Polda Sulsel Akhirnya Tetapkan Tersangka Kasus Dugaan Korupsi RS Batua Makassar
MAKASSAR– Kasus dugaan korupsi proyek RS Batua Makassar terus berlanjut dalam penyelidikan polisi. Kali ini, Kepolisian Daerah (Polda) Sulsel ki...
News29 Juli 2021 23:09
Plt Gubernur Apresiasi Kakek 67 Tahun di Makassar yang Bersepeda Belasan Kilo demi Vaksinasi
MAKASSAR– Plt Gubernur Sulsel, Andi Sudirman Sulaiman, menemui seorang kakek yang rela bersepeda untuk mendapatkan vaksin. Perjuangannya diapres...
News29 Juli 2021 22:53
Wali Kota Makassar Bakal Naikkan Insentif Satgas Pengangkut Jenazah Corona
MAKASSAR– Wali Kota Makassar, Moh Ramdhan (Danny) Pomanto akan menaikkan insentif tim satgas pengangkut jenazah covid-19. Tingginya kasus kemati...