Logo Lintasterkini

Kritik Balik BEM Unnes, Politikus PDIP: Dangkal Sekali Logika Berpikirnya

Andi
Andi

Kamis, 08 Juli 2021 15:05

Arteria Dahlan.
Arteria Dahlan.

JAKARTA — Politikus PDIP Arteria Dahlan ikut merespons kritikan kepada Ketua DPR RI Puan Maharani yang dijuluki The Queen of Ghosting dari Badan Eksekutif Mahasiswa (BEM) Universitas Negeri Semarang (Unnes).

Dia mengaku sedih sekaligus prihatin dengan para mahasiswa yang saat ini sangat mudah melontarkan stigma, khususnya kepada ketua DPR yang juga ketua DPP PDIP Puan Maharani.

“Saya tanyakan, paham nggak sih apa yang disampaikan? Kok dangkal sekali ya, hanya dengan mendasarkan pada beberapa fakta atau bahkan kepingan suatu fakta yang tidak utuh, tanpa terlebih dahulu melakukan penelitian, tiba-tiba melakukan simpulan yang seperti itu, bahkan cenderung menista, memfitnah dan menyerang kehormatan seseorang. Apalagi orang tersebut kepala lembaga tinggi negara,” ujar Arteria kepada wartawan, Rabu (7/7/2021) kemarin.

Anggota Komisi III DPR itu menuturkan, pada zamannya dulu, mahasiswa bersikap harus melalui rangkaian diskusi-diskusi yang melibatkan kegiatan riset, kajian dan uji publik.

Tidak seperti sekarang yang nilainya jauh berbeda, apalagi berlindung di balik kata “mengkritik”. Padahal sudah patut diduga itu bukan kritik tapi ada indikasi sengaja menista.

“Saya pertanyakan BEM KM Unnes kalian hidup di mana? Apa ada baca berita koran, media sosial dan lain-lain. Apa ndak terbiasa menggunakan akal sehat sedikitlah sebelum melontarkan hal-hal yang demikian? Dangkal sekali logika berpikirnya. Masak hanya karena RUU PKS yang tak kunjung disahkan, Ibu Ketua DPR dinilai tidak berparadigma kerakyatan dan tidak berpihak pada kalangan rentan,” tegas Arteria.

Menurutnya, para mahasiswa tersebut harus tahu arti “mahasiswa” sesungguhnya. Minimal memiliki intelektual dan mendasarkan pendapatnya pada ilmu pengetahuan dan akal pikirnya.

“Kan malu, kok disalahkan ibu ketua DPR, harusnya kalian tahu, dalam membentuk UU itu tidak hanya tanggung jawab DPR, karena harus melibatkan persetujuan pemerintah,” katanya.

“Makanya belajar dulu, ya gak usah sampai pinter deh, tapi paham aturan hukum sudah cukup sebelum komentar. Kalian pantau dong kerja-kerja legislasi di DPR kan sudah live video streamingagar tidak gagal paham,” sambung Arteria.

Arteria murka dan merasa miris, para mahasiswa itu mempersoalkan UU KPK, UU Minerba, UU Omnibus Law Ciptaker yang tak kunjung disahkan. Padahal, DPR juga akan segera membahas UU tersebut.

“Kalian harus paham prosedur pembentukan peraturan perundang-undangan. Apalagi sudah disepakati sebagai RUU prioritas untuk dibahas. Jadi belajar dulu sebelum bicara. Kan memalukan, mau terlihat smart padahal mempertontonkan kebodohannya sendiri, pakai contoh RUU PKS dan RUU PRT lagi. Harusnya kalian lihat itu di prolegnas prioritas tahun 2021, banyak hal yang kalian tidak ketahui sudah kami kerjakan untuk bangsa dan negara ini tanpa sekalipun mempertontonkannya kepada publik, karena kami anggap sebagai kewajiban,” ungkap Arteria.

Sebelumnya BEM KM Unnes memberikan julukan ke Ketua DPR RI Puan Maharani dengan memberi julukan The Queen of Ghosting.

Mereka menilai berbagai produk legislasi yang dihasilkan di tengah pandemi COVID-19 saat ini tak berparadigma kerakyatan dan tak berpihak pada kelompok rentan.

“(Contohnya, red) UU KPK, UU Minerba, UU Omnibus Law Ciptaker dan seterusnya, serta tidak kunjung disahkannya RUU PKS yang sebetulnya cukup mendesak dan dibutuhkan pengesahannya,” demikian dikutip dari Instagram @bemkmunnes pada Rabu, 7 Juli.(*)

 Komentar

 Terbaru

Hukum & Kriminal29 Maret 2024 09:47
Polsek Rappocini Bubarkan Pesta Miras dan Judi, Lima Diamankan
MAKASSAR – Bukannya menjadikan bulan Ramadhan ajang mendapatkan pahala, sejumlah pemuda di Makassar Sulawesi Selatan (Sulsel) malah melakukan pe...
News29 Maret 2024 05:09
Banjir Bandang Terjadi di Kota Palopo, Ketinggian Air 1,5 Meter
PALOPO – Akibat air bah dari hulu Sungai Latuppa menyebabkan banjir kembali menimpa sejumlah wilayah di Kota Palopo, Sulawesi Selatan (Sulsel), ...
News29 Maret 2024 02:16
Astra Motor Sulsel Resmi Kenalkan Honda EM1 e: dan Honda EM1 e: PLUS
MAKASSAR – Astra Motor Sulawesi Selatan main dealer sepeda motor Honda untuk wilayah Sulawesi Selatan, Barat, Tenggara, dan Ambon secara resmi m...
News29 Maret 2024 01:57
Produksi Lebih Cepat, Kalla Beton Kembangkan Produk Precast
MAKASSAR – Kalla Beton terus berinovasi untuk memenuhi kebutuhan konstruksi dari mitra atau pelanggan. Salah satu produk yang tengah dikembangka...